Referensi mengudap hingga dinihari di Jakarta

Situasinya mungkin tidak mengenakkan bilamana Anda yang aktif hingga tengah malam atau bahkan dinihari lewat, kelaparan. Namun sianya tak ada tempat jajan yang buka 24 jam atau hingga tengah malam. Di tengah kebuntuan seperti itu, pilihan yang paling mungkin adalah mencari cemilan di minimarket-minimarket yang biasa buka 24 jam macam Circle K atau Seven Eleven yang lagi hit belakangan ini dikalangan muda-mudi sepenjuru Jakarta. Namun, apa lantas kenyang hanya dengan snack, kacang kulit, sandwich, plus beer? Nyatanya di penjuru wilayah ibukota ini banyak kedai atau tenda-tenda kaki lima yang buka hingga dinihari. Bukan cuma bioskop yang punya menu midnight show, kuliner Jakarta pun tak mau kalah. Mereka menawarkan sajian pas buat menghajar lapar di malam hari. Mulai dari sate, nasi uduk, ayam bakar, bubur, ketupat sayur, roti bakar, nasi gila, hingga nasi kucing. Beberapa kedai malah sudah melegenda, terkenal karena keunikan sajian, kelezatan, juga porsinya yang tak tanggung-tanggung. Beberapa lagi malah masih terus ramai menjadi destinasi kunjungan meski menjelang dinihari. Soal harga, Anda yang kuasa, bisa disesuaikan dengan isi dompet Anda. Nah, dimana keda--kedai itu berada, kami akan tunjukan kepada Anda. Jadi, next time Anda kelaparan pas di tengah malam, tak bingung harus menelusur kemana. Mari makan lewat tengah malam!

 

Hangout di Pasar Mini

Buat ukuran orang muda Jakarta, bohong kalau belum pernah lihat, dengar, atau mampir ke gerai minimarket 24 jam macam Circle K (Sike)  atau Seven Eleven (Sevel). Nama yang terakhir disebut malah sekarang tengah gencar-gencarnya berekspansi, membuka gerai-gerai baru di sudut-sudut keramaian Jakarta. Tiap bulan ada saja gerai yang dibuka dan selalu sukses memikat orang-orang muda sekitarnya untuk mampir, jajan, dan hangout.

Tulisan ini tidak bermaksud mengorek-ngorek cerita sukses Sike' atau Sevel. Kami malah lebih tertarik memotret sebuah fenomena di balik kehadiran dua minimarket tersebut. Sudah sejak satu dua tahun belakangan, ada geliat budaya lifestyle yang kembali mencuat mengiring kehadiran dua label minimaket asal luar negeri ini. Hangout hingga dinihari alias begadang berteman bir, kopi, atau makanan ringan yang menemani canda bersama teman-teman. 

Sebenarnya tradisi hangout sampai larut malam di tempat jajan sudah sejak lama ada. Kebiasaan ini mudah kita temukan di warung kopi atau singkatnya warkop, kafe, bar, hingga kedai-kedai makan kaki lima yang buka hingga tengah malam atau bahkan lewat. 

Hanya saja, ada citarasa gaya hidup yang beda manakala membandingkan warkop, kafe-bar, atau tenda kaki lima dengan Sike' atau Sevel. Imaji warkop atau tenda kaki lima kelewat suram untuk jadi tempat 'nongkrong' anak-anak muda jaman sekarang. Kafe dan bar meski terlihat keren tak jua membikin nyaman lantaran mahal, terbatasnya pilihan menu, dan aturan-aturan sepele yang membikin ribet.

Pembeda lainnya ada pada fokus kehadiran pengunjung ke lokasi-lokasi ini di malam hari. Kedatangan pengunjung ke warkop biasanya sudah ditandai dengan tujuan yang jelas, ngopi (benar-benar minum kopi) atau minum ramuan jamu tradisional, mencari obat nyamuk bakar, santap mie instant rebus, hingga cicip bubur kacang hijau. Sajian warkop jadi pengisi jeda menunggu kantuk. Nah, begitu pun dengan kedai-kedai atau tenda kaki-lima kudapan 24 jam. Kebanyakan yang hadir biasanya sudah punya tujuan mengisi perut dengan makanan yang sudah direncanakan, mulai dari pecel lele, sate, nasi goreng, atau seafood. Bar dan kafe lebih identikkan dengan tempat minum-minum hingga teler sambil mendengarkan sajian musik.

Nah, cermatnya Sike' dan Sevel—ada juga beberapa nama lainnya seperti Star Mart dan Box Mart—keduanya menampung orang-orang pengunjung yang tak jelas maksudnya. Menyediakan aneka sajian ringan untuk cemilan tengah malam, sebagai tempat ngopi dengan sajian kopi-kopi kekinian, one stop nge-bir, tempat janjian, ngobrol hingga larut, sekadar numpang browsing internet dengan wi-fi gratis, bahkan jadi lokasi mejeng.

Kalau kebanyakan minimarket sekadar menjadi pilihan mencari cemilan dan numpang lewat, Sike' dan Sevel menjelma sebagai destinasi hangout alias nongkrong. Selain mencari kudapan, pengunjung yang hadir memang menyengaja datang untuk berbetah-betah duduk dan ngobrol hingga larut di meja-meja tenda yang disediakan kedua label minimart ini. Ini menjadi semacam gaya hidup yang menjamur di masyarakat. Mereka datang dengan beragam atribut yang menandai identitas pribadi dan kelompoknya. Dari mulai anak-anak sepeda fixie, abege-abege dengan gaya pakaian kekinian, partygoers yang sekadar mampir untuk pemanasan, hingga pengunjung berpakaian santai bermodal laptop.

Tak salah dan tak ada yang buruk dari fenomena yang mengiring dua nama ini. Nyatanya masyarakat kita, utamanya anak-anak muda yang menjadi target market kedua minimarket ini memang menyenangi tempat-tempat seperti ini, apalagi yang beken dan berasal dari luar negeri. Hanya saja, untuk sebagian kita yang konservatif, tentu akan risih dan tak nyaman. Kita yang masih memaksudkan minimart sebagai tempat belanja akan kaget menyaksikan keriuhan pengunjung yang nongkrong-nongkrong di sini.

Fenomena yang ironis. Dulu orang-orang yang nongkrong di pasar adalah preman. Nah, ini mereka yang nongkrong-nongkrong di minimarket apa sebutannya?


Ketupat Sayur Mandala

kenyang di pinggir jalan

Kalau cuma lihat kedainya, mungkin orang akan berpikir 3 atau 4 kali untuk mampir. Kenapa pasal? Kedai ketupat sayur yang beroperasi sejak 2004 silam ini ada persis di pinggir jalan, di perempatan lampu merah Jalan Mampang Prapatan Raya yang padat. Fakta tersebut tak menyurutkan langkah banyak orang untuk mampir, duduk, dan memesan sajian kedai milik Nurjanah dan suami. Lokasinya yang di pinggir jalan memang strategis menjaring pengunjung. Ibu Nurjanah mengaku bahwa setiap malam kedai miliknya bisa menghabiskan hingga 800 porsi.

Kedai ini menyediakan suguhan ketupat sayur dalam porsi yang tak tanggung-tanggung banyaknya.  Warung  ini beroperasi mulai pukul 20.00 sampai pukul 04.00. Nama Mandala sendiri sesuai nama bengkel motor, tempat kedai ini berada Mandala. 

Menu yang disajikan  memang hanya ketupat sayur. Tapi jangan pandang sepele dulu. Lauk peneman ketupat sayur di kedai ini pilihannya banyak. Ada telur bulat. Ada empal manis, daging ayam bumbu opor, sate duet ati-ampela, tahu, dan, pastinya kerupuk sepiring mentung. Semuanya menjadi sempurna dengan gurih sayur labu. Untuk diingat, bumbu dan kuah santan yang terkandung dalam sayur labunya tak kelewat kental, jadi tak bikin seret tenggorokan.

Soal harga mungkin Anda akan sedikit kaget. Kalau ketupat sayur pagi di kedai-kedai sederhana bisa Anda dapatkatkan dengan harga Rp5000-Rp9000, di kedai ini satu porsi komplitnya diganjar Rp 19.000. Akan lebih murah jika Anda memilih satu atau dua menu lauknya. Meski begitu, harga ini sepadan dengan kepuasannya: mencicip ketupat sambil menikmati riuhnya Jakarta saat malam.

Fast Track

Ketupat Sayur Mandala
Jln. Mampang Prapatan
Telp. 021-95135249 atau 087884445327

 

Kedai Disto

Jika bosan dengan pecel lele di tengah malam, Ikan Patin Bakar would be a great idea! Untuk menu ini berarti Anda harus berkenalan dengan Kedai Disto yang terletak di daerah Cipete. Disana tersedia Ikan Patin dengan berbagai ukuran. Dijamin Anda tidak akan kuasa melibas semuanya. Rasanya yang nikmat karena bumbunya yang benar-benar meresap akan membuat Anda ‘khilaf’ menghabiskannya dalam waktu tak lama. Selain itu, sambal bawang putih dan cabe rawitnya yang pedas akan menambah nikmatnya hidangan. Bukan hanya ikan patin, disana juga tersedia ikan nila merah dan ikan gurame.
Kedai ini juga menyediakan beberapa jenis hidangan lain yang tak terlalu berat, misalnya chicken nugget, sosis goreng, pasta, hingga french fries. Tiap satu minggu sekali, kedatangan Anda di kedai yang telah beroperasi sejak tahun 1999 ini juga akan dihibur dengan live music (musik keroncong dan jazz).

Fast Track
Jln. Cipete I, IA, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 766 3805
Buka: 08.00—03.00
Range harga: Rp7.000—Rp95.000

 

Pondok Sate Pak Heri

Kelaparan dan butuh suapan agak berat pas tengah malam? Hidangan sate ayam atau kambing dengan bumbu kacang atau kecap ditimpa lontong hangat rasanya bisa jadi pilihan tepat. Kalau begitu, silahkan singgah di Pondok Sate Asli Pak H. Heri yang ada di kawasan Sabang, Jakarta Pusat.  Pondok sate ini buka sejak pukul 09.00 sampai pukul 02.00 dinihari.

Nah, bicara soal sajian sate disini. Sate dengan daging-daging yang tebal di tiap tusuknya plus minim lemak. Tambah enak, pembakaran sate di pondok ini masih menggunakan kipas tangan. Soal harga,  terjangkau. Per tusuknya, sate ayam dijaja dengan harga Rp1500, sedangkan sate kambing Rp2000. Masih soal sate, Pondok Sate Pak Heri punya suguhan yang unik dan wajib coba, namanya sate telur.  Ini adalah hidangan sate yang terbuat dari kulit daging ayam dan olahan telur ayam. Ada dua pilihan,  sate kulit daging ayam dengan potongan telur dadar rebus dan sate kulit daging ayam dengan telur muda. Per tusuknya, sate ini diganjar Rp2000.

Fast Track

Pondok Sate Asli Pak H. Heri
Jln. Agus salim, Jakarta Pusat
021-314-0246

 

Bakmi Kacamata Wijaya

Satu lagi Jajanan “siaga 24 jam” yang bisa Anda sambangi, Bakmi Kacamata Wijaya. Pamornya telah menyebar ke seluruh Jakarta, sampai-sampai Bakmi Kacamata telah memiliki dua outlet sebelumnya, yaitu Pluit dan Kelapa Gading. Soal kelezatan tak perlu lagi dipertanyakan. Dengan menu andalan Bakmi Spesial yang terdiri dari mie kuning tipis, Siobak (babi panggang) Chasio (babi garing dengan bumbu madu )juga taburan daun bawang yang membuat Anda teringat selalu akan rasanya. Bukan seperti tempat lain yang membanggakan kerenyahan Chasio Madu-nya, tapi ternyata melempem, restoran yang  satu ini tak perlu lagi diragukan! Selain bakmi, Anda pun bisa menikmati menu bubur semacam Bubur Telur Pithan, Bubur Chasio Siobak, ataupun polos,  Nasi Hainam, juga aneka dim sum seperti Lo Mai Gai, Tim kaki Ayam, Hakau, Siomay juga Bakpao. Lapar sering menyerang di tengah malam, langsung saja ngebut ke Kaca Mata!


Fast Track

Grand Wijaya Center Blok C/4 Kebayoran Baru
021-7235228-30
Harga Bakmi Spesial Rp. 30.000


Martabak ala RM. Indo Gaya Rasa

Bohong jika Anda yang mengidap insomnia tidak pernah membidik kudapan jenis martabak sebagai pengisi perut saat dini hari. Fatmawati memiliki  sederet penjual martabak, salah satunya adalah RM. Indo Gaya Rasa yang buka 24 jam. Anda bisa menikmati jenis martabak manis (Loyang besar dan kecil) maupun martabak telor. Martabak manisnya sangat variatif untuk isian, ada durian (yang menjadi favorit), kacang mede, blueberry, nangka, juga pisang. Namun kali ini, kami memilih isi jagung manis dimana jagung kaleng dicampur dengan taburan keju dan susu pastinya. Rasanya begitu creamy dari margarinnya yang berlimpah. Kulitnya garing dan masih lembut meskipun didiamkan sampai pagi. Berbicara tentang kulit, selain martabak di sini pun menyediakan Tipker atau yang dikenal dengan martabak tipis kering. Sementara untuk martabak telurnya, Anda bisa memilih telur ayam juga bebek.  Di sini, Anda bisa merasakan  isian daging kornet ataupun ayam jamur. Kreatif, kan?  Oh ya, selain martabak rumah makan ini juga menjajakan aneka chinese food dan seafood, lho.


Fast Track

RM. Indo Gaya Rasa

Jl. RS. Fatmawati no.20 Cipete Jakarta Selatan
021- 7590040
Rp. 20.000 – Rp. 71.000

 

 Mie Kadut Asli

Kalau Anda belum kenal atau bahkan belum pernah mendengar namanya, berarti saat berada di daerah Hayam Wuruk, wajib hukumnya bagi Anda mampir ke Mie Kadut Asli! Mie Babi. Itulah menu yang selalu kami pesan, tepatnya Mie Babi Polos. Tersedia dalam 2 pilihan, Mie Babi Polos dan Campur (baca: dengan ayam), variasi lain yang tak kalah digemarinya adalah Bakmi Suikiaw. Bentuk mie yang ramping, liat, dan sedikit oily langsung bersahabat baik dengan lidah kami. Begitu juga dengan pendampingnya, Babi Goreng Kering yang tak kalah fantastis! The secret ingredient-nya ternyata campuran telur bebek pada bakminya. Jujur, saking tak ada saingannya, tampaknya kami pun tak berhasil menemukan kata untuk menggambarkannya!

Fast Track
Jln. Hayam Wurk No.78C, Jakarta Pusat
Telepon: (021) 6697276
Waktu operasi: 18.00–03.00  

 

Bubur Ayam Sukabumi

Kedai bubur yang satu ini sebenarnya sudah mulai menjajakan sajiannya sejak 1989. Saat itu, jualannya dengan gerobak. Nah, berkat ketenaran yang diperoleh, pada sekitar 1990, si pemilik Bubur Ayam Sukabumi ini memilih untuk berjualan dalam kedai tetap. Lokasi kedainya ada di Jln. Tebet Dalam II No. 42. Meski kedai kecil yang hanya mampu menampung kurang lebih 20–25 orang, kedai Bubur Ayam Sukabumi ini tetap ramai dikunjung orang.  Apa rahasianya? Bubur Ayam Sukabumi punya keistimewaan dibanding kedai-kedai bubur ayam lainnya. Kaldunya ayamnya begitu gurih dan khas bercampur dengan bubur. Porsinya buburnya juga tak main-main. Tambah nikmat, sajian bubur yang disuguhkan Bubur Ayam Sukabumi ini lengkap dengan suwiran ayam, topping cakwe, tongcay, daun seledri, dan bawang goreng. Nah yang paling jempol, untuk menikmati bubur ini tidak perlu dalam-dalam merogoh dompet. Hanya dengan Rp6.500, Anda dapat menikmati bubur polos (biasa), sedangkan untuk yang spesial Rp8000 (plus kuning telur). Tidak hanya bubur, sebagai pelengkap santap, di kedai ini juga tersedia menu chinese food, seafood, dan soto bogor. Plus lain tempat ini adalah buka 24 jam. Jadi, untuk Anda yang kelaparan di tengah malam atau berniat mengudap sepulang party, Bubur Ayam Sukabumi bisa jadi pilihan pas.

Fast Track
Jln. Tebet Dalam II No. 42
Telp.: (021) 831 2257
Harga: Rp7.000–Rp23.000 (Makanan), Rp4.000-Rp7.000 (Minuman)
Jam Buka: 24 Jam

 

Bakmi Ayam Lili

Beroperasi sejak 10 tahun yang lalu, kedai ini menyajikan bakmi tradisional dari suku Kong Hoe di China. Masyarakat suku ini kabarnya memang terkenal ahli dalam bidang masak-memasak. Nah, menu yang patut dicicip dan menjadi alasan bertandang ke sini adalah Bakmi Suikiaw. Menurut pemiliknya, menu spesial ini yang kerap dipesan pelanggan setia. Bakminya unik. Meski bertekstur kecil dan agak kering tetap enak disantap walau tanpa kuah. Sementara itu, suikiaw-nya yang mengandung babi begitu gurih dan lembut sejak gigitan pertama! Oh ya, jangan lupa untuk menyantap pangsit goreng yang tersedia di setiap meja sebagai hidangan pendamping. Meski di kedai sederhana, menu yang disaji barusan punya yang tidak kalah enak dengan restoran terkemuka. Istimewanya, semua sajian di sini dibuat sediri oleh pemilik kedai. Masih soal menu, ada satu menu unik lainnya yang patut dijajal. Namanya Bakmi Ayam 'Jumbo'. Siapkan perut Anda. Sesuai namanya, menu bakmi yang ini benar-benar disuguhkan dalam porsi yang banyak dan melimpah. Menu ini sangat tepat untuk Anda yang kelaparan dan butuh porsi makanan yang banyak. Selamat mencoba!

Fast Track
Jln. Tanjung Duren Barat I/361
Telp.: 021-9889 1138, 0816 166 1138 (bisa delivery)
pkl. 06.30–04.00 (setiap hari)
Rp9.000–Rp24.000 (Bakmi)

 

Lontong Sayur Medan Pasar Ramai

Lontong Sayur Medan Pasar Ramai terkenal akan sayurnya yang terdiri dari sayur seperti lodeh lengkap dengan wortel, kentang, terong hijau, ebi, nangka, Uniknya, lontong sayur Medan menggunakan tauco sebagai kuahnya. Pendampingnya adalah keripik kentang, tempe kering, sambal goreng udang petai serta sambal yang aduhai, serta taburan serundeng kelapa. Bukan cuma lontong sayurnya yang jempolan di sini.  Anda bisa juga menemui nasi sayur, nasi kucing dengan beragam lauk tak kalah lekker . Mulai dari sate kerang, ayam gulai, rendang daging sapi, ikan pari, rolade daging telur asin, rendang jengkol (yang ini luar biasa) cumi asin, cumi balado, ayam sambal ijo. Diakui sang pemilik tempat ini telah bertahan selama 30 tahun. Dulu memang ada tiga pedagang yang menjual jenis makanan tersebut, namun dua lainnya tutup.

Fast Track
Jln. Mangga Besar Raya, Olimo, Jakarta Barat
Harga per porsi Rp16.000
Buka: 07.00 – 03.30 (makanan lebih lengkap sore hari)

 

Warung Mbah Roso

Tepat di seberang Tip Top Rawamangun yang legendaris, area menemukan sebuah warung makan yang buka 24 jam. Namanya Warung Mbah Roso, berdiri menumpang di pelataran restoran Ikan Bakar Banyuwangi. Tak hanya menyajikan makanan berat seperti Ketupat Sayur, Nasi Pecel, Soto Semarang, dan Nasi Goreng, kedai ini menyajikan makanan ringan. Pisang Goreng Cokelat Keju dan Tempe Mendoan adalah beberapa yang bisa dipilih. Ragam minuman juga tersedia disini, bukan hanya teh manis atau air jeruk. Jika kebanyakan penjaja makanan kurang memperhatikan nilai estetika, tidak begitu dengan yang satu ini. Ketupat Sayur hadir di piring lebar dengan penyajian yang lumayan cantik lengkap dengan segala ‘penyemarak’-nya. Daging, ayam,  telur, dan guyuran kuah santan yang tidak berlebihan. Buka 24 jam, sajian enak, beragam, serta harga terjangkau, itu jadi alasan Warung Mbah Roso ini ramai pengunjung.

Fast Track
Jln. Balai Pustaka Raya (daerah seberang Tip-Top Rawamangun)
Buka 24 Jam
Range Harga: Rp2.000—Rp15.000

 

Seafood Kali Unggul

Berlokasi di kawasan yang sudah kepalang tenar sebagai sentra jajanan, Senopati. Nah, Seafood Kali Unggul juga sudah kepalang kenamaan  menjadi tujuan menikmati hidangan laut yang enak dan tentunya murah meriah. Saking tenarnya, tempat ini ramai saat afterhours. Hitung-hitung bersantap menjelang gelap dan menunggu reda kemacetan. Soal suguhan, kedai seafood ini menyediakan beragam menu khas kedai seafood. Dari ikan, udang, kepiting, hingga cah kangkung. Pun demikian, kedai yang berdiri sejak 20 tahun lebih ini manwarkan rasa istimewa. Coba santap Kepiting Saus Tiram. Saus tiramnya terasa pas. Ukuran kepitingnya lumayan besar.  Oh ya, yang tak boleh ketinggalan dicicip yaitu cumi goreng tepung. Gurih dan berporsi besar.

Fast Track
Seafood Kali Unggul
Jln. Rajasa/Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(021) 735 9977, 0816 1996 744
15.30–01.00 (Setiap Hari)
Rp3.500–Rp30.000 (Makanan), Rp1.000–Rp9.000 (Minuman)

 

Si Sea Food Jempolan

Dengan citarasa, porsi, dan harga yang ditawarkan, bisa jadi wajib hukumnya untuk bertandang dan mencicip di Sea Food 68 X Malang yang berlokasi di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur. Kata sang koki, sajian yang menjadi jagoan mereka adalah menu Saus Padang. Dan benar saja. Udang dan cumi dengan saus  itu nyatanya lekker! Selain menu rekomendasi sang koki, 'menu gacoan' lain adalah Kepiting Asam Manis. Benar-benar membuat lidah  termanjakan. Sausnya manis, pedas, dan lezat.

Jika Anda memiliki alergi terhadap hidangan laut, jangan sedih. Di kiri kedai ini terdapat warung tenda yang menjajakan menu ayam, bebek, tempe, tahu, ati-ampela dengan lalapan, juga sambal menggiurkan. Di sebelah kanan kedai seafood ini juga ada kedai yang menjaja ragam es olahan ala Sinar Garut yang sudah tidak perlu diragukan lagi ke-lezis-annya. Jadi, siapa bilang kawasan timur Jakarta kalah eksis dalam kulinernya?

Fast Track

Jln. Raya Kali Malang, Jakarta Timur (ada di sebelah Bakmi Golek)
Buka: 16.00 – 00.00 WIB
Harga: Rp7.000 – Rp50.000

 

Nasi Goreng Kebuli Apjay

Penjaja makanan kaki lima ini sebenarnya bernama Bakmi Jogja Apjay. Tempatnya di areal parkiran Apotik Jaya, Panglima Polim dan telah berjualan sejak tahun 1997.  Kunci sedap masakan disini ada pada  penggunaan kompor tungku yang melahirkan aroma khas. Nasi Goreng Kebuli kambing ternyata paduan nasi goreng Jawa dengan cita rasa rempah begitu terasa. Lezat. Mie Godhog Jogja-nya juga oke. Mienya lebar, ditambah irisan kol, daun bawang, telor awut, tomat, juga irisan ayam. Kaldunya gurih.

Fast Track
Pangpol IX depan Apotik Jaya dan Cipete raya no. 3
Harga: Rp. 15.000 – Rp. 18.000

 

Nasi Uduk Bebek Balado Pak Bewok

Lokasinya yang nyempildi dekat jembatan membuat warung yang satu ini sulit ditemukan apalagi jika Anda mencarinya dalam keadaan ngantuk dan lapar. Sejak 8 tahun yang lalu, Pak Bewok sang pemilik dengan setia melayani mereka yang kelaparan menjelang pagi buta! Kacang teri, kentang balado, balado telur, balado jengkol, bebek semur dan bang alado, dan berbagai sate goreng seperti usus dan hati juga ada disana. Menu bebek justru baru ada sejak setahun yang lalu dan kini menjadi promadona. Rasanya? empuk dan gurih asal Anda langsung  menggigitnya. Untuk menu dan kesetiaannya menunggu para tamu yang kelaparan hingga fajar menyingsing, warung yang satu ini patut diacungi jempol!

Fast Track
Jln Utan Kayu Raya (belakang LIA Pramuka)
Telepon: (021) 0812 184 73 434
Jam buka: 18.00—05.00
Range harga: mulai dari Rp7.000

 

Es Campur Sinar Garut

Memang, Es Campur Sinar Garut memiliki banyak cabang, tapi  yang terletak di Jln. Taman Margasatwa Raya adalah yang tersegar dan terlengkap! Karena, warung tenda yang mulai buka menjelang magrib ini selalu habis jualannya setiap hari sehingga otomatis, bahan-bahannya pun selalu segar. Menu yang wajib dicicip adalah Es Campur Mocca yang menggunakan sirup Tjampolay! Sensasi kesegaran yang tiada tara.  Selain Es Campur, Es Teler, Es Shanghai, Es Alpukat, Es Jeruk Kelapa di kedai ini juga ak kalah mengugah. Sebelum menikmati segala olahan es  tersebut, pesanlah juga Bubur Ayam Cheese Stick! Jangan lupa minta ekstra cheese stick. Berdampingan  dengan Es Campur Sinar Garut berjejer aneka kedai dengan berbagai hidangan berselera.


Fast track
Jln. Taman Margasatwa Raya dekat Becak Café
Buka sejak 18.00—03.00 (sampai sehabisnya)
Range harga: mulai dari Rp7.000 

 

Es Pluit Acen

Malam semakin larut, tapi tiba-tiba Anda diserang keinginan yang teramat sangat untuk menikmati hidangan es-essegar? Kenapa tidak melipir ke daerah Utara Jakarta tepatnya ke daerah Pluit. Meskipun jauh, tapi Es Pluit Acen akan membuat ‘pengorbanan’ Anda tidak sia-sia! Tiba disana, Anda akan disambut dengan jelly rupa warna, selasih, kolang-kaling, buah-buahan segar, sampai cendolnya membuat kami rasanya ingin memesan semua variasi es di sini. Semuanya terlihat menggiurkan. Coba pesan Es Super Kombinasi; terdiri dari berbagai jenis jelly. Mulai dari yang berbentuk alfabet, sampai potongan jelly berlapis-lapis dengan segala warna, selasih yang gendut-gendut serta crunchy, buah peach, dan longan.  Porsinya bikin terkejut. Benar-benar one big bowl Es Super! Parutan es serut yang menggunung, dipadu isinya yang tidak basa-basi, tanpa susu, dan rasa manis air gula yang pas itu benar-benar wow!  Jadi, kalau ke Pluit, wajib hukumnya memanjakan kerongkongan dan lidah Anda di tempat yang setiap akhir pekannya, sebanyak 400 porsi selalu kandas dihajar pengunjung.

Fast Track
Jln. Taman Kencana 1 No. 01 (Simpang Sakti Raya), Pluit, Jakarta Utara (Arah ke Pantai Indah Kapuk)
Telepon: 0816 778 598
Range Harga Rp15.000–Rp24.000 

 

Bakso Akian dan Bakso Rusuk Total Solo

Kawasan Olimo memang terkenal dengan aneka kuliner dan jajanan tengah malam.Salah satu yang wajib disinggah adalah Bakso Rusuk Total khas Solo. Di kedainya yang selalu ramai ini, Bakso Rusuk Total menyajikan dua jenis hidangan bakso: bakso halus dan bakso rusuk yang teksturnya mirip bakso urat. Keduanya sama garing dan tidak eneg. Setelah dingin pun lemak tidak mengendap di langit-langit mulut. Gurihnya bakso rusuk tak terkalahkan. Berpusatnya di Wonogiri, kedai bakso ini memiliki empat cabang di Jakarta, termasuk di Olimo. Tak cuma Bakso Rusuk, Anda pun bisa memesan mie ayam atau tahu isi. Soal minuman, Anda bisa memilih es kelapa muda, es campur, kelapa muda bulat, atau es jeruk. Karena letaknya berdekatan dengan beberapa club malam, banyak dari pengunjungnya yang mengenyangkan perut disini. Selain bakso khas Solo, di kawasan ini juga ada Bakso Akian yang citarasanya khas oriental dengan bawang putih goreng ulek. Jenisnya ada dua macam, bakso daging (rasanya lebih manis) dan ikan (tidak amis juga gurih) yang sangat garing.  Kabarnya kedai bakso ini sudah buka sejak 1974, saat itu masih 'ngemper'. Baru pada1990pindahkan ke toko sekarang.


Fast Track

Jl. Hayam Wuruk no. 120K ujung lampu merah Olimo Telp. 6290769
Rp. 8.000 – Rp. 18.000
Buka: 09.30 – 04.00
Bakso Akian: Harga Rp. 30.000 

 

Warung Makan Kalasey

Untuk urusan masakan khas nusantara, wajib rasanya melipir ke kawasan Hayam Wuruk, tepatnya di salah satu bangunan ruko di Jalan Hayam Wuruk No. 99. Menempati teras depan toko keramik, di sini Anda akan bertemu dengan kedai bernama Kalasey.

Kedai yang sudah ada selama kurang lebih 8 tahunan ini menyediakan ragam sajian masakah khas Manado. Nasi dan lauk pauknya, bubur, hingga cemilan. Untuk suguhan nasi dan lauk, kedai ini menyediakan sajian Bebek Rica, Ayam Rica, dan Ikan Cakalang. Khusus Jumat-Sabtu, tersedia menu nasi kuning dengan pendamping telur, abon, sambal, dan soun. Pilihan menu tersebut bisa dinikmati dengan harga berkisar Rp15.000-Rp23.000 saja.

Untuk menu Bubur Manado, disini Anda bisa menikmatinya hanya dengan Rp 18.000 per piringnya. Porsinya lumayan banyak.  Rasa gurih dengan aroma kemangi yang dominan menjadi kekhasan sajian bubur dengan campuran potongan ubi, jagung, bayam merah, kangkung, abon sapi (harusnya ikan), dan tumis bawang merah.

Soal pilihan kudapan ringan, kedai ini punya sajian pisang goreng yang ditemani cocolan ulek sambal terasi yang digoreng. Unik. Pisang yang dipilih adalah pisang tanduk yang dipotong dadu dan digoreng dengan tepung. Sebagai penyempurna, jangan lupakan menyeruput teh manis hangat dengan sirup vanila sebagai pengganti gula.  Ini jadi cirikhas hidangan Manado juga, lho.        


Fast Track
Kalasey Masakan Manado
Jln. Hayam Wuruk No. 99, Jakarta Barat
Telp.: 081574739066 (pemesanan)
Harga: Rp3000-Rp23.000 (minuman-makanan)
Buka: pkl. 19.00-04.00 WIB
Minggu tutup
 

 

Bubur Sapo Bun Ong

Terpaksa ‘berkeliaran’ di daerah Jakarta Barat hingga tengah malam dan lapar? Nah, jika Anda mencari makanan lezat untuk menuntaskan keroncongan, tak salah kiranya untuk mampir ke kedai Bubur Sapo Bun Ong. Suguhan sederhana dengan rasa yang mantap. Selain bubur, disini sedia Nasi Hainam, Nasi Tim Ayam, dan kembang tahu yang hangat dan lezat. Anda yang anti babi, jangan lupa bertanya sebelum memesan.

Fast Track
Jln. Panjang Ruko Green Garden Blok i9/22-23 (Deretan Mcd), Jakarta Barat
Telepon: (021) 581 5230
Buka: Setiap Hari 24 Jam
Harga: Rp 12.000–Rp150.000