Rekomendasi Kembangkan Bakat Anak 

Seperti sudah sering diinformasikan, usia nol hingga lima tahun adaah usia krusial untuk pembelakaran anak. Dalam rentang usia tersebut, anak 'merekam' segala yang dirasa oleh inderanya. Keingintahuan, bakat, dan keterampilan si anak juga mulai berkembang.

Makanya, mengingat pentingnya masa itu, pendidikan sedini mungkin menjadi perlu. Seiring kesadaran pentingnya pendidikan anak usia dini, belakangan bermunculan institusi-institusi formal dan non-formal anda. Mulai dari menari, melukis, berhitung, menyanyi, merakit robot, kehadiran lembaga-lembaga pendidikan usia dini tersebut seakan menjadi 'gerbang' dimulainya perkembangan bakat, kreativitas, dan kemampuan anak. Namun demikian tidak bisa sembarangan pilih. Salah pilih bisa berarti mematikan potensi anak. Nah, Sebagai pilihan untuk anda, melalui feature ini area suguhkan ulasan beragam lembaga pendidikan anak usia dini yang cocok untuk buah hati anda.

 

Novita Tandry

(Penulis adalah pemegang lisensi master franchise lembaga pendidikan anak Tumble Tots yang berasal dari London, Inggris. Saat ini menjabat sebagai managing director Tumble Tots Indonesia yang menaungi lebih dari 50 center Tumble Tots yang tersebar di seluruh Indonesia. Ibu kelahiran Kendari, 9 Maret 1971 ini adalah alumni psikologi dari University of New South Wales, Australia. Tak cuma Tumble Tots, Novita juga mengembangkan beberapa lembaga pendidikan untuk anak, seperti Right Steps (kindergarten), Leaps&Bounce, dan Right Start. Semuanya didedikasikan atas kecintaannya pada anak dan demi menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Untuk informasi dan komunikasi, dapat menghubungi penulis melalui
Tumble Tots Indonesia
Jln. Pluit Selatan IV No. 7
Jakarta Utara
Telp.: 021-6696689
novitatandry@tumbletots.co.id
www.tumbletots.co.id atau www.leaps-and-bounds.co.id


Menjadi orang tua di jaman digital seperti sekarang ini, memerlukan semacam panduan agar dapat menjadi orang tua lebih baik, salah satunya adalah kesempatan bagi saya sebagai seorang pendidik, psikolog, dan orang tua untuk berbagi melalui artikel di media cetak  Majalah area ini.

Padahal kalau kita bisa perhatikan dan mungkin mengalami sendiri bahwa anak-anak jaman sekarang cenderung lebih peka, impulsif, membangkang, lebih cemas, lebih lekas marah, dan kasar? Benarkah demikian? Berdasarkan data dari  hasil survei yang dilakukan secara acak untuk anak-anak berusia tujuh sampai empat belas tahun selama 1990 sampai 2000-an bahwa  kecerdasan emosional anak-anak Indonesia menurun, berdasarkan indikator-indikator dasar kecerdasan emotional. Dan secara bersamaan, selama beberapa tahun tersebut, ada lonjakan tajam dalam angka kekerasan, bunuh diri, dan perkosaan di kalangan remaja.

Mengapa terjadi pengikisan dan ausnya keterampilan dasar dalam berkehidupan dari seorang anak?  Saya berpendapat bahwa anak-anak merupakan korban yang tak diduga dari dua kekuatan dunia yang sangat besar pengaruhnya, yaitu majunya ekonomi dan perkembangan teknologi. Meningkatnya persaingan global berarti bahwa untuk mempertahankan standar hidup yang layak, generasi orang tua sekarang ini harus bekerja lebih keras dan lebih panjang jika dibandingkan dengan generasi orang tua mereka sendiri, bukan karena berkurangnya cinta kita kepada anak-anak kita, tetapi karena waktu kita untuk bisa bersama mereka lebih sedikit dibandingkan waktu yang dicurahkan oleh para orangtua kita untuk kita.

Pada saat yang sama, meningkatnya mobilitas keluarga berarti juga semakin sedikit kerabat, misalnya nenek tetangga, yang bisa dimintai mengasuh anak. Menggunakan jasa pengasuh juga tidak memberikan solusi yang baik karena para pengasuh sebenarnya adalah PRT yang ‘berseragam putih’, yang hanya mempunyai kemampuan menjaga anak aman secara fisik. Bagaimana dengan kemampuan untuk mengisi keterampilan secara intelektual, bahasa, emosi (agar aman secara psikologis?) belum lagi social dan spiritualnya? Banyak keluarga yang kini takut membiarkan anak-anaknya bermain ke rumah tetangga, bertemu dengan orang asing dan akhirnya ‘mengurung’ anaknya di rumah dengan televisi dan video bersama ‘pengasuh’ atau bahkan ‘para pengasuh’ .

Perlu disadari bahwa anak-anak kita diciptakan seperti kertas putih (tabula rasa, John Locke) bahwa kita yang berperan sebagai pena dalam mengisi setiap lembaran dalam hidup mereka dan tidak dimungkinkan menggunakan tip-ex atau kesempatan melakukan kesalahan karena penyerapan di usia ini tanpa filter sama sekali ibarat kita langsung meminum air tanpa melalui proses penyulingan apalagi dimasak atau disterilkan. Kemampuan dan ketrampilan berkembang begitu pesat melalui audio (pendengaran), visual (penglihatan), dan doing (melakukan) di setiap aspek tumbuh kembang mereka baik secara fisik, intelektual, bahasa, emosional, sosial dan spiritual. Bagaimana kita sebagai orang tua dapat menjadi panutan (role-model) dalam tahap kehidupan awal mereka?

Ada suatu istilah bahwa “Children spell love…. T-I-M-E” artinya bahwa anak-anak kita butuh cinta dan kasih sayang dengan menyiapkan waktu, baik secara kualitas maupun secara kuantitas! Jadilah role-model bagi anak Anda dengan menggunakan otak dan hati. Berikan panduan yang jelas dan ketegasan  yang ketat bagi anak di usia dini karena waktu akan berlalu begitu cepat dan tanpa disadari anak-anak kita telah menjelma menjadi anak-anak yang dewasa dan kita ingin mereka menyadari bahwa kita sebagai orang tua telah melakukan yang terbaik bagi mereka sejak usia sedini mungkin!

 

Tomato Art School
Pertajam Art Skill Buah Hati

Sejatinya, nama barusan adalah sebuah tempat untuk mempertajam art skill Anda yang didirikan oleh Yayasan Tomat Merah sejak 1998 silam. Selain untuk remaja dan dewasa, program yang ditawarkan Tomato Art School juga bisa diikuti oleh anak mulai usia 4 tahun, di antaranya Kindergarten and Elementary Program, Junior and Senior High Program, College Preparation Program, dan Comic and Animation Program.

Di Tomato Art School, anak-anak bisa mengasah bakat seninya, semisal mewarnai, melukis, printmaking, seni patung, komik, design juga membatik. Lembaga pelatihan yang kerap kali bekerja sama dengan Sampoerna Foundation ini memang memiliki kurikulum yang ditetapkan dalam pengajarannya. Namun demikian, anak tetap diberi kebebasan untuk berkreatifitas sesuai minat. Metode pendekatan pendidikan yang diterapkan Tomato Art School adalah pendekatan konsep semi privat. Dengan demikian tiap-tiap anak dapat dipantau perkembangannya sebaik mungkin.

Untuk sekadar hobi atau menyiapkan stepping stone buah hati Anda ke jenjang universitas di bidang seni dalam atau luar negri, Tomato Art School layak Anda tuju. Beberapa alumni Tomato Art School bahkan sudah berhasil “menerobos”  Rhode Island School of Design, Parsons the New School for Design, Art Center College Design, University College London, Central Saint Martins College of Art and Design (University of the Arts London), Wimbledon College of Art (University of the Arts London), LASALLE College of the Arts di SIngapura, Korea National University of Arts, dan masih banyak lagi. Well, bukan ecek-ecek lagi, kan?

Fast Track
Ruko Grand Panglima Polim No. 32-33, Jakarta Selatan
Telp : 021-72780910 atau  0813 8748 7437 (Romdhoni Anjar)
Program Reguler : 3 bulan

 

 

Young Biz Indonesia
Kenalkan Bisnis Pada Anak

Sebagai orangtua, Anda harus berpikir seribu langkah jauh ke depan tentang masa depan buah hati. Salah satu skill utama yang harus dimiliki dan penting bagi anak adalah keahlian mengelola keuangan dan wirausaha.

Melalui Young Biz, bakat bisnis anak akan dimatangkan agar pada masanya ia siap bertandem dengan anak-anak dari bangsa lain. Young Biz adalah lembaga pelatihan internasional dari AS. Materi yang diajarkan fokus pada personal money management dan enteurpreneurship education untuk anak usia 9—22.

Awalnya, mungkin terdengar menyeramkan dan membosankan. Tetapi, lewat suasana kelas yang komunikatif, dinamis, fun, dan proaktif, anak-anak akan terpacu untuk tetap mengikuti pelajaran.

Tak hanya itu, mereka juga akan diperkaya dengan berbagai life-skills, seperti communicating, problem-solving, time-management, decision-making, dan public speaking yang akan meningkatkan rasa percaya diri saat mengelola keuangan dan wirausaha di masa depan.

Program yang ditawarkan beragam. Tersedia dua program unggulan untuk anak usia 9—12, yaitu:

YoungBiz Game of Money

Bertujuan membuka wawasan murid akan dunia finansial melalui permainan yang bersifat edukatif, praktikal, dan interaktif. Melalui program ini, anak akan belajar asal-muasal dan nilai uang, mengidentifikasi dampak media dalam kehidupan sehari-hari, keuntungan menabung, dan membandingkan perbedaan dalam tabungan bank yang ditawarkan.

YoungBiz Game of Business
Di program ini, mereka akan mempelajari konsep demand & supply, kompetisi di dunia bisnis, pentingnya penelitian dan survei sebelummenjalankan bisnis.

Fast Track
Young Biz Indonesia
Pluit Karang Permai
Blok N6 Selatan No.5, Jakarta Utara
Telp: 62-21-668 5734
Fax: 62-21-93570971
Email: info@youngbizindonesia.com

 

 

TALKinc for Kids
Komunikasi Untuk Anak

Berbeda dari waktu kita masih kecil yang terpatok oleh aturan-aturan orang tua dalam berbicara, kini anak diperbolehkan untuk bertanya juga berbicara sebebas-bebasnya. Tapi, jangan sampai kelebihan yang mereka miliki justru menjadi bumerang di kemudian hari. Tugas Anda adalah menuntun dan menjaganya agar tidak keluar dari jalur. Karena, meskipun tampaknya sepele, skill untk berkomunikasi sangat penting bahkan bagi anak-anak. Namun, jangan gundah dulu karena Anda tidak sendirian, TALKinc memiliki beberapa program yang menarik bagi buah hati.

Nah, di lembaga pelatihan public speaking yang didirikan oleh Erwin Parengkuan, Becky Tumewu, dan Alexander Sriwijono, anak akan dibina untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Tak usah ribet-ribet membayangkan anak Anda digenjot untuk dicetak menjadi presenter. Program untuk anak yang dibuka oleh TALKinc ini lebih diarahkan guna membangun rasa percaya diri saat berbicara di depan umum. Tak hanya itu, anak juga akan dibantu lebih mengenal jati dirinya dan berprilaku pantas di khalayak luas. Tiga program yang dibuka adalah Kids Talk, Dongeng Indonesia, dan Be a Star. Untuk program Dongeng Indonesia sendiri, anak akan diceritakan dongeng-dongeng khas Indonesia lewat professional storyteller. Para fasilitator, dengan cara yang fun akan memotivasi anak untuk berani berekspresi dan mengemukakan pendapat. Bukankah interaksi orang tua dan anak akan sangat terbantu jika didukung dengan kemampuan berkomunikasi yang baik? Segera tuju TALKinc!

Fast Track
TALKInc for Kids
Jln. Wijaya I no 73, 2nd Floor, Jakarta Selatan
Telp.: (021) 720 2719, (021) 8077 7779 Faks.: (021) 720 5240
E-mail : info@talk-incorporation.com
www.talk-incorporation.com
Tiap program: 6 sesi @ 2 jam

 

 

Smart Kids
One Stop Education Center

Pusing mencari one stop education center untuk buah hati Anda? Di sini tempatnya. Smart Kids yang dibuka sejak Oktober 2005 “menampung” anak-anak usia 3-12 tahun yang tertarik untuk belajar balet, taekwondo, sempoa, baca-tulis, bahasa Inggris, juga Sakamoto.

Bagi Anda yang belum tahu, Sakamoto adalah metode pembelajaran matematika yang disederhanakan dan menggunakan logika. Metode ini ditemukan di Jepang pada 1980. Tujuan utama penerapan metode ini adalah agar anak dapat memahami soal-soal lebih mudah dan cepat. Cara ini sudah tentu sangat berguna dalam kehidupan anak-anak sehari-hari, lho. Cara pendekatan setiap kelas yang pun dibedakan sesuai tipe anak, Auditori (dengan membaca), Kinestetik (dengan menyentuh atau praktek), dan Visual (dengan melihat).

Tak cuma aktivitas, Smart Kids juga menyelenggarakan Fingerprint Dermatogyphics untuk dapat mengenali bakat dan karakter buah hati Anda melalui sidik jari. Smart Kids juga punya cara yang unik untuk mendorong anak rajin dalam menghadiri kegiatan luar sekolah ini, yaitu sistem reward yang menghadiahi satu poin untuk setiap kali kehadiran si anak. Uniknya, setelah poin-poin tersebut dikumpulkan, anak bisa menukarnya dengan mainan yang ia suka.

Fast Track
Smart Kids
Ruko Pondok Indah Plaza I Blok UA 9-10
Jln. Metro Pondok Indah – Jakarta Selatan
Telp. 7664222 Fax. 7504666
Registration Fee: Rp275.000
Iuran bulanan: Rp280.000 – Rp400.000/bulan

 

Parpica
Kenali Bakat Anak Lewat Sidik Jari

Sebelum sibuk ke sana-ke mari mencari institusi mana yang akan dipilih untuk mengasah potensi anak, ada bijaknya mencari tahu terlebih dulu keinginan dan bakat sebenarnya buah hati Anda. Dengan begitu, bakat dan potensi sang anak akan berkembang dengan maksimal. Uang yang Anda gelontorkan pun tak terbuang percuma. Namun, bagaimana cara mengenali bakat anak tersebut? Nah, untuk itu, ada sebuah lembaga konsultasi psikologi pengenalan bakat anak yang dapat Anda sambangi. Namanya Parpica. Dalam pelayanannya, lembaga konsultasi ini menerapkan metode sidik jari untuk mengetahui bakat anak sekaligus watak seseorang yang telah lahir. Kabarnya, metode ini sudah digunakan sejak 300 tahun lalu.

Praktiknya bisa dibilang sederhana, anak usia dua tahun atau orang dewasa akan diambil sample sidik jarinya dari tiga sisi (depan, kiri, dan kanan) menggunakan scanner. Sample tersebut selanjutnya dikirimkan ke laboratorium Parpica yang berlokasi di Singapura. Hasil uji laboratorium tersebut akan Anda dapat dalam tiga-tujuh hari kemudian. Perlu Anda ketahui, tingkat keakuratannya mencapai 95%.

Tak berhenti di situ, setelah menerima hasilnya, psikolog dari Parpica akan dengan senang hati memberikan arahan untuk Anda, mulai dari pengelolaan bakat si anak, cara penanganan tiap-tiap anak yang membutuhkan perhatian khusus, hingga rekomendasi tempat penyaluran bakat. Anda dibebaskan berkonsultasi selama yang Anda butuhkan, baik melalui email maupun telepon. Semuanya gratis. Bagaimana? Bukankah lebih baik mengetahui kualitas bibitnya sebelum bertanam?

Fast Track
Pusat Grosir Cililitan (PGC-2) Lt. 3A No. 630
Jln. Mayjen Sutoyo No. 76, Cililitan, Jakarta Timur
Telp.: 021-30019800
Faks.: 021-80888632
Harga paket layanan:
Coorporate: Rp. 600.000
Premium: Rp. 1.500.000
Platinum: Rp. 2.000.000
Jam operasional: Pkl. 10.00 – 20.00 setiap hari

 

 

OJ Music House
Bukan Sekadar Rumah Bermain Musik

OJ Music House yang dikelola musisi Otti Jamalus ini mumpuni untuk dijadikan landasan kemampuan anak-anak dalam bermusik. Mengapa? Karena 'rumah musik' ini justru memilih merangkul mereka yang memiliki rasa ketertarikan terhadap musik namun merasa minder karena tak memiliki kemampuan dan keterampilan yang cukup, ketimbang mereka yang sudah “matang”.

Di rumah ini, setiap anak dimotivasi dan dipantau sesuai perkembangannya agar memiliki fondasi bermusik yang cakap untuk semua jenis musik sesuai kapasitasnya. Metode pengajaran yang digunakan berdasarkan ilmu yang dikenyam Otti selama di bangku kuliah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (kini: UNJ). OJ Music House menyediakan delapan program yang dibuka, vokal, piano, bass, gitar elektrik dan akustik, flute, saksofon, biola, dan drum yang diajarkan oleh 19 tenaga pengajar lulusan UNJ. Namun, untuk saat ini kelas saksofon dan bass hanya bisa diikuti oleh dewasa. Tak sekadar bermusik, di setiap ruangan dan alat musik di sini bisa merekam hasil permainan tiap anak. Hal ini dimaksudkan untuk mengevaluasi perkembangan bermusik si anak. Menurut Otti Jamalus, musik bermanfaat mengisi jiwa anak layaknya suplemen. Jika kekosongan akibat gerusan jaman itu terisi, niscaya mental anak akan tumbuh lebih baik.

Fast Track
Ruko Radio Dalam No. 2F
Jln. Radio Dalam Jakarta Selatan
Telp.: 021-7398066
Website http://www.ojmusichouse.com


 

Museum Tekstil Jakarta
Mengenal Batik Sejak Dini


Sudah sepantasnya kita mengenalkan batik sedini mungkin kepada anak-anak kita sebagai penerus kejayaan bangsa ini. Dengan pengenalan batik secara dini, siapa tahu saat dewasa nanti mereka tak hanya bangga  sebagai pemakai batik, tapi tahu cara membuat, dan sejarahnya.

Nah, di Museum Tekstil Jakarta, tersedia kelas khusus membatik untuk anak-anak. Di tempat ini, anak-anak pada usia dini sudah diajarkan mengukir malam (lilin) dengan canting pada sebidang kain. Ini adalah salah satu upaya Museum Tekstil Jakarta untuk ‘menyelamatkan’ batik sebagai warisan budaya dan terus mensosialisasikannya pada generasi muda. Kelas membatik ini ditempatkan di pendopo kayu di belakang Museum yang dikelilingi pohon besar nan rindang. Di tempat itulah sering terlihat sekelompok anak yang tengah sibuk membatik. Untuk mengikuti kelas membatik ini, Anda tidak perlu merogoh kocek kelewat dalam. Hanya dengan Rp. 35.000/anak. Dengan biaya tersebut, anak-anak sudah mendapatkan kain mori selebar saputangan, canting, dan malam/lilin. Menangani anak-anak belajar sesuatu yang butuh kejelian memerlukan kesabaran yang tinggi. Oleh karena itu, para instruktur lekas membatik di sini dengan sabar memberi pengarahan yang mudah dimengerti anak-anak, mulai dari menjiplak gambar pada kain katun di atas meja kaca yang diberi lampu neon, menyiapkan malam, dan menorehkan malam pada kain.

Atau Anda juga tertarik untuk ikut membatik bersama anak di rumah? Cukup rogoh kocek Rp100.000, Anda sudah mendapatkan 3 canting, kain, malam, kompor, dan wajan kecil. Bisa juga panggil instrukturnya ke rumah.

Fast track
Museum Tekstil
Jln. K.S Tubun 2 – 4, Tanah Abang, Jakarta Pusat
Telp.: 021- 5606613
Faks. : 021- 5654401
Email : info@museumtekstiljakarta.com
www.museumtekstiljakarta.com

 

Gigi Art of Dance
Mengasah Kemahiran Tari Si Buah Hati


Gianti Gladi, alias Gigi adalah pemilik, art director dan sekaligus pengajar di Gigi Art of Dance, sekolah tari bergaya interior klasik. Ada beragam jenis tari yang diajarkan di sini. Disini, tarian yang diajarkan tak melulu balet. Ada juga baby jazz, baby ballet, hip-hop, RnB, tradisional, modern jazz, pop, break dance, bahkan tari kontemporer. Kelas tari Gigi Art of Dance dibuka untuk anak berusia mulai dua tahun ke atas. Delapan pengajarnya pun telah mendapat sertifikat pendidikan tari dari IKJ dan La Salle Singapura, termasuk Gigi.

Untuk para orang yang bermaksud memasukkan anak-anak mereka di kelas tari, Gigi menyarankan sebaiknya dimulai saat anak berusia tiga sampai empat tahun. Untuk balet, semakin belia usia anak, semakin baik karena kelenturan tulang masih berfungsi.

 Gigi menambahkan, pada level Baby, anak diajarkan mengenal anggota tubuh sambil posisi flex dan point. Pada level Pre-Primary, anak belajar mengatur postur tubuh saat menari. Pelatihan  meningkat pada level selanjutnya. Para orang tua juga berkesempatan untuk melihat perkembangan menari sang buah hati di pagelaran yang diadakan setiap tahunnya dengan tema yang selalu berbeda.

Fast Track
Jln. Radio Dalam No. 191 – 17, Jakarta Selatan
Telp.: 021-7399739 atau 7399711
Faks.: 021-7399780
Harga: Rp300.000 – Rp. 400.000/bulan
Registration Fee starts from Rp100.000 – Rp750.000

CreativKids
Mengasah Kreativitas dengan Merakit Robot


 Tahukah Anda bahwa kemampuan dan kreativitas buah hati Anda bisa diasah dengan bermain robot-robotan? Tepatnya belajar merakit robot. Nah, di CreativKids, anak-anak diajarkan untuk merakit robot sesuai imajinasi mereka. Di tempat ini anak-anak di ajarkan merakit robot mulai dari tahap yang paling dasar, jadi siapapun bisa mengikuti.

Jangan dikira merakit dan bermain robot akan sia-sia dan membuang waktu anak percuma. Melalui aktivitas ini, tanpa disadari, anak-anak ditajamkan lagi kreativitas juga kemampuan matematika dan fisika dengan memperhitungkan berapa brick yang digunakan untuk membangun sebuah robot dan sistem apa yang dipakai untuk menggerakan robot tersebut.

CreativKids menyediakan dua kelas, yaitu Construction (untuk usia 6-10 tahun) dan Robotic (untuk usia 11 tahun ke atas). Metode yang digunakan CreativKids adalah dengan menggunakan material Lego Education dari Denmark. Nah, melengkapi aktivitas belajar, anak-anak diharuskan merepresentasikan ciptaannya tersebut setiap kali selesai merakit. Program ini sangat cocok untuk menumbuhkan dan mengembangkan rasa percaya diri anak-anak dalam berkomunikasi.  Tertarik? Tak ada salahnya mencoba. Siapa tahu nantinya buah hati Anda bakal mengharumkan nama bangsa ini lewat robot-robot ciptaannya.

Fast Track
Jln. Cipete 5 No. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp.: 021-7650069

Harga paket layanan:
Pendaftaran Rp250.000
Construction Rp300.000/bulan
Robotic Rp400.000/bulan

Waktu belajar:
Selasa dan Kamis jam 15.00
Sabtu pada jam 9.00; 11.00; 13.00; dan 15.00

 

 

Digikidz
Mengakrabkan Buah Hati dengan Tekhnologi


Telah hadir suatu tempat yang mengenalkan anak pada dunia teknologi komputer dan multimedia. Ya! Digi Kidz. Tempat kursus bagi buah hati Anda yang menawarkan konsep bermain dan belajar. Konsep belajar dan bermain ini sangat mengena pada si kecil. Dalam setiap aktivitasnya di Digikidz, anak-anak   bebas berekspresi, berimajinasi, dan berkarya sesuai minatnya. Usia 3 sampai 15 tahun adalah waktu di mana anak memiliki momentum belajar pada puncaknya. Tidak hanya belajar menghapal teori,  Digikidz juga menerapkan metode pengajaran yang mengacu pada metode quantum learning, yaitu anak menjadi pusat proses belajar (child  centered). Digi Kidz mengusung 'Belajar Berbasis Teknologi' yang menyenangkan.

Secara keseluruhan, kurikulum Digi Kidz mengacu pada 3 hal, yaitu: pengetahuan, software dan peralatan multimedia. Anak secara mandiri didorong untuk mengeksplorasi peralatan multimedia seperti komputer, scanner, kamera digital, digital video, audio, web camera, dan tentu saja internet. Setiap bulan, kreativitasnya dirangsang melalui proyek berbeda. Contohnya, bidang jurnalis, science, storytelling, atau art.   Untuk saat ini, Digi Kidz juga membuka kelas Robot yang dapat menstimulasi kemampuan matematika dan fisika anak. Dua kelas ini juga cocok untuk anak berkebutuhan khusus. Bukankah ini suatu pencerahan baru untuk Anda para orang tua?

Fast Track
Plaza Pondok Indah I
Blok UA 41 Lt.2
Telp: (021) 7513945
Harga: Rp375.000 – Rp575.000 ( RobotKidz)
 Rp325.000 – Rp450.000  (Computer)