Sprite, minuman berkarbonasi rasa jeruk lemon dan lime kegemaran anak muda, kembali menghadirkan program Sprite D'Plong, sebuah kompetisi musik yang akan dilaksanakan di 20 kota. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Sprite D'Plong 2010 tampil dalam format yang beda, mengajak lebih dari 500 band untuk mengikuti program ini dan bersaing untuk menyajikan musik segar khas anak muda. Di tahun ini, mereka menyuguhkan konsep baru dengan berubah menjadi kompetisi antar grup band, yang sebelumnya merupakan kompetisi menyanyi antar individu. Jumlah kota audisinya pun diperbanyak dari 18 kota di Jawa dan Sumatera menjadi 20 kota di seluruh Indonesia. Selain itu, jumlah pertunjukkan konser Sprite D'Plong juga jauh meningkat.

Konsep musik Sprite D'Plong 2010 pun diperbarui dan menjadi lebih segar. Tidak lagi mengusung musik rock'ndut namun berganti menjadi musik fuse genre, yang menantang anak-anak muda untuk mengaransemen suatu lagu dengan menggabungkan berbagai aliran musik seperti rock, pop, hip hop, dangdut, atau yang lainnya; sehingga lagu itu menjadi lebih segar dan sesuai dengan karakter mereka masing-masing.

Sprite D' Plong 2010 akan berlangsung Maret hingga Agustus 2010. Audisi akan digelar di stasiun radio setempat di 20 kota. Band peserta diminta untuk memilih satu dari 10 lagu yang ditentukan oleh tim Sprite. Kemudian mereka harus mengaransemen lagu tersebut dengan menggabungkan berbagai genre musik, sehingga menjadi lebih segar serta mengirimkan demo lagu tersebut ke radio yang ditunjuk. Setelah itu, juri yang terdiri Music Director stasiun radio dan tim Sprite akan memilih 10 finalis di setiap kota yang lagunya akan diputarkan dalam tangga lagu Sprite di radio itu.

Kelima band terbaik pilihan pendengar radio itu kemudian akan beraksi dan berkompetisi dalam konser musik 'Sprite D'Plong' dan tampil satu panggung dengan GIGI, Nidji, Project Pop, The Rock Indonesia, Andra & The Backbone, Hello, dan Wali. Pemenang pun akan memperoleh uang tunai Rp15 juta (juara 1), Rp10 juta (juara 2), Rp7,5 juta (juara 3), dan Rp5 juta (juara favorit). Setelah terpilih grup band terbaik dari masing-masing 20 kota, tim Sprite akan memilih lima dari keduapuluh grup band tersebut untuk dibuatkan CD kompilasi Sprite D'Plong 2010.

 

Contact the writer at oky.hartanto@mediasatu.com
Follow the writer on Twitter