Selamat Tahun Baru 2011. area memberi segudang contekan untuk membikin Anda menjelma menjadi manusia baru di tahun yang baru ini.

Selamat tahun baru 2011. Tiupan terompet dan pesta kembang api jadi penanda di malam tahun baru lalu. Layaknya setiap pembukaan tahun, awal tahun selalu menjadi menjadi momen yang tepat untuk berencana. Segudang wish dan resolusi tahun baru ini tentu sudah terencana di kepala. Kita percaya selalu ada yang baru di setiap tahun baru: cita-cita baru, tantangan baru, kesempatan baru, harapan baru, tampilan baru, dan serenceng kebaruan lainnya. Nah, demi menghadapi itu semua, tak ada salahnya kalau kita berbenah diri sebelumnya. Persiapkan diri, persiapkan fisik dan mental, dan tak lupa siapkan juga rencana yang baru. Nah, soal berbenah atau mempersiapkan diri, area punya segudang contekan untuk membikin Anda menjelma menjadi manusia baru di tahun yang baru. Berani mencoba?

2011: Me, Go Fitness

Cek kembali resolusi tahun baru Anda. Berencana memperbaiki bentuk tubuh atau sekadar menjaga kebugaran? Nyatanya, penampilan fisik menjadi faktor pendukung yang memaksimalkan aktivitas Anda merentang peluang di tahun baru ini. Lain dari itu, fitness dan nge-gym sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat kita. Lihat saja banyaknya pusat-pusat kebugaran yang membuka diri, baik lembaga lokal maupun berlisensi internasional  So, jangan sungkan-sungkan lagi demi kesehatan dan kebugaran. Nah, berikut ini referensi Area untuk Anda memulai.

Fitness First
[photo2]

Making The World a Fitter Place, inilah slogan dan cita-cita Fitness First yang ternyata sudah 16 tahun ‘menyehatkan’ para pecinta olah raga di dunia.  Berawal dari sebuah klub olah raga di UK yang berdiri sejak 1993, kemudian berkembang pesat hingga tersebar  di 22 negara dan mencapai lebih dari 500 klub diantaranya beberapa yang tersebar di Jakarta.  Tak heran, membernyapun sudah mencapai lebih dari 1.4 juta orang di dunia.  Fitnessfirst menawarkan Bodyfirst, suatu program dengan Personal Trainer dimana Sport, Strength, Health dan Shape akan dicapai dalam waktu singkat  dengan kegigihan maksimal. Sang member tak hanya dituntun untuk berolah raga dengan baik dan benar, tapi juga  lebih mengenal fisik  pribadi untuk mencapai target yang diinginkan.  Tak hanya itu, ditawarkan berbagai fasilitas ekslusif  yang membuat para membernya tak bisa ke lain gym.  
Info lengkap, klik www.fitnessfirst.com

Celebrity Fitness

Adalah John Franklin yang melahirkan Celebrity Fitness pada 2003 dan membawa kehebohan berolah raga bernuansa mewah ke Jakarta, tepatnya EX Club pada 2004. Mengapa Celebrity? Karena ingin membawa aura celebriti dalam setiap member yang ikut serta. Interior dan venue diset ala Hollywood dan Beverly Hills untuk memberikan kenyamanan tingkat tinggi dalam berolah raga indoor.  Melihat antusiasme warga Jakarta yang tinggi, lahirlah Celebrity Fitness di Mal-mal terkemuka dan tercatat  41.000 warga Jakarta aktif menjadi membernya.  RPM, yoga dan aerobik  adalah beberapa kelas favorit yang selalu diburu. RPM adalah 50 menit bersepeda statis dengan sensasi musik pilihan yang memicu semangat untuk mengayuh lebih cepat. Sangat ampuh menghancurkan lemak, membentuk betis, pinggul dan bokong lebih kencang dan seksi.  Begitupun dengan yoga dan aerobik yang mempunyai  daya tarik tersendiri.
Info lengkap, klik www.celebrityfitness.co.id

Gold Gym's
[photo1]

kehadiran pusat kebugaran yang satu ini dimulai sejak mendapatkan kewenangan dalam bidang kebugaran sejak tahun 1965. Gold's Gym sendiri pertama kali didirikan di Venice, California, Amerika Serikat Dalam waktu singkat, Gold's Gym dikenal sebagai “The Mecca of Bodybuilding”. Dalam dunia olahraga sekarang ini, Gold's Gym telah menjadi pusat olahraga terbesar di dunia dengan 675 fasilitas di 35 negara. Sekarang, ribuan orang dipenjuru dunia banyak yang mempercayakan Gold’s Gym sebagai tempat untuk mentransformasi kesehatan tubuh meraka. Di Indonesia sendiri, utamanya di Jakarta, Gold's Gyms telah membuka sejumlah cabangnya. Untuk fasilitas olahraga dan kebugaran, Gold's Gyms menyediakan peralatan terbaru semisal proshop, peralatan cardiovascular, pilates, yoga, dan peralatan free-weight. Tersedia pula layanan Pusat Nutrisi, Peralatan Cardio, Ruangan GGX, Child Care, Ruang Tanning, Spa, Cardio Cinema, Racquetball, Chiropractic, Rehab and Massage Centers, Ruang Sauna, Steam. Semuanya bisa dinikmati dalam paket latihan personal, grup, hingga manula.
Info lengkap, klik www.goldsgym.co.id

Fit by Beat

Fit By Beat menawarkan fasilitas terbaik dan kenyamanan dalam berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh. Didukung oleh staf dan instruktur kebugaran yang berpengalaman, Fit By Beat adalah tempat yang cocok untuk Anda yang ingin membentuk tubuh yang ideal, meningkatkan stamina Anda, atau pun sekedar menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Anda bisa menggunakan berbagai peralatan canggih yang ada di Gym Area, tidak hanya itu, Fit By Beat memiliki ruangan aerobic class yang luas yang menghadirkan live DJ performances selama sesi, dijamin akan menambah semangat Anda dalam ber-aerobik. Fit By Beat juga memiliki yoga studios untuk Anda yang ingin menjaga kebugaran fisik dan spiritual. Tentu saja Anda juga bisa menikmati fasilitas ‘See Through Sigh’ sauna room dengan pemandangan gedung-gedung pencakar langit.
Info lengkap, klik www.fitbybeat.com


2011: Me New Body and Mind

Referensi Membenahi Jiwa dan Raga

Kesehatan jiwa dan raga, ketenangan hati dan pikiran, merupakan unsur penting yang akan mendukung performa penampilan Anda merenangi kesibukan dan rutinitas di tahun baru ini. Nah, di awal tahun ini tak ada salahnya mencoba untuk berkunjung dan menikmati layanan sejumlah wellness center atau spa yang terhampar di setiap sudut kota ini. Sekadar memanjakan diri, perawatan, dan kesehatan fisik dan mental Anda. Nah, berikut ini adalah sejumlah wellness center yang menjadi rujukan Area.

Anahata Wellness Center
[photo3]

Beda dengan klinik yang menyembuhkan penyakit, Anahata lebih menjaga kliennya untuk bergaya hidup sehat. Tujuan utamanya adalah menumbuhkan vitalitas agar lebih bugar dan awet muda. Anda yang datang , akan diajarkan untuk sejalan dengan harmoni kehidupan. Tiga elemen utama yang akan Anda dapatkan di sini adalah Olahraga, Stress-relief,  dan Nutrisi. Dimulai dengan latihan yoga untuk menyeimbangkan jiwa, raga, dan pikiran lalu disambung dengan perawatan spa untuk menghilangkan stress dan ketegangan. Terakhir Anda akan “dicekoki” dengan nutrisi seimbang sebagai pola diet sehat. Kesemuanya dilakukan sesuai dengan panduan para therapist professional yang siap mendampingi latihan Anda. Tak Cuma untuk para dewasa yang sarat akan stress, Anahata juga membuka kelas Yoga for Kids and Story Telling. Ini sangat berguna untuk proses perkembangan fisik, mental juga intelektualitas anak.

Anahata Wellness Center
fX Lifestyle X'nter f2
Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Pusat
Tel. +62 21 255 54 055
Fax.+62 21 255 54 011

Samsara Spa

Semua orang tahu, jika ingin bersantai di spa, maka harus rela merogoh kocek dalam-dalam. Tidak yang satu ini. Samsara Spa menawarkan perawatan berkualitas dengan harga ekonomis. Yang patut Anda coba adalah Spa Package Complete. Perawatannya terdiri dari urut ala Jawa sambil diolesi minyak aromaterapi khas Bali. Selanjutnya pijatan deep acupressure ala Swedia yang terfokus pada bagian punggung menanti Anda. Tak berhenti di situ, Tibetan Singing Bowl siap menghipnotis Anda dengan suasana damai yang berasal dari tingsha, mangkuk terbuat dari tujuh jenis logam. Terakhir, crystal healing akan segera melenyapakn migrain yang bersarang di kepala Anda. Jika Anda tak memiliki banyak waktu, tenang. Ada reflexology Samsara Spa yang menggunakan tekhnik Oriental dan Balinese. Sehingga Anda dapat bersantai sambil meredakan sakit yang mendera.  Tak sabar rasanya untuk segera membaringkan tubuh di sana.

Galeria SCBD Sudirman kav. 52-53
Harga: Rp60.000 – Rp265.000

Perfect 10 Pilates

Perfect 10 Pilates adalah sebuah tempat pelatihan pilates yang dapat meredakan rasa sakit pada punggung sambil memperbaiki postur tubuh. Melatih otot dalam agar tubuh Anda senantiasa terlihat ramping juga kuat dan fleksibel. Anda juga dapat merasa lebih berenergi dan percaya diri setelah berlatih pilates.  Bukan Cuma itu, bagi ibu-ibu yang baru saja melahirkan, olah raga ini cepat mengembalikan bentuk tubuh dan memperbaiki kehidupan seks. Pilates mengajarkan Anda untuk mengaktifkan pikiran, konsentrasi dan tetap fokus. Di Perfect 10, Anda akan didampingi instruktur yang memang sudah bersertifikat internasional. Selainn itu studionya memiliki instrumen yang terbilang lengkap seperti reformer, Cadillac, Wunda Chair, Ladder Barrel, Spine Corrector, Ped-O-Pul dan masih banyak lagi. Anda pun dapat mengkuti kelas privat jika bertujuan mencapai hasil tertentu. Perfect 10 Pilates pilihan tepat bagi Anda.

Dharmawangsa Square 2nd floor
Kebayoran Baru, Jakarta
Telp. 021-72787030, 68784803

New Look in 2011

New Year, New You, saatnya mengganti penampilan agar terlihat lebih fresh. Bantuan dari hair stylist dan make up artist profesional akan mambuat makin percaya diri.

Tren Rambut 2011

    Poni masih mendominasi gaya rambut tahun 2011, yang tidak 'lari' jauh dari tren rambut  sebelumnya. Sekarang, rambut dibuat lebih bertekstur, bervolume dan poni ditata fringe. Bentuk wajah juga penting untuk menentukan model rambut yang ok. Jika wajah panjang, poni 'rata' (fringe) akan mempermanis tampilan seluruh wajah. Untuk yang berwajah bulat layer di bagian samping dan poni yang menipis akan membuat wajah lebih tirus.

Look 1 (Erin)
[photo4]
[photo5]

    Gaya rambut bob bertekstur, dengan poni dan ditata ikal, akan menjadi tren yang digemari tahun ini. Dijamin, wajah akan terlihat lebih segar. Untuk make up, riasan mata pink kecokelatan dengan efek bronze, akan membuat kesan berseri..

Make Up Natural

Do's

?    Foundation sesuai warna kulit
?    Eye shadow warna pink, crème, cokelat, boleh juga warna pastel, seperti hijau dan kuning untuk kesan playful.
?    Cerahkan bibir dengan warna orange kecokelatan atau soft pink

Dont's

?    Mengenakan bulu mata palsu untuk make up siang hari

Erin says:

“Cukup senang, dan terlihat bagus juga ya ternyata.”

 

 

 

Look 2 (Fieka)
[photo6]
[photo7]

    Untuk rambut yang halus dan lurus 'jatuh'nya, tata rambut yang dimix, diblow straight pada bagian dalam dan 'wavey' di luar akan membuat rambut tampak lebih bervolume.

Make Up Glamor

Do's

?    Pilih warna eye shadow, biru, hijau tua, abu dan dark cokelat untuk nuansa smokey eyes
?    Shading untuk 'membentuk' wajah
?    Bulu mata palsu yang diguting sesuai bentuk mata
?    Lipstik warna nude jika warna mata sudah maksimal

Dont's

?    Lipstik merah untuk riasan mata smokey eyes, karena tampak terlalu 'berat'

Fieka says:
“Kalau bukan karena hari ini, mungkin saya nggak berani dengan gaya rambut seperti ini. Tapi saya senang, karena ini membawa perubahan baru.”

Make up & hair stylist: Toni & Guy Salon Pondok Indah Mall 2
Fotografer: Ananta Herry
Penata gaya: Pinky
Model: Erina & Fieka

 

2011: Me Goes to Community

Trend Komunitas 2011

Tak ada ruginya untuk bergabung dengan suatu komunitas. Hitung-hitung menambah teman, memperluas pergaulan, dan menambah pengetahuan dengan melakukan aktivitas bareng dengan orang-orang yang memiliki kesamaan prinsip, kesenangan, atau tujuan berkelompok.

Belakangan malah, sejumlah komunitas dan aktivitas yang diusungnya menjadi trend yang berpengaruh yang akhirnya menginspirasi orang banyak untuk melakukan aktivitas tersebut. Salah satu contohnya adalah bike to work, hobi yang akhirnya menjadi nama organisasi. Digadang-gadangi kepedulian lingkungan, kebugaran, dan solusi kemacetan di Ibukota, gerakan bersepeda ke kantor ini sukses membikin khalayak banyak beralih ke sepeda. Nah, bagaimana dengan 2011 ini? Kira-kira komunitas apa yang sedang dan akan 'in' tahun ini? Nah, berikut ini hasil terawangan tim Area:

Fixed Gear
[photo8]

Bersepeda seperti masih akan menjadi trend kegiatan urban masyarakat di kota ini. Nah, bicara soal perkembangan gaya, sepeda jenis fixed gear atau keren disebut fixie, belakangan mulai marak. Di luar, jenis bersepeda ini sudah lama ada, kabarnya berkembang di belahan Eropa untuk para messanger. Di Jakarta sendiri penggunanya mulai banyak, kebanyakan anak-anak muda. Beberapa 'komunitas' mengatasnamakan sepeda dengan teknik nge-rem (skid) khusus ini juga sudah mulai berdiri. Kalau sebelumnya sepeda fixed gear ini hanya digunakan di velodrome, kini sebagai sebuah tren, fixie juga melintas di jalan-jalan umum. Biasanya terdiri beberapa orang yang bersepeda beriringan di jalan atau seputaran taman dan sesekali mempertontonkan aksi skid-nya. Soal sepeda, jenis ini memang khas, utamanya dari warna. Dibanding dengan sepeda kebanyakan, jenis fixie terbilang paling sederhana. Tak banyak parts atau aksesoris ribet. Hanya saja, ada keunikan dalam mengendarainya.

Where to join:

ID-Fixed (Fixed Gear Fever Indonesia) www.id-fixed.com
Tremorz http://thetremorz.blogspot.com
Cixie http://cixxxie.blogspot.com

Futsal

Sebenarnya kegiatan olahraga sepakbola jenis ini sudah lama marak di Jakarta dan Indonesia pada umumnya. Diminati lantaran kesederhanaanya, apalagi belakangan rada sulit menemukan lahan lapang di kota besar seperti di Jakarta ini. Kalau biasanya sepakbola butuh lahan lapang yang luas, futsal hadir dalam lapangan mini dengan pilihan alas lapangan, perlengkapan yang alakadarnya, out door atau indoor, dan waktu bermain yang fleksibel—bahkan hingga tengah malam. Maraknya jenis olahraga ini ditandai dengan banyak berdirinya tempat-tempat penyewaan lapangan futsal dan gelaran turnamen futsal antar-instansi. Menyoal komunitas, hampir setiap instansi, kantor, organisasi, bahkan sekolah sudah memiliki tim sendiri.

Where to join:

Komunitas Futsal Indonesia (Facebook)
AMFC - Adjie Massaid Futsal Clinic www.amfc.or.id

Budget Traveling Community
[photo9]

Siapa yang tak mau berwisata dengan murah? Faktanya perjalanan keliling Nusantara atau bahkan keliling dunia sekalipun bisa ditempuh dengan ongkos yang murah. Asal tahu caranya dan berani. Memanfaatkan jaringan pertemanan global dan penerbangan harga promo semuanya menjadi mungkin. Mulailah dengan bergabung di situs-situs traveler community untuk berkenalan dengan orang-orang dari penjuru dunia. Dari pertemanan itulah Anda bisa saling memberi kesempatan untuk berkunjung ke negeri masing-masing. Cara lainnya adalah sering-sering berburu promosi paket terbang di sejumlah maskapai penerbangan. Booking jauh-jauh hari. Jakarta-Bali hanya seratus ribu rupiah bukan tidak mungkin, lho.

Where to go:

http://www.trekcafe.com
www.couchsurfing.org
www.airasia.com

Museum lovers

Tahun 2010 lalu, khususnya di Jakarta, ditetapkan sebagai “Tahun Kunjungan Museum”. Hal ini sejatinya dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan apresiasi masyarakat dan semua pihak terkait terhadap eksistensi museum. Well, faktanya belakangan memang muncul semangat positif yang memberi kegairahan terhadap museum dan situs-situs peninggalan sejarah. Nah, beberapa dari kita tentu sudah pernah mendengar adanya komunitas pecinta museum dan Kota Tua-Jakarta yang kerap menggelar kegiatan di lokasi-lokasi bersejarah. Melalui kegiatan-kegiatan dalam komunitas tersebut, kita diajak untuk menelusuri kembali pesona kemewahan sejarah kota ini. Selain itu juga kehadiran komunitas ini dan kegairahan mengapresiasi museum dan benda-benda sejarah memberikan dipercaya bisa memberikan dorongan yang kuat kepada pihak pemerintah untuk turut berpartisipasi dalam upaya penyelamatan dan pemeliharaan benda-benda tersebut.

Where to go:

www.sahabatmuseum.multiply.com

2011: Me New Career

Mendobrak Karier yang Stagnan
[photo10]

Seperti yang sering digembar-gemborkan, tahun baru menjadi harapan banyak orang untuk memperoleh peluang baru, karier baru, dan mencoba tantangan baru. Tak salah memang. Tahun baru seolah menjadi momentum untuk membangkitkan motivasi dan merancang segudang rencana, termasuk karier.

Khusus soal karier, di tahun yang baru ini kita berharap bisa meningkatkan karier bahkan mencoba karier baru yang lebih 'kena' dengan passion kita. Toh, kita juga tak ingin perjalanan kita mandek hanya di situ-situ saja. Lantas apa yang harus dilakukan ketika merasa karier kita seolah 'jalan di tempat'? Pasalnya, ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang merasakan kariernya stagnan atau jalan di tempat. Misalnya mulai dari promosi yang tak kunjung tiba, kenaikan gaji yang tak memuaskan, hingga rasa sakit hati, atau patah semangat gara-gara ’dilewati’ teman satu angkatan.

Jangan menyalahkan orang lain atas kebekuan yang Anda alami. Sering kali, penyebab seseorang tidak dipromosikan adalah justru karena ia tidak mampu mengembangkan dirinya sejalan dengan kualifikasi yang semakin tinggi untuk posisi yang lebih tinggi pula. Harus disadari, profesional yang berhasil adalah mereka yang meyakini bahwa tanggung jawab untuk masa depan dan pengembangan karier ada di tangannya sendiri. Mulai sekarang, lakukan langkah-langkah mudah seperti berikut.

Kembangkan Skill, Pengetahuan, dan Wawasan

Banyak hal yang perlu kita kuasai untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan optimal. Kemampuan untuk multitasking, mengadaptasi teknologi, bahasa asing, interpersonal skill, communication skill, dan selling skill, sering kali disebut-sebut sebagai kemampuan dasar yang turut menentukan sukses-tidaknya kita dalam bekerja. 

Tingkatkan Kemampuan Memimpin

Kembangkan kemampuan Anda dalam mengerjakan tugas. Gunakan pengalaman yang Anda miliki untuk membuat Anda lebih matang dan dipercaya dalam mengembangkan tugas yang lebih kompleks. Dalam hal ini termasuk mengembangkan kemampuan manajerial yang sangat berbeda dengan keterampilan teknis.

Bangun Jejaring

Luaskan pergaulan dan relasi Anda. Kenali lingkungan atau organisasi profesional yang harus Anda masuki untuk meningkatkan karier. Anda akan terkejut betapa bermanfaatnya relasi yang Anda miliki dalam mempermudah pekerjaan. 

Jaga Keseimbangan Diri

Seimbangkan tuntutan karier dengan kemanjaan psikologis. Sediakanlah waktu yang cukup untuk berolahraga, menjaga makanan, dan menjalankan pola hidup sehat. Sediakan waktu pula untuk beristirahat, menjalankan ibadah, relaksasi, dan berekreasi dengan keluarga ataupun sahabat!

Referensi Karier Prospektif di 2011
[photo11]

Mengutip artikel yang terdapat di http://konsultankarir.com, direnceng informasi tentang kesempatan karir di 2011 ini. Bukan bermaksud meramal, paling tidak 'bocoran' ini bisa lebih memotivasi kita untuk lebih giat mencoba peluang.

Kesehatan

Nyatanya kebutuhan tenaga dan layanan di sektor ini akan terus meningkat, tidak hanya dari kalangan professional seperti dokter melainkan juga perawat, ahli terapis, asisten terapis. Selain kesehatan /terapis fisik, kesehatan mental juga mengiringi seperti pemulihan pasien yang mengalami stroke, kanker, demensia terutama pada generasi baby boomer dan generasi di atasnya.

Teknologi Informasi

Era digital semakin menunjukkan peran signifikan dalam aspek kehidupan kita. Profesi seperti network analyst system, web developer, web designer, software developers, technical writers jelas memiliki tempat penting di tahun 2011.

Bisnis dan Keuangan

Akuntan dan auditor menempati barisan depan sector ini, di mana analis keuangan dan perencana keuangan diperlukan untuk mengambil keputusan bisnis tepat dalam dinamika ekonomi mendatang. Profesi lain yang masih termasuk lingkup ini seperti sales manager, human resources manager, market research bahkan diprediksi sebagai hot careers untuk 10 tahun ke depan!

Media /Komunikasi

Meningkatnya peran internet dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari professional yang kompeten di bidang komunikasi. Profesi seperti penulis, bloggers, pengembang website tidak diragukan lagi akan semakin bersinar di tahun 2011. Karir lainnya adalah advertising professional, video game designer, actor, editor, desainer grafis, dan pekerjaan lain dalam media. Jika mengamati aktivitasnya, media social ini memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang komunal. Salah satu karakternya adalah adanya kebutuhan tinggi untuk berinteraksi dan memeliharanya. Media social didukung dengan pilihan teknologi informasi yang semakin terjangkau merupakan kombinasi signifikan untuk kebutuhan interpersonal ini.

Namun, tidak berarti masyarakat Indonesia hanya mampu menjadi masyarakat konsumtif yang menguntungkan para produsen teknologi informasi atau pengembang berbagai media social di dunia digital. Media ini telah dimanfaatkan para pengusaha di tingkat mikro hingga korporat untuk mengenalkan dan memperkuat brandnya. Media ini juga memiliki kekuatan lain yakni interaksi dan kepercayaan yang terbina karena adanya referensi orang dekat. Pada sisi lain, media social menyelipkan peringatan sekaligus pengaman bagi konsumen tentang kredibilitas produk (atau usaha). Sebab, mudahnya interaksi dan komunikasi akan dengan cepat menaikkan citra korporat begitu juga sebaliknya. Melihat kekuatan dunia digital itulah, profesi Internet Marketing dapat menjadi the new exciting career choice of 2011. Tidak hanya di awal usaha, media sosial berperan penting dalam menjalin interaksi dengan konsumen atau klien, meskipun telah memiliki website korporat atau usaha.

Semua catatan ini adalah prediksi atas trend yang bergerak secara global. Pada kenyataannya, kitalah yang menempatkan karir pilihan kita di tempat favorit. Kita pun bisa merumuskan prediksi ‘internal’ karir kita berdasarkan pengamatan lingkungan kerja atau lingkup bisnis terdekat dan perkembangan tugas dalam satu tahun terakhir. Bagaimana menurut Anda?

How To Stay Motivated & What To Avoid!
[photo12]

Baru saja kita melewati hiruk-pikuk pergantian tahun. Tak hanya sibuk dengan penampilan baru dan segala hal baru lainnya, semua orang juga sibuk dengan resolusi. Nah, sebelum Anda cuap-cuap mengenai resolusi di tahun kelinci ini, ada baiknya Anda membaca artikel ini. Kenapa? Karena, membuat resolusi memang mudah tapi menjaga agar tetap termotivasi dan mengetahui ‘kesalahan’ yang kerap dilakukan kebanyakan orang berkaitan dengan resolusinya itu yang penting.
Biasanya, kesalahan bukan terletak pada cara, tetapi bagaimana kita menyikapi resolusi tahunannya itu sendiri. Ada beberapa orang yang langsung ekstrem dalam membuat listing, ada juga yang selalu memiliki back-up plan. Inilah beberapa kesalahan yang harus anda hindari agar semua rencana dan harapan tidak bubar jalan.

Tidak Menulis Resolusi Tahunan

Agar selalu ingat dan merasa terpacu meskipun semangat sudah melempem, tulislah resolusi Anda. Bahkan, jika perlu, tempelkan di setiap sudut. Tak ada salahnya ‘meneror’ diri sendiri untuk kesuksesan dan kebahagiaan Anda. Malas? Hanya mengingatnya di memori dan membiarkannya tertumpuk dengan urusan lain yang tak kalah padatnya? Selamat menerima kegagalan dan jangan merutuki nasib di akhir tahun.

Terlalu Banyak Resolusi Utama

Memang, rasanya kalau ingin benar-benar meraih semua keinginan kita harus ekstrem. Tapi, seperti lari, jika tidak terbiasa dengan maraton, maka baru di tengah jalan kita sudah akan kehabisan napas. Jadi, alangkah lebih baik dan mudahnya bila Anda melakukannya step by step. Pilih sekitar 2–3 big ticket resolutions apalagi untuk Anda yang super sibuk. So, tidak perlu lagi merasa berdosa saat Anda tidak berhasil mencetak gol!

Menyimpan Resolusi Hanya untuk Diri Sendiri

Saat membuat suatu rencana memang kegagalan selalui menghantui dan biasanya hal itu membuat kita berhati-hati untuk tak terlalu mengumbarnya. Tapi, apakah Anda lupa jika lingkungan, utamanya, orang-orang terdekat juga dapat membuat Anda jadi lebih mudah merangkul keberhasilan?

Tidak Mengukur Kemampuan Diri

Kenapa Anda menginginkan resolusi tersebut? Bagaimana cara mewujudkannya? Kapan dapat terwujud? Pertanyaan-pertanyaan tersebut seharusnya Anda tanyakan pada diri Anda sendiri sebelum menulis suatu goals. Alih-alih hanya membuat resolusi karena ikut arus, lebih baik Anda pikirkan secara matang dan sesuaikan dengan kemampuan. Bukan lantas tidak mungkin membuat resolusi yang agak diluar kapasitas, tapi paling tidak harus dapat terukur.

Never Review The Resolutions Periodically

Yang satu ini biasanya yang selalu dilewatkan oleh mereka yang takut kenyataan. Padahal, dengan mengecek ‘status’ daftar resolusi Anda akan meminimalisasi kegagalan. Paling tidak, setiap dua atau tiga bulan sekali lakukan review sehingga Anda tahu apa-apa saja yang masih belum tercapai.

Never Ask For Group Support

Diskusikan resolusi tahunan Anda dengan keluarga atau sahabat tanpa perlu takut untuk dinilai. Malah, jika Anda memiliki keinginan yang sama, Anda dapat saling memberikan dukungan dan semangat. Dengan begitu, akan lebih mudah, kan?

Tidak Tegas Pada Diri Sendiri

Diri sendiri adalah musuh terbesar! Untuk itu, jangan pernah memberi kesempatan pada diri Anda untuk menurunkan standar dari yang telah ditetapkan pada awal tahun. Karena, jika bukan Anda sendiri yang tegas pada ‘peraturan’ yang telah Anda buat, siapa lagi? Just stick to it!

Tidak Mengantisipasi Halangan

Halangan pasti akan selalu datang ‘menyapa’ mereka yang sedang berusaha keras mencapai sesuatu. Siapkan plan B, plan C, hingga plan Z untuk mengantisipasinya. Jangan biarkan halangan memupuskan semangat Anda!