area memberikan panduan seputar mempersiapkan perayaan cinta Anda dan kekasih.

Sebagian kenalan area menganggap perkawinan sebagai ancaman dan teror. Ada juga yang menganggapnya kegiatan yang menguras kocek. Sebagian lagi menganggap perkawinan adalah sesuatu yang sakral. Apapun itu, toh banyak pasangan yang merayakan hari menjadi raja dan ratu sehari mereka dengan beragam cara dari yang mewah hingga paling sederhana.

Sembari menantikan hari itu, tak ada salahnya mempersiapkan diri, mental, juga kocek, nikmati suguhan feature kali ini yang memberikan panduan seputar rencana merayakan puncak cinta Anda dan kekasih. Kami berikan ide, tinggal Anda dan pasangan yang mengembangkan sesuai keinginan dan budget. Semuanya demi cinta.

And Let the Planning Begin...

Akhirnya Anda resmi dilamar! Tanggal dan bulan pesta pernikahan Anda telah ditetapkan. Sekarang tugas Anda dan pasangan adalah mempersiapkan segalanya. Harus mulai dari mana, ya?

Setelah Anda membuat to-do list, ternyata banyak sekali item yang harus dipersiapkan. Cari tempat, menentukan desain undangan, memesan baju, mencari fotografer, belum lagi menyesuaikannya dengan budget. Begitu banyak yang harus dilakukan dan semuanya saling berkaitan. Jangan panik dulu, tarik napas, dan ikuti tahapan persiapan berikut ini.

1. The Guest List

[photo1]
Setelah menentukan tanggal pernikahan, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menentukan jumlah tamu yang akan diundang. Semakin banyak tamu yang Anda undang, maka semakin besar dana yang harus Anda siapkan. Karena, jumlah tamu sangat erat kaitannya dengan jumlah makanan yang harus Anda pesan. Dan, dalam sebuah pesta pernikahan di Indonesia, biasanya biaya katering memakan hampir setengah anggaran pesta.

TIPS: Selain sangat erat hubungannya dengan dana yang harus disiapkan, jumlah tamu juga faktor utama dalam pemilihan tempat acara.

 

 

2. The Budget

Pada umumnya pesta pernikahan di Indonesia memiliki alokasi dana sebagai berikut: 40% untuk katering, 5% untuk dekorasi, 10% busana & tata rias pengantin, 10% keperluan acara, 10% dokumentasi, 5% cetak undangan dan 10% keperluan lainnya. Karena biaya katering merupakan komponen terbesar, maka jumlah tamu merupakan hal terpenting yang harus ditentukan agar dapat memperkirakan biaya yang Anda butuhkan. Sebuah pesta pasti memerlukan biaya, besar kecilnya biaya itu tentu tergantung pada kesanggupan dan gaya pesta yang akan diadakan.

TIPS: Jika ternyata biaya yang diperlukan melebihi kesanggupan Anda, hal pertama yang harus Anda pangkas adalah jumlah tamu yang akan diundang.

3. The Theme

Setelah mengetahui jumlah tamu yang akan diundang dan dana yang tersedia, kini saatnya merencanakan gaya dan tema pesta Anda. Apakah Anda menginginkan pesta indoor atau outdoor? Standing party atau sitting dinner? Apakah pesta akan diadakan di dalam kota, luar kota, atau bahkan di luar negeri? Apakah pesta akan di adakan satu hari, dua hari, atau lebih. Hal-hal tersebut adalah beberapa faktor yang harus Anda putusan sebelum Anda memilih tempat di mana acara akan dilangsungkan.

TIPS: Serasikan desain undangan Anda dengan tema pesta Anda. Gunakan undangan sebagai jendela dari suasana pesta Anda.

4. The Venue
[photo2]

Jika Anda telah mengetahui gaya pesta pernikahan Anda, kini saatnya Anda mencari tempat yang sesuai dengan dana, tema pesta, dan yang terpenting tempat tersebut dapat mengakomodasi jumlah tamu yang akan Anda undang.

TIPS: Lakukan sendiri survei ke tempat-tempat yang menjadi pilihan Anda. Perhatikan ketersediaan dan kenyamanan fasilitas-fasilitas umum untuk tamu Anda seperti tempat parkir dan toilet.

 

 

5. The Vendor

Setelah menentukan tema, maka kini saatnya menentukan partner Anda dalam mewujudkan pesta. Sekarang adalah saatnya Anda memilih katering, dekorator, fotografer, desainer busana pengantin, make up artist, dan para pendukung acara lainnya. Kelancaran sebuah pesta pernikahan sangatlah bergantung pada profesionalisme dari para vendor yang terlibat. Oleh karena itu, pilihlah vendor-vendor untuk pesta pernikahan Anda dengan tepat. Pastikan bahwa vendor-vendor tersebut memiliki reputasi yang baik dan dapat bekerja dengan profesional.

TIPS:
Karena pesta pernikahan adalah momen seumur hidup yang sangat pesonal, maka pastikan Anda telah nyaman dengan pilihan vendor-vendor Anda sebelum memberikan komitmen.

6. The Committee

Tentunya untuk mewujudkan pesta ini, Anda tidak dapat melakukannya sendiri. Anda memerlukan bantuan dari beberapa orang, terutama pada hari H, karena di saat itu Anda sebagai tuan rumah akan sibuk menerima ucapan selamat dari para tamu. Jika Anda tidak menggunakan jasa wedding organizer, bentuklah panitia kecil yang terdiri dari beberapa kerabat dan sehabat dekat yang dapat bekerjasama dengan baik dengan Anda. Tentukan tanggung jawab masing-masing orang, terutama untuk fungsi pengawasan pada saat acara berlangsung.

TIPS: Setelah pesta usai, jangan lupa memberikan hadiah khusus kepada para anggota panitia sebagai tanda terima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

 

Gedung Arsip Nasional
[photo3]

Bekas kediaman Gubernur Jendral VOC Reiner de Klerk ini pamornya sudah dikenal luas sebagai tempat pernikahan juga lokasi pemotretan pre-wed. Gedung utama juga ruangan-ruangan lain yang bergaya Renaissance bisa dipakai untuk berbagai function. Namun biasanya resepsi diadakan di gedung utama juga area halaman yang lumayan cukup luas. Dikarenakan gedung ini belum dilengkapi pendingin udara, ada baiknya Anda memasukkan hal tersebut ke to-do list. Untuk masalah katering, Anda tak perlu khawatir karena juga bisa menggunakan vendor luar, namun dikenai extra charges yang lumayan besar. Meskipun demikian, gedung ini cukup diminati. Then, bagi Anda yang ingin mengadakan momen spesial di sini, sebaiknya booking dari jauh hari. Ada lagi, gedung ini tak memiliki areal parkir, jadi tamu Anda harus “valet” di tempat yang disediakan dengan biaya yang ditentukan.

Fast Track:
Jln. Gajah Mada No. 111, Jakarta Barat
Telp.: (021) 634 7744, (021) 638 55345, 0818 172176 (Aryani).
Faks.: (021) 638 55364
Biaya: Rp25.000.000

Museum Seni Rupa dan Keramik

Sejuk, nyaman, bersahabat. Tiga kata tersebut tepat disandangkan untuk gedung yang satu ini. Berada tepat di sebelah Museum Fatahillah, spot yang bisa Anda gunakan adalah ballroom seluas 200 meter persegi juga areal halaman yang terletak di tengah gedung. Pesta Anda bisa diadakan indoor serta outdoor. Dengan kata lain, kapasitas undangan pun bisa lebih banyak sampai 1.500 orang. Tak perlu takut dengan patokan list rekanan, Museum Seni Rupa dan Keramik yang dulunya difungsikan sebagai Kantor Dewan Kehakiman, memberi kebebasan pada Anda untuk menggunakan jasa katering dan lainnya dari luar. Perlu diingat, gedung ini hanya mempersilahkan user-nya untuk mengadakan pesta pernikahan di siang hari. Oh ya, Anda juga tidak diperbolehkan memaku atau menempel apapun di seluruh arealnya. Perlu dicatat, Juli sampai akhir tahun 2011 gedung ini akan direnovasi.

Fast Track:

Jln. Pos Kota No. 2T.
Telp.: (021) 690 7062, 081586055619 (Anto)
Biaya: Rp10.000.000 (Termasuk Listrik, Kebersihan, dan Retribusi Pemprov)
Waktu: 09.00–15.00

Keong Emas
[photo4]

Area merekomendasikan sebuah tempat yang dapat digunakan untuk melangsungkan resepsi pernikahan bergaya pesta kebun, yaitu Keong Emas. Keong Emas yang begitu familiar ketika kita masih kecil dengan wahana 3D-nya ternyata menyediakan space luarnya untuk dijadikan tempat resepsi pernikahan bertema garden party. Keong Emas menyewakan taman luarnya selama 3 jam, dari pkl 19.00–21.00. Namun bila ternyata acara Anda molor hingga satu jam, maka Anda tidak akan dikenai charge. Seperti pada umumnya, venue ini menyediakan 2 paket, yaitu Internasional dan Tradisional. Pelaminan biasanya akan diletakkan tepat pada pintu masuk, sehingga tamu Anda akan mendapat space yang luas untuk santap malam dan bercengkrama. Di sini, paket yang tersedia termasuk dekorasi, entertainment, catering, gaun dan jas pengantin, dokumentasi, mobil pengantin, kartu undangan, dan souvenir. Oh, satu lagi, mereka juga menyediakan paket fire works dengan biaya tambahan. Bagi Anda yang tidak ingin terlalu direpotkan dengan printilan, Keong Emas dapat menjadi alternatif yang bagus.

Fast Track:

Taman Mini Indonesia Indah
Telp.: (021) 8779 1359
Faks.: (021) 2796 3088.
Contact Person: 082111456717, (021) 9201 2392 (Dhariantu)

Rumah Kriya Asri
[photo5]

Bangunan milik Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ini sudah sejak 2 tahun silam, 2009, dibuka untuk disewakan sebagai wedding venue. Bangunan seluas 2.000 m2 ini menyediakan ruang gelaran pesta resepsi perkawinan indoor dan outdoor. Untuk harga sewa, seluruh bagian ruangan dan fasilitas Rumah Kriya Asri bisa Anda nikmati dengan harga Rp15.000.000 selama satu hari penuh. Rumah Kriya Asri menyediakan beragam fasilitas yang mendukung perayaan pernikahan Anda, mulai dari Foyer Kriya yang unik, Ruang VIP yang terpisah dengan sentuhan tatanan seni Indonesia, Gallery Kriya untuk resepsi dalam ruangan dengan kapasitas 350 orang, Taman Kriya menambah keleluasaan pengunjung pesta di luar ruangan dengan kapasitas 500 orang, ruang rias yang luas dan lengkap, serta kamar pengantin sebagai complementary pasangan usai pesta. Untuk kapasitas undangan, pengelola membatasi maksimal 700 orang demi kenyamanan. Soal parkir, tak perlu khawatir sebab Rumah Kriya Asri juga menyediakan lahan parkir yang luas tak jauh dari lokasi dan valet parking (sudah termasuk dalam harga sewa).

Fast Track:
Rumah Kriya Asri  
Jln. Ampera Raya No. 1000, Jakarta Selatan  
Telp.: (021) 789 2074
Faks.: (021)789 2074
Email: info@rumahkriyaasri.com
Website: www.rumahkriyaasri.com

The Roemah 7A

Sentuhan nuansa khas tradisional tersebutlah yang menjadi daya tarik utama tempat ini kerap dijadikan venue perhelatan private wedding. Bisa dibilang, dengan kapasitas maksimal 600 orang (standing party meliputi areal indoor dan outdoor) dalam suasana klasik Jawa, menggelar perhelatan private wedding party di sini adalah pilihan yang tepat. Menambah kenyaman pesta Anda, The Roemah 7A juga menyediakan dua pilihan paket pernikahan. Tersedia Wedding Package I untuk jumlah undangan 500 orang seharga Rp82.500.000 dan Wedding Package II untuk jumlah undangan 200 orang seharga Rp58.750.000. Kedua pilihan wedding package merupakan paket lengkap, termasuk buffet menu, fotografi, wedding entertainment, make up and hair do, hingga valet parking service, dan izin penyelenggaraan kegiatan. Khusus gedung, tersedia ragam pilihan harga sesuai lama pemakaian dan hari, yaitu Rp8.5 juta untuk 4 jam, dan Rp13.5 juta untuk 10 jam (Senin-Kamis) atau Rp11.5 juta untuk 4 jam dan Rp16.5juta untuk 10 jam (Jumat-Minggu). So, Jika Anda sudah survei dan jatuh cinta pada tempat ini dan ingin wedding Anda dilaksanakan saat weekend (Jumaat, Sabtu, Minggu) segera lakukan reservasi satu bulan sebelum hari H, karena akan mendapat diskon sewa tempat sebesar 10%.  

Fast Track:
The Roemah 7A
Jln. Lebak Bulus 1 No. 7A, Cilandak, Jakarta Selatan
Telp. (021) 751 2332 (Gandy Priapratama atau Ibu Chica)
Faks. (021) 751 2332
E-mail: info@theroemah7a.com
Website: www.theroemah7a.com

Morocco House
[photo6]

Hadir dengan pilihan venue berinterior gaya modern, Morocco House menyediakan wedding package dengan harga sewa tempat Rp57.500.000 (+ pajak 10%), dengan kapasitas maksimal 400 orang (standing reception). Paket harga tersebut sudah termasuk: penggunaan areal indoor dan outdoor Morocco House, dekorasi bunga, valet service and areal parkir, izin kegiatan dari kepolisian, satuan pengamanan, sound system, DVD player, LCD projector, electric large screen (indoor), mikrofon, set meja dan kursi, panggung kecil untuk set live music di jacuzzi, panggung pelaminan kecil untuk mempelai, fotografer untuk pre-wedding photo, termasuk 1 CD dan mini album 10 x 15 cm, 22 halaman atau 1 foto frame 50 x 60 cm, foto-foto acara pernikahan di Morocco House, termasuk 1 CD foto dan 1 album foto digital 20 x 30 cm, 22 halaman, dan gratis pemotretan pre-wedding photo yang berlokasi di Morocco House.

Fast Track:
Jln. Tasikmalaya No. 9, Menteng, Jakarta Pusat
Telp.: (021) 315 1106/07 (Winny-Manager Morocco House)
Faks.: (021) 310 2624
E-mail: rumah_maroko@thaha-group.com

JW Marriott

Sebagai hotel kelas dunia, urusan pelayanan berkelas, kenyamanan, juga kualitas citarasa suguhan kuliner, nama yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Kesan itu pula yang akan didapat saat Anda layanan khusus wedding yang disediakan hotel ini. Tidak perlu berpikir dua kali untuk merayakan ‘hari bersejarah’ Anda di Hotel JW Marriott. Tak cuma menyediakan venue, hotel bintang 5 ini menyediakan aneka paket wedding istimewa yang bisa dipilih. Salah satu yang bisa dipilih adalah Special Package (untuk 800 orang) yang bakal menyempurnakan hari spesial Anda dan pasangan Anda dengan berbagai 'hadiah', mulai dari red carpet, ragam complimentary seperti deluxe room, function room, dessert, hingga servis yang memuaskan dari para staf JW Marriott. Jadi, dengan membayar Rp302.500.000 (nett) Anda dan pasangan tak perlu lagi memusingkan berbagai urusan persiapan pernikahan. Eits, jangan sedih dulu, paket dengan harga yang lebih ‘bersahabat’ pun tersedia, mulai dari Rp85.000.000++.

Fast Track:
JW Marriott
Jln. Lingkar Mega Kuningan Kav E 1.2 No 1&2, Jakarta Selatan
Telp.: 021-57988888 ext. 3875
Faks.: 021-57988833
www.marriott.com/hotels/event-planning/wedding-planning/JKTJW

Hotel Grand Flora
[photo7]

Klasik dan elegan. Itulah kesan yang dimiliki Flora Ballroom, sesuai nuansa hotelnya sendiri yang didominasi dengan gaya Eropa minimalis. Karpet dan chandelier yang menggantung di atas ceiling-nya yang tinggi membuat ruangan seluas 256 meter persegi ini terlihat begitu lapang dan mudah untuk didekorasi. Daya tampungnya mencapai lebih dari 1.000 orang. Grand Flora menawarkan beberapa paket yang terbilang lengkap mulai dari makanan, dokumentasi, champagne pyramid, honeymoon room, listrik, valet parking untuk seluruh undangan dan masih banyak lagi. Untuk memastikan momen pernikahan Anda sesuai impian. Satu lagi nilai lebih Grand Flora adalah lokasinya yang terhitung strategis, yaitu di jalur utama Kemang.

Fast Track:

Hotel Grand Flora
Jln. Kemang Raya No. 7, Jakarta Selatan
Telp.: (021) 719 8000
Faks.: (021) 719 2366
Paket: Rp48.999.999,-nett sampai Rp127.999.999,- nett

 

Hotel Sultan
[photo8]

Anda tentu sudah mengenal hotel ini sejak lama. Suasananya masih tetap nyaman, mewah dan tetap terasa aura Asianya. Sentuhan modern mulai bisa dinikmati di beberapa venue. Ada Golden Ballroom, yang sangat ideal untuk resepsi dengan jumlah tamu yang cukup banyak. Jadikan once in a life time moment Anda berkesan dengan pilihana resepsi koktail ataupun gala dinner. Jika jumlah undangan tak terlalu banyak, Libra Ballroom bisa jadi pertimbangan. Pas untuk standing party, atau membiarkan para tamu duduk santai sambil menikmati pemandangan garden yang indah. Ingin suasana lebih asri? Taman Sriwedari merupakan tempat yang tepat. Sangat romantis untuk pernikahan bertema out door yang mewah. Tak ketinggalan Taurus Room dan Outdoor Pool yang sudah direnovasi hingga tampak lebih modern.

Fast Track:

Hotel Sultan
Jln. Gatot Sobroto, Jakarta Selatan
Telp: (021) 570 3600
Banquet Department : banquet@sultanjakarta.com

Pendopo Kemang Resto & Gallery

Dua Pendopo yang berdampingan menjadi daya tarik tersendiri dari Pendopo Kemang. Di area dalam sudah tersedia gebyok pelaminan ala Jawa yang tinggal mendapat sentuhan sedikit dekorasi. Ditambah lagi taman dengan air mancur yang membuat suasana kian romantis. Terutama jika pernikahan dilaksanakan malam hari dengan dekorasi lilin yang akan mengeluarkan aura romantis. Memuat cukup banyak tamu, sekitar 800 orang untuk kedua pendopo, dan area luar. Jika hanya sekitar 150-300 tamu, bisa menyewa satu pendopo saja. Kelebihan lainnya, Anda tidak perlu membayar sewa gedung, tinggal pilih paket-paket makanan yang tersedia mulai dari Rp89.000-Rp170.000. Fasilitas lain adalah full AC dan bisa memilih rekanan untuk dekorasi, genset dan fotografer. Dilarang membawa makanan dari tempat lain. Tak perlu khawatir, karena makanan Western dan Asia di Pendopo Kemang punya sajian dengan citarasa yang pas di lidah. Untuk area parkir disediakan tempat di Habibie Center.

Fast Track:

Pendopo Kemang
Jln. Kemang Selatan No. 111, Jakarta Selatan
Buka: 08.00-24.00
Telp: (021) 7183731/ 7183713 (Bpk.Kadek)

Bellarosa

Gedung ini sangat recommended jika Anda dan pasangan memilih tema garden party untuk wedding dengan suasana yang cozy. Ruangannya pas tidak terlalu luas dan tidak sempit, cocok untuk undangan sekitar 300-500 orang. Interiornya klasik dan elegan dengan nuansa merah marun yang romantis. Ditambah pada langit-langit di sudut ruangan tertentu ada hiasan bandul, mawar, dan lampu chandelier yang cantik. Di area luar dipermanis dengan lampion dan lampu-lampu taman. Tersedia paket wedding mulai Rp29juta (paket A) sudah termasuk menu buffet 250 porsi dan sewa gedung selama 3 jam. Fasilitas lainnya seperti genset, valet parking, sofa dan meja, sound system, dan grand piano sudah termasuk.

Fast Track:
Bellarosa
Jln. Madrasah Raya No. 11G-H Jeruk Purut, Kemang Selatan, Jakarta Selatan
Telp: (021) 780 5352
www.belindarosalina.com

Segarra Seaside Escape
[photo9]

Ambience romantis sangat terasa begitu Anda menginjakkan kaki di sini. Ya, Segarra memang terletak di tepi pantai sehingga dekorasi pernikahan Anda otomatis dilengkapi dengan deru ombak dan pemandangan menjorok ke laut. Lantainya tidak cuma seperti kebanyakan wedding venue, Segarra punya dek kayu, beralaskan pasir juga rumput. Suasana yang didapat tak hanya simple, tapi juga cantik, dan kasual. Kapasitasnya dapat menampung hingga 1.200 orang, tentu dengan konsep standing party. VIP room-nya yang mampu diisi oleh 30 orang biasanya digunakan sebagai tempat pemberkatan atau akad nikah untuk kedua calon mempelai. Dengan beberapa paket yang ditawarkan, Anda sudah mendapatkan fasilitas seperti pelaminan, wedding cake, makanan, wine, juga listrik dengan daya yang ditentukan. Bagaimana? Tertarik untuk mengadakan resepsi yang khidmat di pinggir pantai?

Fast Track:

Segarra
Pantai Carnaval, Ancol Bay City
Telp.: (021) 6471 0101
Faks.: (021) 6471 2331
Paket: Rp178.000/pax–Rp219.000/pax

Potret Wedding Organizer

Jakarta Kreasi Lima

“Selalu ada Surprise!”
[photo10]

Menginisiasi sebuah gelaran pesta pernikahan sudah menjadi bidang bisnis yang subur digarap. Apalagi, belakangan banyak mempelai dan keluarga yang enggan dibuat repot untuk menyiapkan ini-itu untuk perayaan tersebut. Mereka memilih menyerahkan mandat kepada wedding organizer (WO) dan terima beres.

Bicara mengenai profesi wedding organizer, Jakarta Kreasi Lima (JKL) termasuk salah satu penggiat baru bidang jasa ini. Kehadiran JKL ditenggarai berawal dari persahabatan 5 perempuan yang sering beraktivitas bersama, Janna, Reny, Amanda, Tirza, dan Karina. Didorong keinginan melakukan sesuatu, akhirnya terbentuklah sebuah event organizer bernama Jakarta Kreasi Lima pada Juli 2006. Nama Jakarta merujuk pada susunan nama kelima perempuan tersebut (Janna, Karina, Reny, Tirza, dan Amanda). Kreasi Lima sendiri menandakan aktivitas kelima punggawanya untuk kreatif dan selalu berkreasi. Kelima orang ini menjalani role masing-masing sebagai tim.
Event pertama JKL adalah peresmian Taman Menteng dalam acara “Save Our Park, Save Our Nation” yang memadukan beragam kegiatan semisal fashion show, pameran, graffiti, olah raga, dan musik dalam semangat penghijauan. Sukses gelaran tersebut menjadi pendorong popularitas JKL. Akhirnya, dari informasi dari mulut ke mulut banyak yang meminta jasa JKL untuk menyiapkan beragam project. Setelah itu beberapa acara seperti ‘Art for Love’, ‘Support Local Talent’ pun menjadi sederet gelaran hasil kreasi mereka. Sukses melakoni beragam event, akhirnya JKL melebarkan sayap menjadi wedding organization pada 2008. Inisiatif tersebut muncul saat JKL diminta untuk meng-organized pernikahan salah satu dari mereka, Tirza. Seiring waktu berjalan, hingga kini JKL telah meng-organized  sekitar 5-6 gelaran resepsi perkawinan, yang memang kebanyakan masih dari lingkungan teman dekat dan keluarga.

Pekerjaan wedding organizer nyatanya bukan pekerjaan mudah. Menghubungkan keinginan 2 keluarga tersebut menjadi satu adalah salah satu kesulitan yang dihadapi. Tiap keluarga memiliki keinginan sendiri-sendiri. Begitupun dengan yang dihadapi JKL. “Kita harus menjadi mediator yang memberikan jalan tengah. Proses ini tak jarang membikin persiapan acara menjadi berlarut-larut bahkan berbulan-bulan, menunggu approval mempelai dan keluarga,” ungkap Manda.

Meski demikian, mempersiapkan acara pernikahan dua mempelai memberikan petualangan unik tersendiri kepada personel JKL. Ini menjadi kesempatan menyelami perjalanan cinta sang mempelai yang akhirnya menjadi pelajaran bagi para personal JKL. Meski demikian, mengerjakan semua project persiapan pesta merupakan kesenangan tersendiri. Apalagi, setiap project yang ditangani JKL memiliki ciri khas dan kejutan tersendiri yang menjadikannya selalu menarik. Konsep yang kebanyakan diterapkan JKL selalu baru dan berbeda dari konsep pesta perkawinan kebanyakan. Soal konsep, kebanyakan project yang ditangani JKL lebih banyak mendahulukan keinginan mempelai. “Baru kemudian kita propose konsep visualnya, mulai dari akad, resepsi, hingga after party-nya,” terang Manda. Nah, yang paling unik adalah JKL selalu menyiapkan kegiatan kejutan dalam setiap pesta yang ditangani, misalnya ada pemutaran film pendek, operet, tari-tarian tradisional, grand enterance dengan iringan musik hip-hop, dan lain-lain. Uniknya lagi, kejutan tersebut tidak diketahui mempelai, namun sukses memeriahkan acara. Satu hal yang menjadi ciri khas JKL dalam meng-organized perkawinan adalah perpaduan modern, namun tetap ada sentuhan Indonesia-nya, baik itu pakaian, adat, maupun dekorasinya.

Sejatinya, jasa menyiapkan sebuah pesta perkawinan bukan hal yang murah. Menyikapi hal tersebut, JKL lebih menekan kompromi bersama mempelai. “Dalam membuat sebuah acara perkawinan, kami selalu fleksibel dengan biaya yang dimiliki oleh klien. Semuanya kami sesuaikan dengan budget yang mereka miliki, tapi kami buat semaksimal mungkin,”’ jelas Amanda menjawab pertanyaan apakah ada minimum budget jika ingin dibuatkan oleh JKL.  

Terbilang masih baru melakoni profesi Wedding Organizer kebanyakan project persiapan pesta perkawinan yang disediakan JKL memang masih terbatas untuk dalam ruangan. Meski demikian, ke depannya, JKL berencana untuk menyiapkan konsep-konsep pesta yang di luar ruangan.

Be Wise & Be Happy

Pesta yang megah, baju pengantin yang indah, dan dekorasi yang spektakuler adalah impian setiap pengantin. Tapi apa daya, bagi kebanyakan orang, uang menjadi kendala terwujudnya impian.

Uang bukanlah jaminan kesuksesan sebuah pesta pernikahan. Walaupun uang terbatas, Anda tetap akan dapat mengadakan pesta yang indah dan berkesan. Sebuah pesta perkawinan adalah sebuah pesta perayaan bersatunya dua manusia. Pesta ini diadakan untuk merayakan rasa cinta, kebersamaan, dan kekeluargaan. Jika Anda adalah salah satu calon pengantin yang mempunyai dana terbatas, simak beberapa tips berikut agar Anda dapat lebih bijaksana dalam mewujudkan pesta indah dan berkesan sesuai dengan budget Anda.

Communication
Sebelum Anda memulai sebuah perencanaan, pikirkan secara realistis berapa banyak dana yang dapat Anda keluarkan untuk pesta pernikahan ini. Komunikasikan jumlahnya secara terbuka dengan pasangan yang dapat Anda berdua sisihkan untuk pesta pernikahan. Sebaiknya dalam menentukan budget, Anda juga memikirkan kelangungan biaya setelah pesta. Jangan sampai semua tabungan Anda dan pasangan dihabiskan untuk membiayai pesta. Ingatlah, bahwa kehidupan perkawinan yang sesungguhnya dimulai setelah pesta usai, dan Anda akan memerlukan modal untuk menjalankannya.

Saving Up
Rencanakanlah untuk menabung sedini mungkin. Setelah Anda mengumumkan pertunangan, mulailah menabung untuk pesta pernikahan Anda. Buka sebuah akun terpisah untuk menabung dana pesta pernikahan. Sisihkan 10–20% dari penghasilan Anda berdua dan tabungkan dalam akun tersebut. Dengan cara ini berapa besar dana yang tersedia akan terlihat dengan jelas. Alokasi budget akan lebih mudah jika jumlah dana yang tersedia dapat terlihat dengan jelas.

Do It Yourself

Banyak hal yang bisa Anda lakukan sendiri dalam menyiapkan pesta pernikahan dan jika Anda mempunyai waktu yang panjang, banyak hal yang bisa dilakukan jauh hari sebelumnya. Gunakanlah kreativitas Anda, seperti misalnya mendesain sendiri undangan Anda, mulailah melihat-lihat contoh undangan yang pernah Anda terima untuk mendapatkan ide. Atau mintalah bantuan kepada keluarga dekat dan para sehabat untuk mendekor pelaminan Anda. Selain dapat menjadi kegiatan bersama yang menyenangkan, sentuhan pribadi pada dekorasi dapat membuat suasana lebih romantis dan pesta lebih berkesan.

Going Vintage
Berhematlah pada dana untuk baju pengantin. Coba untuk memulai browsing baju pengantin sedini mungkin. Hindari pencarian yang terburu-buru, karena akhirnya Anda akan terpaksa memilih karena kepepet waktu. Jika dana tidak memungkinkan Anda untuk membeli baju pengantin, cobalah untuk menyewa baju pengantin. Biayanya tentu akan jauh lebih murah dari pada membeli. Atau jika mungkin coba cari baju pengantin yang di kenakan ibu Anda ketika menikah dulu. Mungkin baju tersebut bisa Anda modifikasi kembali. Pastinya biaya modifikasi lebih murah dari pada membuat baru atau membeli jadi. Selain berhemat, tentunya hari bahagia Anda akan lebih bermakna.

Professional Help

Jika Anda adalah orang yang kurang mampu menjaga anggaran, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk menyewa jasa wedding planner profesional. Mungkin kedengarannya ini adalah sebuah pemborosan, karena pasti akan ada biaya tambahan untuk menyewa jasa wedding planner. Tapi dengan adanya seorang wedding planner Anda dapat memanfaatkan pengalaman mereka untuk merencanakan pesta Anda dalam dana yang telah Anda tentukan. Dan pastinya dengan bimbingan tenaga profesional ini godaan-godaan untuk melenceng dari anggaran dapat teratasi.

Pada akhirnya berapa pun jumlah dana yang Anda siapkan untuk pesta pernikahan, ingatlah bahwa kebahagiaan tidak datang dari kemewahan. Maka wujudkanlah pesta bahagia Anda sesuai dengan anggaran yang telah Anda tetapkan. After all, a memorable wedding party is when all the people that matter the most to you are in it, and that is something that money can’t buy.

Foto Pre-Wedding ke Luar Negeri

Jerry Aurum

“Like a Celebration of Love”
[photo11]

Entah terlalu bosan dengan lokasi-lokasi foto pre-wedding di dalam negeri atau memang bermaksud menambah kesan momen yang spesial ini karena banyak dari kita yang memilih melakukan pemotretan pre-wedding di luar negeri. Hmm, kira-kira apa yang menarik di luar sana?

Mencari jawaban atas pertanyaan itu, area menemui salah seorang fotografer profesional kenamaan yang juga melakoni fotografi pre-wedding dan wedding, Jerry Aurum. Dan, inilah komentar laki-laki yang belakangan menggeluti hobi diving ini.  

Fenomena pre-wedding di luar negeri?
Di Indonesia ini, masih banyak yang menganggap pernikahan sebagai sesuatu yang besar dan sangat spesial. Jadinya banyak yang berupaya membuatnya menjadi sesuatu yang extraordinary. Berbeda. Inginnya menjadikan sesuatu yang 'wah' dan sekali seumur hidup. Karena itu, semua orang mengupayakan untuk membuat itu menjadi sebuah experiences yang tak terlupakan Nah, orang-orang yang mengutamakan kesan spesial pada moment ini memang cenderung habis-habisan. Karena itulah muncul ide membikin pre-wedd di luar negeri. Alasannya, memberikan visual yang berbeda dari yang sudah ada, meningkatkan gengsi acara wedding secara keseluruhan, dan yang paling penting adalah memberi kesan yang lebih mendalam kepada pasangan yang difoto. Mereka akan merasakan pengalaman yang unik saat di foto di luar negeri dengan momen yang spesial dan gaya yang benar-benar beda. Ini sudah tentu menjadi momen tersendiri buat mereka. It's like a celebration of love. Celebration of relationship buat mereka sendiri.

Apa perbedaannya sangat kentara antara pemotretan di dalam dan luar negeri?

Tergantung konsep. Ada pemotretan yang menonjolkan lokasi dengan sangat signifikan. Ada juga yang cukup menyembunyikan lokasi dan lebih berkonsentrasi kepada model. Tapi kalau sudah jauh-jauh ke luar negeri, ya harus kelihatan, dong, lokasinya. Ha-ha.

Saat Anda diajak untuk pre-wedd ke luar negeri, bagaimana konsep foto itu lahir?

Ini yang mungkin membedakan saya dengan fotografer lain. Khusus pre-wedd dan wedding, saya sangat berusaha menjadi pendengar yang baik. Ini benar-benar berbeda dari foto-foto advertising yang juga saya lakoni. Jam tayangnya life time dan yang akan menikmati hasilnya adalah pasangan ini sendiri. Jadi kita harus benar-benar mendengarkan apa yang ada dalam hati mereka, apa keinginan yang ingin mereka wujudkan. Itu yang kemudian kita translate dalam konsep-konsep visual. Yang mana satu dengan pasangan lain sangat berbeda. Ada yang ingin sangat candid karena mereka sangat mengutamakan kenaturalan sebuah foto. Ada yang sangat ingin konseptual karena menurut mereka foto yang keren adalah foto yang konsepnya seru. Ada yang mengutamakan keindahan lokasi karena mungkin ada historical background-nya. Nah, itulah yang harus benar-benar kita resapi. Baru di-exercise mau seperti apa fotonya.

Lokasi favorit orang Jakarta pre-wedd ke luar negeri menurut pengalaman Anda?

Australia, seru dan banyak yang dulu juga sekolah di sana. Secara infrastruktur juga mendukung. Tidak terlalu jauh. Motret di sana juga gampang. Nggak ada yang 'rese'.

Perizinan foto di luar negeri sangat sulit?
Nggak sih. Kalau untuk negara-negara di Eropa, Australia, dan Amerika Serikat, seringnya saya nggak perlu izin apa-apa. Asyik-asyik aja. Semua orang santai-santai, sih. Malah di sini yang lebih ribet, belum premannya atau polisinya. Ha-ha.

Komentar tentang penggunaan software yang memanipulasi seolah-seolah foto di luar negeri?
Sah-sah saja, sih. Setiap orang bebas melakukan apa yang dianggap asyik menurut mereka sendiri. Tapi mungkin menjadi kurang asyik kalau harus membohongi. Menurut saya, photo treatment apapun yang ingin dilakukan orang sah-sah saja. Silahkan. Itu, kan, memang untuk kepentingan pribadi. Tapi ya, kalau mau membohongi publik kurang asyik juga, ya. He-he.

Ada pengalaman unik yang pernah dialami?

Contohnya saat saya motret di San Francisco, Amerika Serikat. San Francisco terkenal dengan cuacanya yang sangat gampang berganti-ganti. Nah, di sana kita dituntut untuk super-fleksibel dan punya kreativitas tinggi at anytime. Saat itu, kita sedang menuju Golden Bridge. Saat di jalan, semua siap sesuai rencana, cuaca bagus, langit biru. Tapi, begitu turun dari mobil, semua hilang, matahari hilang, langit biru hilang. Kita mendadak didatangi awan tebal yang membikin jarak pandang cuma 3 meter. Jadi saya pikir kenapa kita harus menunggu. Sekalian saja ganti konsep, saya bilang langsung foto dalam kabut. Tapi kita nggak punya waktu banyak. Ya sudah langsung action dalam kabut. Foto-foto-foto. Lima menit kemudian kabutnya hilang. Nah, kita kembali ke konsep semula. Seru, kita seakan-akan sudah foto 2 hari.  

Bagaimana dengan fee?

Kalau fee, terus terang saya tidak murah, tapi itu sesuai dengan value dan apa yang saya hasilkan. Saya berusaha memberi harga yang masuk akan dan memuaskan untuk yang menerima harganya. He-he.

Bagaimana biasanya Anda berangkat? Dengan tim?
Saya termasuk fotografer yang mandiri. Dari dulu hobi jalan. Saya juga kurang suka bekerja dengan terlalu banyak orang. Biasanya saya bisa pergi sendiri, bisa berdua (1 asisten), bisa juga dengan tim lebih besar (3 asisten) kalau memang tugasnya ribet. Atau, bisa juga saya meng-hire local assistance di lokasi yang dituju dan saya sudah punya kontaknya, misalnya di Australia dan Amerika Serikat. Asisten lokal biasanya lebih punya pengetahuan lokal di sana, tempat, jalan-jalan kecil, lokasi baru, dan lain-lain.  

Rekomendasi destinasi foto pre-wedding di luar negeri?

Italia, historical sekali. Prancis atau Eropa pesona nature-nya yang bagus sekali. Bahama, kecantikan tropisnya yang sangat indah. Bahama punya air laut yang paling jernih.

Bagaimana dengan dalam negeri, ada lokasi yang direkomendasi?

Flores tentunya karena eksotis sekali. Yogyakarta juga seru.

Directory Profesional Photography

Intip rekomendasi fotografer dan studio foto dari area berikut ini. Siapa tahu kelak akan berguna untuk hari besar Anda.

Jerry Aurum Photography
Jln. Praja Dalam D No. 54, Jakarta Selatan
Telp.: (021) 729 1763
Faks.: (021) 729 1762
contact@jerryaurum.com

Kingfoto
Jln. KH Hasyim Ashari No. 36, Jakarta Pusat
Telp.: (021)) 630 5363
Faks.: (021) 631 5836
Jln. Arteri Pondok Indah No. 11, Jakarta Selatan
Telp.: (021) 725 5161
Faks.: (021) 726 5679
info@kingfotogroup.com
www.kingfotogroup.com
www.klikgaleri.com

Lifestyle
Jln. KH. Hasyim Ashari No. 38A, Jakarta Pusat
Telp.: (021) 6385 3038
Faks.: (021) 6385 2353
info@lifestyle.com

Samantha Photography
Bali: Sunset Road, No. 4 D-E, Kuta. Telp.: (0361) 763 859
China: Zhao Yang Guang Ju Dong Lu, No. 3, Beijing. Telp.: 01087214461
Taipei: Ai Guo Dong Lu, No. 78. Telp.: 23215522

Catherine Wedding Photo
Jln. Kelapa Gading Boulevard Blok 1B-3, No. 7–9 , Jakarta Utara
(seberang Mal Kelapa Gading)
Telp.: (021) 450 1727, (021) 450 1728
Faks.: (021) 450 1738

New York Art
Sam Lee Photography
Telp.: (021) 4587 0622, (061) 4517 137
www.newyorkartphoto.com
www.samleestudio.com

De Caption Photography
Mediterania Gajahmada TU-D15
Jln. Gajah Mada, No.174, Jakarta Utara
Telp.: (021) 6387 5211
Faks.: (021) 6387 5210
www.decaption.com

Leonardi Portraiture
Mitra Hadiprana Lt. Dasar
Jln. Kemang Raya, No. 30, Jakarta Selatan
Telp. (021) 719 8546 Faks.: (021) 718 2782 (Galeri)
Telp. (021) 632 3132 Faks.: (021) 631 5836 (Studio)
info@leonardi-portraiture.com
www.leonardi-portraiture.com

Freyja Photography
Jl. Bendungan Hilir Raya No. 27, Jakarta Pusat (Studio)
Jl. Kalimantan No. 716, Taman Imam Bonjol, Lippo Karawaci Utara (Workshop)
Telp.: (021) 5576 8990, 0811109660
Faks.: (021) 55768990
info@freyjaphotography.com
www.freyjaphotography.com

Viure Photography
Jl.Tanjung Duren Utara 5, No. 244, Jakarta Barat
Telp.: (021) 568 3087 / 08161815350
viure_photography@yahoo.com
www.viurephotography.com

Cielo Photography
Jln. Cianjur, No. 17, Jakarta
Telp. (021) 3190 0078

Clockwise Pictures
Office Park RC-10 Thamrin Residence
Jln. Kebon Kacang Raya, Jakarta Pusat
Telp.: (021) 3414 0298, 08561114818
info@clockwisepictures.biz

Mario the Nine
By appointment only
Telp.: 08161675805
contact.thenine@gmail.com
www.weddingterrace.com

David Salim
By appointment only
Telp.: 0816905936 / 08159553525
photography@davidsalim.com
www.davidsalim.com

Kontak Jodoh

Solusi Mencari Pasangan?

Baiknya memang percaya, urusan jodoh sudah ada yang ngatur. Sayangnya, sering kali jodoh tak datang dengan mudah dan dalam waktu yang lekas. Butuh kerja keras dan kesabaran ultra-tinggi dalam menggaet sang jodoh ini. Sialnya, tak semua orang bisa bersabar menanti kedatangan pasangan hidup, apalagi usia tak bisa ditahan lajunya. Itu baru soal waktu, belum soal selera.

Akhirnya, banyak dari kita menyimpulkan bahwa urusan mencari jodoh itu gampang-gampang susah. Tuhan memang sudah menentukan jodoh setiap insannya, dalam kitab suci sejumlah agama dibilang bahwa “manusia diciptakan berpasangan”. Namun demikian, usaha untuk mendapatkan pasangan hidup adalah mutlak usaha si manusia sendiri. Tak bisa hanya berpangku tangan dan menunggu.

Bicara mengenai usaha, mencari jodoh bisa diibaratkan melamar pekerjaan, bisa cepat bahkan bisa sangat lama untuk dapat panggilan wawancara. Prosesnya juga banyak, dari mulai seleksi administrasi, tes psikotes, tes kesehatan, tes keterampilan, hingga wawancara dengan pemilik perusahaan. Bila memang mujur, kualifikasi cocok, dan perusahaan itu butuh barulah kita diterima bekerja. Bila tidak, siap-siap mencari lowongan di tempat lain. Butuh kesabaran untuk menunggu sambil terus berusaha. Selain itu, kualifikasi pencari jodoh harus dipertajam untuk meningkatkan daya tariknya.

Begitupun dengan proses mencari jodoh. Paling sedikit harus ada proses perkenalan. Kalau memang merasa saling cocok baru bisa beranjak ke tahap selanjutnya, berteman, berpacaran, dan sepakat membina keluarga. Waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk menjalankan tiap proses ini tidak sedikit. Sangat jarang terjadi ada pasangan yang bertemu dan hari itu juga langsung menikah.

Dengan proses yang rumit itu, banyak orang yang tak bisa bersabar. Beranjaknya usia serta rongrongan orang tua yang kepingin buru-buru punya 'mantu' menjadi beberapa alasan yang menambah berat kondisi psikologis seseorang. Ada juga orang-orang yang putus asa dengan usahanya sekian lama membina hubungan (pacaran) dengan orang lain namun akhirnya kandas. Ada juga yang kesulitan mencari jodoh karena keterbatasan lingkup pergaulan, sulit untuk bertemu orang baru, berkenalan, dan menjalin hubungan meski sebatas teman.

Lainnya lagi, ada yang belum berani menjatuhkan pilihan sebab merasa belum mendapatkan jodoh atau pasangan yang sesuai dengan kriteria dan seleranya. Selera dan kriteria memang menjadi senjata sekaligus bumerang. Kita memang wajib bersyukur telah diberi akal dan rasa. Dengan alat tersebut, kita menjadi bisa menimbang apa-apa yang baik untuk kita. Untuk urusan jodoh, rasa membantu kita menentukan sosok sejati yang layak mendampingi kita menghabiskan waktu sepanjang hayat. Akhirnya, muncullah kriteria dan segudang syarat yang diterapkan untuk calon pasangan kita. Kita ingin yang terbaik, terbagus, dan terlain-lainnya. Inilah sisi serakah kita. Alih-alih selektif, pengharapan kita menjadi tinggi sementara pilihan kita menjadi semakin terbatas.

Dilema memilih, pengharapan yang tinggi, trauma pacaran, keterbatasan lingkup pergaulan, juga tak adanya waktu akibat kesibukan bekerja menjadi faktor-faktor yang memperkeruh urusan mencari jodoh. Nah, ketika upaya dari diri sendiri dirasa mentok, banyak dari kita yang mencoba meminta bantuan 'perantara' berupa seseorang atau biro yang bertugas mempertemukan. Untuk orang pribadi, kita biasa menyebutnya dengan 'mak comblang', sedangkan untuk biro biasanya kita menandainya sebagai biro jodoh.

Ironisnya, sementara sebagai orang membutuhkan jasa ini, sebagian masyarakat kita masih menyepelekan kehadiran biro yang satu ini. Ada yang menganggap tabu. Sebagian lainnya menganggap ikutan program ini sebagai aib. Dianggap memalukan dan dianggap tak becus atau tak laku mencari jodoh sendiri.   

Padahal, ini bisa jadi solusi yang tepat dan mudah untuk memudahkan kita mencari pasangan, utamanya untuk orang-orang dengan beragam kesulitan. Sebagai sebuah jasa layanan, biro ini memiliki banyak data base pencari jodoh. Nah, tugas selanjutnya adalah mencocokkan data pencari jodoh yang satu dengan yang lain sesuai kriteria pencari. Sebagai tanggung jawab dan menjaga kerahasian para pencari jodoh yang menjadi client-nya, biro jodoh ini banyak bekerja memanfaatkan telepon, email, dan jaringan komunikasi personal lainnya. Soal tugas, tak cuma mempertemukan, kebanyakan mak comblang atau biro jodoh ini juga melakukan mediasi proses formal sebuah pertemuan melalui beragam aktivitas, mulai dari pertemuan hingga makan malam bersama. Soal harga layanan, biasanya bervariasi. Anda bisa memilih sejumlah paket yang disediakan, umumnya didasarkan kecepatan dan ketepatan penjodohan.

Kini, memanfaatkan peluang pasar dan jangkauannya yang luas, sejumlah media cetak juga menyisipkan rubrik atau halaman khusus seputar perjodohan ini. Belakangan, usaha jodoh-menjodohkan juga mentransformasi layanannya dalam bentuk media online (situs) bahkan Twitter. Biro-biro jodoh via dunia maya berseliweran dengan mengatasnamakan pertemanan dan dating (kencan). Biro jodoh online lokal tak kalah banyak dari luar. Layaknya jejaring pertemanan, kebanyakan biro jodoh online ini menyediakan paket gratis untuk membership dan baru mengenakan harga untuk layanan premium.

Tak bermaksud menghakimi, keberadaan biro-biro jasa 'mak comblang' ini ternyata mendapat banyak sambutan. Keberadaannya memang dibutuhkan, meski tak jarang dicap tabu. Nyatanya biro-biro ini membantu banyak orang untuk menemukan jodohnya. Ini, toh ,merupakan usaha.

Fast Track:
Untuk yang berkenan mencoba, ini rangkuman beberapa situs perjodohan online yang ada:
www.ayonikah.com (kontak jodoh muslim)
www.siapnikah.com (kontak jodoh muslim)
www.uniformdating.com
www.eharmony.com
www.match.com
@twirojodoh