Lagi, jalan di Jakarta akan bertambah. Kini giliran jalan Tol Tanjung Priok-Cikarang (Tanjung Karang) yang akan dibangun guna mengatasi kemacetan.

Setelah pembangunan jalan layang Casablanca dan Antasari yang telah masuk tahap pemasangan pondasi, Pemerintah DKI Jakarta kini merencanakan untuk membangunan jalan Tol Tanjung Priok-Cikarang (Tanjung Karang).

Dengan adanya jalan tol tersebut diharapkan akan mengurangi kemacetan lebih dari 30 persen. Selain itu jalan ini juga menjadi alternatif untuk membatasi waktu operasional kendaraan berat di ruas tol dalam kota.

Selain untuk memecah kepadatan kendaraan, proyek yang ditargetkan rampung 2013 bertujuan menanggulangi dampak rob yang kerap merendam kawasan Jakarta Utara.

Seperti diinformasikan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, akses jalan tol Tanjung Karang memiliki panjang 47 kilometer. Pembangunan akan dibagi dalam dua ruas. Pembangunan akses tol kawasan industri di Cikarang, Bekasi, menuju Pelabuhan Tanjung Priok E-1, mulai dibuka 2011. Sementara akses tol ruas  E-2, diperkirakan selesai dua tahun berikutnya.

Infrastruktur jalan tol lain yang akan dikerjakan Departemen Pekerjaan Umum adalah pembangunan jalan tol Cibitung (Cikarang)- Cilincing, dan jalan tol Cimanggis-Cibitung. Keduanya akan beroperasi pada 2014 mendatang.

 

Contact the writer at ferry.ardiansyah@mediasatu.com
Follow him on Twitter