Breach

Breach

Film ini diangkat dari kisah yang dialami Eric O’Neill (Ryan Phillipe), seorang muda anggota FBI dalam mengungkap salah satu kejahatan terburuk sepanjang sejarah FBI.

O’Neill yang muda dan penuh ambisi jadi Agen FBI tiba-tiba diminta terlibat dalam sebuah penyelidikan yang melibatkan seorang agen senior FBI, Robert Hanssen. Hansen telah berkarir 25 tahun di FBI. Ia begitu menguasai wilayah Rusia yang jadi spesialisasinya. Namun ia justru berkhianat pada negaranya sendiri. Semua informasi penting tentang negaranya dijual pada Rusia. Membongkar kejahatan yang dilakukan Robert Hanssen (Chris Cooper) bukan perkara yang mudah karena sepak terjangnya di FBI terhitung mumpuni.

Hanssen bukan seseorang yang mudah didekati. Ia cenderung tertutup dan mudah curiga pada sekeliling. Namun berkat kepiawaian O’Neill, perlahan Hanssen membuka diri. Bahkan, ia justru semakin akrab dengan sang bos dan keluarganya.
Perlahan tapi pasti, O’Neill pun mendapatkan semua informasi penting seorang Hanssen, tapi Hanssen juga mulai mencurigai keberadaan O’Neill. Mampukah O’Neill mengalahkan seniornya dan menyeretnya ke pengadilan tertinggi di Amerika Serikat?


Billy Ray mengemas film bergenre drama spionase ini dengan bergerak pelan tapi pasti, fokus pada jalan cerita seorang Hanssen, meski di beberapa bagian terasa kurang mendalam. Untuk penggemar drama spionase, film yang satu ini patut dijadikan pilihan untuk ditonton.

Contact the writer at nevy.elysa@mediasatu.com
Follow her on Twitter