Ulasan kuliner bertajuk Cheap Eats memang sudah menjadi tugas area setiap tahunnya. Setiap tahunnya juga kami harus turun ke jalan, mengakrabi kemacetan jalan-jalan ibukota bermodal peta kuliner dan rujukan teman via bbm, twitter,

Ini bukan tugas mudah lan enteng! Selain itu, tugas merangkum kekayaan khazanah kuliner murah-enak di Jakarta ini punya beban moral yang sangat berat. Kenapa? Karena kami harus merekomendasikan yang terbaik untuk Anda. Kami harus menimbang kualitas sajian, rasa, dan harga yang benar-benar sesuai dengan tajuk cheap eats. 

Namun, di balik semua kelelahan tersebut, kami boleh berbangga. Sejak pertama kali hadir, tagline Cheap Eats menjadi lekat dengan kiprah kami sebagai Guide to Everything Jakarta, utamanya dalam wacana kuliner. Di samping itu, selalu saja ada ulasan seru soal jajanan urban yang sudah menjadi lifestyle buat the Jakartans. Rekomendasi titik-titik jajanan baru, kedai baru, menu baru, rasa baru, sampai keunikan-keunikan baru yang muncul meramaikan jagat kuliner Jakarta.

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini kami sajikan hasil petuangan lidah dan perut kami menyantap keunikan kuliner di seantero Jakarta. Melintasi padatnya barat Jakarta. Menerjangi rawannya utara Jakarta. Mengarungi mewahnya pusat Jakarta. Menapaki gemerlapnya selatan Jakarta. Menjelajahi dan ajaibnya timur Jakarta. Semuanya demi memperluas peta jajahan kuliner Anda di Jakarta dengan sajian cheap eats.

So, kami datang, kami makan, dan kami senang. Jakarta, mari makan!

 

Jakarta Selatan

Kami menemukan fakta unik pada sajian kuliner cheap eats di Jakarta Selatan, yaitu updated dan peka trend. Benar begitu? Coba telusur kawasan Fatmawati, Kebayoran, dan Tebet untuk bukti.

Sushi Miya8i
Makin banyak pilihan tempat menyantap sushi dengan harga yang bersahabat. Sushi Miya8i salah satunya. Meski baru dibuka 3 Oktober lalu, tempat ini sempat ramai jadi perbincangan di Twitter. Dimiliki lima orang artis, Sushi Miya8i menyajikan beberapa menu sushi fusion dengan nama unik, mengambil dari nama depan pemiliknya. Misalnya Teukuro Hot Unagi Roll yang diambil dari nama Teuku Wisnu atau Tomasiro Dragon Roll, mengambil nama depan Thomas Nawilis. Sushi Miya8i punya banyak menu andalan, kabarnya Ori Baked California Roll dan Teukuro Hot Unagi Roll lah yang paling banyak dicari orang. Tak hanya sushi, disini tersaji Sashimi dan hidangan utama yang tak kalah menggelitik lidah, dari Beef Teriyaki, Beef Yakiniku hingga Chicken Katsu Curry.

Sushi Miya8i
Jl. Tebet raya No.58B
Buka: 11.00-23.00 (Minggu-Kamis), 11.00-02.00 (Jum’at & Sabtu)
Telp: 021-83792877
Twitter: @sushi_miya8i

Pecel Lele Angel Lesehan
Walau pecel lele bukanlah tipe makanan yang baru, namun Anda wajib mencoba pecel lele Angel lesehan. Pecel lele Angel lesehan berbeda dengan warung pecel lele yang lain, pecel lele ini hadir dalam bentuk warung ala lesehan pinggir jalan. Menu yang ditawarkan hanya pecel lele, bebek dan ayam (bakar dan goreng). Pecel lelenya terasa garing dan gurih karena digoreng  agak lama. Namun yang "nendang" adalah sambalnya. Silahkan coba dua macam sambal yang menjadi andalan, yakni sambel kacang dan sambel kemangi. Keduanya dicampur paduan rasa nasi uduk dan lalap memberikan rasa yang tak biasa. Pelayanan yang memuaskan, tempat parkir yang  luas ditambah harga terjangkau, tempat makan yang menyajikan masakan Indonesia asli ini layak jadi favorit!

Pelataran parkir Bakmi Citra. Jl. RS. Fatmawati. (Dekat dengan D-Best Fatmawati)
Telp: 081388281130
Buka: 18.00-02.00
Harga: 9.000-18.000

 

Bebek Kaleyo Tebet
Spesialis bebek ini sudah ada sejak tahun 1976, dan kawasan Tebet, dipilih jadi lokasi cabang ke-6. Tiga menu andalan: Bebek Cabe Ijo, Bebek Goreng, dan Bebek Bakar. Bebek Cabe Ijo adalah yang paling dicari orang.Ingin mencoba yang beda, coba  Bebek Bakar-nya. Istimewanya Bebek Bakar disini adalah dibakar menggunakan arang botok kelapa dengan bumbu khas Jawa. Rasanya manis dan gurih, lengkap dengan taburan kremesan. Istimewanya, disini tersedia yang sangat pedas dan dapat Anda ambil sesuka hati, dijamin makin nafsu menyantap si bebek. 

Jalan Abdul Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan
Buka: 11.00-23.00 (Tidak menerima reservasi) (Minggu tutup)
Telp: (021)-9191-9090
Harga: Mulai Rp16.000

 

Warung Mas Koko
Tempat makan yang satu ini terbilang  kecil dan sederhana dengan  empat meja yang masing-masing berisi empat kursi dan ‘dapur’ yang terletak di bagian depan. Tapi jangan salah. Bondan Winarno telah mangakui kelezatan sambal bawang di tempat ini karena 'mak nyus' pedasnya.  Sambal bawang gorengnya selain pedas juga terasa campuran kencurnya. Ayam tulang lunak yang jadi andalan disini memang jempolan: rasanya gurih dan saat digigit dagingnya terasa empuk.  Ada paket murah yang bisa jadi pilihan bersantap disini. Isinya terdiri dari ayam, lalapan, dan Teh Botol.  Selain ayam, tempat ini juga menyuguhkan paket bandeng presto yang seporsinya adalah Rp.25.000.

Jl. Dr. Saharjo 188 (Depan Hotel Harris)
Harga: Rp.15.000-Rp.25.000
Telp: 831-25555
email: kokonawi@yahoo.com


Serabi Enhaii
 Kue serabi yang sebelumnya hanya mempunyai pilihan manis atau asin kini di modifikasi dengan pilihan toping beragam rasa. Total ada 60 variasi rasa pilihan yang disediakan Serabi Enhai.  Pilihan pertama yang dicoba adalah Serabi Durian Keju. Baluran krim durian yang gurih ditambah rasa keju serta campuran susu diatas kue serabi yang lembut membuat makanan yang satu ini menjadi tak terlupakan. Coba juga Serabi Oncom Spesial, khusus yang satu ini kue serabinya dibungkus dengan adonan oncom yang gurih, terasa tasty dimulut. Untuk minuman silahkan coba Blue Sky Ice Cream, es cream bercampur sodanya memberikan sensasi rasa yang berbeda.

Jl. Akhmad Dahlan No.22 A, Kebayoran Baru
Tel: (021) 7232569 (Add to Contacts) | (021) 7393981
Buka: 06.00-23.00 (Week Days)
         06.00-24.00 (Weekends)
Harga:  9.000-16.000


Rumah Sushi
Belakangan, tempat ini jadi target makan sushi murmer baru warga Jakarta. Tempat sushi ini berkonsep warung tenda. Sejak November 2010, Achmad Ariefin, Aditya Alfarizi, Riswan Helmy TM, dan Wisnu Sumarwan memulai Rumah Sushi, dengan hanya menawarkan 3 menu; Happy Roll, Flying Bee Roll, dan Tamago Roll. Rumah Sushi yang ada di Adityawarman merupakan pindahan dari Menteng. Kini, Rumah Sushi tidak lagi hanya menawarkan 3 menu fusion sushi. Banyak ragam sushi menarik yang bisa Anda temukan, seperti bermacam menu Roll (Salmon Teriyaki Roll, Phoenix Roll, dll), bermacam menu Maki (Salmon Maki dan Tamago Maki), Flaming Nigiri, sampai macam-macam menu Special Roll; Samurai Roll, Red Demon, hingga 8 Princess Roll. Nggak perlu nabung buat makan sushi enak, itu tagline mereka. Dan, menilik harga, sushi di Rumah Sushi bolehlah dicoba.

Halaman Radio Prambors
Jl. Adityawarman No. 71, Blok M, Jakarta Selatan (Belakang Hotel Ambhara)
Buka: 17.00-23.00 (Setiap Hari)
Harga: Rp5.000-Rp69.000
Twitter: @RumahSushi

 

Bakmi Simpur
Bakmi Simpur pertama kali hadir di Lampung lalu  berekspansi ke Cirebon, Bekasi (15 tahun), Tebet (5 tahun), dan  Wolter Monginsidi yang baru buka 4 bulan. Bakmi Simpur sudah dikenal dengan Bakmi Simpur Spesial-nya. Bakmi mereka spesial; tipis dan lembut. Kuah bakminya pun berkaldu dan berasa gurih. Atau, kalau mau coba menu lain, menu Pangsit Goreng direkomendasikan oleh Susanty sang kepala restoran Bakmi Simpur cabang Kebayoran Baru.
Selamat mencoba!

Jln. Wolter Monginsidi No. 85, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp.: (021) 7264 999
Buka: 07.00-22.00


Soto Ranjau
Tempat boleh sangat sederhana, tapi warung soto ini selalu laris, terutama ketika jam makan siang. Usianya pun sudah nyaris 35 tahun. Eksistensi warung soto yang tidak bernama ini termasuk hebat untuk ukuran tempat makan kecil. Menu paling favorit adalah Soto Ranjau. Isinya, banyak ceker, kepala, dan tulang-tulang lunak ayam yang memenuhi mangkuk. Presentasi Soto Ranjau sederhana; isi soto dicampur dengan kuah kaldu bening yang gurih. Jika ingin lebih pedas atau asam, Anda tinggal mencampurkan sambal dan perahan air jeruk nipis sesuai selera. Tersedia juga mendoan dan kerupuk untuk pendamping soto. Jika tidak minat pada ceker, silakan pesan menu lain, seperti sate ayam, sate kambing, dan soto ayam. Jangan sampai lupa diri!

Plaza Melawai, Blok M, Jakarta Selatan
Buka: 09.00-18.00 (Setiap Hari)
Harga: Rp10.000/Porsi

 

Nasi Gule Gandaria
Warung ini mulai buka tengah malam hingga pukul 07.00. Menu andalannya adalah gulai berkuah kuning dengan potongan daging sapi. Rasa kuah yang disajikan panas-panas ini sangat gurih. Dagingnya juga empuk. Menjadikannya tepat disantap tengah malam. Nasi Gule Gandaria tambah nikmat disantap dengan kerupuk dan sambal. Terletak di deretan Jln. Gandaria, warung makan yang baru buka sekitar 2 tahun ini selalu ramai oleh pengunjung yang didominasi anak muda. Silakan mampir kalau tiba-tiba kelaparan tengah malam.

Jl. Gandaria Tengah III Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Seberang Grand Duta)
Buka: 24.00-07.00
Harga: 12.000

 

Jakarta Barat
Setali uang dengan Jakarta Utara, Jakarta Barat juga menawarkan sensasi petualangan lidah yang tak ada habisnya. Coba hinggapi kawasan Kedoya, Green Ville, atau Mangga Besar untuk meyakinkan.

 

Food Park Taman Greenville
Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam makanan enak. Mulai dari masakan Tiociu khas Tanjung Pinang yang sangat diminati terlihat dari antrean panjangnya. Ada juga Ronde Jahe Juara dengan isi kacang tanah giling yang melimpah. Jangan lupa untuk memesan Kuo Tie. Hidangan ini serupa dengan dumpling diisi ayam cincang, udang cincang, kucai, bawang putih goreng, plus cocolansambal khasnya. Lainnya?  Coba Ahong 88 ala Medan (babi panggang, ayam rebus, chasio garing madu, juga babi merah), Bubur & Sekba Bakmi Congsim Athek, Bakut & Sate 138, hingga aneka pukis.

Greenville raya depan Restoran Shikuzen
Harga: mulai dari Rp. 10.000


Nasi Khas Solo
Memang, sekilas tempat makan ini terlihat seperti  warung nasi tegalan jalan (warteg). Soal sajian, makanan khas Solo seperti Nasi Liwet Solo, Nasi Gudeg, Soto Kwali, Bandeng Kuah Tomat Hijau, ada disini. Dalam satu porsi mengenyangkannya, Nasi Gudeg di sini tersaji seperti di kebanyakan tempat, nasi dengan pendamping krecek, gudeg, telur, dan sambal. Soto Kwali yang disajikan juga lumayan menggugah selera.  Soal campuran daging dalam soto ini bisa disesuaikan selera, daging sapi atau ayam. Kenyang, bukan?

Khas Solo
Mangga Besar, Jakarta Barat

 

Bakmie Rio – 100% Halal
Lokasi tepatnya ada di perempatan Jalan Albasia Raya, Perumahan Taman Kedoya, Jakarta Barat. Kabarnya, Bakmie Rio ini sudah ada sejak 1990-an. Menyoal suguhan, Bakmie Rio menyediakan beberapa sajian berbahan dasar mie. Khusus bakminya, Rio menyuguhkan mie kecil-kecil dan tipis. Rasanya pas dengan kuah kaldu yang gurih dan potongan daging ayam yang manis.  Bukan hanya bakmi, Rio juga menyajikan bubur ayam, nasi tim, tahu kok, dan pangsit. Tahu Kok sendiri adalah paduan tahu dengan isi bakso ikan seperti otak-otak. Di sini, Tahu Kok yang disuguhkan menggunakan tahu sutra yang wangi dan rasanya renyah. Sajian sajian pangsitnya juga mengenyangkan, apalagi dengan isi daging ayam guling. Rasa rempah wijennya lumayan berasa.

Perumahan Taman Kedoya
Jln. Albasia Raya, Jakarta Barat
Buka: 06.00-17.00WIB
Harga: Rp14.000-Rp20.000

 

Pempek Apy Palembang
Pempek Apy  telah ada di Palembang sejak tahun 1989 dan berekspansi pada 1995. Di tempat yang telah memiliki tiga cabang ini, Anda bisa menikmati aneka pempek. Keunggulannya, Pempek Apy sangat terasa ikannya namun tidak meninggalkan rasa amis, teksturnya pun garing dan tidak alot. Kuahnya juga tidak pahit, asam, manis juga pedasnya pas. Sayang, saat kami datang ada’an telah habis, padahal di situlah titik ukur penjaja pempek enak. Selain itu ada Tekwan, Tahu Celor, dan aneka es seperti Es Kacang Merah juga Es Campur. Es Kacang Merah-nya wajib coba. Tak hanya kacang merah yang terasa legit, kuahnya yang dibuat dari santan kanil (santan kental) kemudian disiram susu cokelat kental sangat menggigit. So, jangan ragu untuk mampir.

Suryawijaya Utama Raya no. 6A/B, Greenville
Harga: Rp. 5.000 – Rp. 25.000
Buka: 10.00 – 19.00

 

Nasi Gandul Ibu Endang
Sudah pernah mencoba Nasi Gandul olahan Ibu Endang ini? Sajian ini mirip dengan rawon bedanya, warna kuah cokelat muda dan encer bukannya hitam yang berasal dari kluwek. Rasa kuahnya gurih dan manis didapat dari kecap asal Pati. Garang Asem-nya tak kalah yahud. Dikemas dalam bungkusan daun pisang berisikan sepotong ayam dibanjiri kuah bening dengan sensasi rasa asam juga pedas. Rasa asam didapat dari timbunan belimbing wuluh dan tomat hijau dan pedas dari cabe rawit utuh. Soto Kemirinya pun boleh dicoba. Kuahnya yang terlihat begitu kuning juga kental berasal dari banyaknya kemiri. Jadi bisa dipastikan pertama kali menyendok, sensasi kemiri lah yang menyeruak diikuti dengan aroma daun jeruk juga bawang putih cincang goreng. Nah, untuk pelepas dahaga, coba deh Sirup Kawista yang terbuat dari buah kawis yang rasanya cukup unik seperti sarsaparilla.

Jl. Pesanggrahan no. 14B Meruya Ilir, Kebon Jeruk, Jakarta Barat Telp. 98122189
Harga: Rp. 15.000 – Rp. 22.000
Buka: 09.00 – 23.00

 

Tahu Pong Hayam Wuruk
Meski cuma kedai kaki lima,  sajian tahu pong di sini jadi cemilan kesukaan Presiden SBY. Sesuai namanya,Tahu Pong Hayam Wuruk yang  ada sejak 1986 ini menyajikan beragam kudapan tahu khas Semarang, mulai dari Tahu Pong Gimbal, Tahu Pong Emplek, sampai lumpia. Semuanya enak! Tahu Pong-nya renyah dan garing kala digigit. Makin sempurna bila dicocol bumbu petis dengan racikan kecap dan bawang putih, sambal rawit hijau, dan acar lobak. Lumpianya berisi rebung asli dari Semarang dengan aroma tidak menyengat, garing, gurih, pas dengan saus sagu.  Sajian Tahu Emplek dan Udang Gimbal-nya tak kalah enak. Udangnya besar dan banyak. Memanjakan selera, pemilik kedai ini juga menyediakan Ayam Goreng Kalasan, Bandeng Presto, dan Soto Ayam Kudus. Semuanya lezat.

Jln. Hayam Wuruk, Jakarta Barat (Seberang Carrefour Duta Merlin, kira-kira 10 meter sebelum Halte Harmoni arah Monas).
Telp: 0818740893 atau 08881122013
Buka: 17.30 WIB – 22.00 WIB
Harga: Rp7.500—Rp15.000


Seafood Dapur Aladdin
Menunya lengkap, mulai dari ala carte Chinese food, seafood, steak  Soup Tom Yam, Enoki Goreng Tepung, Nasi Goreng Kerang Hijau, juga Ayam Saos Mangga sampai nasi paket. Soup Tom Yam-nya sendiri lengkap. Mulai dari cumi, udang, ayam, jamur, juga kerang hijau. Kuahnya tasty. Rasa pedasnya menonjol diiringi dengan aroma sereh, juga daun jeruk yang meredam bau amis. Nasi goreng kerang hijau mirip dengan nasi kebuli. Aroma jinten dan cengkehnya terasa. Kerangnya menambah sensasi rasa unik. Ayam saus menteganyatidak boleh dilewatkan. Potongan ayam tepung goreng renyah dimasak dengan bumbu sedikit kental seperti asam manis berikut bawang Bombay, irisan cabai dan buah mangga.

Jl. Tawakal XI no. 35 Grogol Jakarta Barat Telp. 98291114 – 70479998 dan Taman Daan Mogot Raya no. 14 belakang Mal Ciputra
Harga: Rp. 10.000 – Rp. 33.500
Buka: 10.00 – 21.30


Kwetiaw Sapi Kelapa Gading
Beragam makanan khas Kalimantan, semisal kwetiaw, mie dan bihun ala Chinese food dijajakan disini. Favoritnya adalah Kwetiaw Sapi Goreng dan Kwetiaw Sapi Siram. Kwetiaw Sapi berisi tauge besar, daging sapi, babat, sawi dan taburan bawang putih cincang goreng. Padanan sambalnya, acar rawit hijau. Kwetiaw Sapi Siram sangat nikmat dengan kuah yang dikentalkan dengan maizena. Keseluruhan citarasa hidangan di sini gurih, bukan manis bila dibandingkan dengan kwetiaw goreng Surabaya atau Chinese. Silakan mencoba!

Jl. Kembang Kerep sebelum fly over Jakarta Barat
Rp. 22.000 – Rp. 24.000
Buka 08.00 – 23.30

 

Jakarta Timur
Jakarta Timur menyimpan sensani khazanah kuliner 'cheap eats' yang kaya.  Kebanyakan memang terkumpul di beberapa pusat keramaian, seperti Condet, Halim, Pondok Bambu, dan Cipinang.


Ayam Bakar Kondangan

Yang unik dari warung makan ini adalah jam bukanya yang tak menentu,  tergantung pesanan. Ayam bakar kondangan lebih banyak menerima pesanan tapi tetap melayani apabila ada yang ingin bersantap di warung tersebut. Menggunakan ayam pejantan seberat 9 ons, rasanya selain gurih, juga memiliki perpaduan antara rasa manis dan sedikit pedas, tulangnya pun lunak karena memasaknya dengan cara dikukus dan terdapat ‘bumbu rahasia’. Penyajiannya dilengkapi dengan serundeng, bikun, kering tempe, telur rolade dengan nasi ulam disertai sambalnya yang manis dan enak. Tampilannya yang menarik dengan rasanya yang lezat serta harga yang terjangkau, Anda wajib untuk mencobanya.


Jln. Batu Ampar 1, Condet, Jakarta Timur.
Harga: Rp12.000/porsi, Rp.32.000/ekor.

 

Burger Batok
Nama dan ornamen dari burger kreasi anak bangsa ini membuat area penasaran. Jadi, sebenernya seperti apa rasanya yang digembar-gemborkan sudah dilokalikasi? Ternyata, kol yang dijadikan sebagai salah satu campuran adalah salah satu unsur yang membuat burger ini terasa taste lokalnya! Lucunya, seperti namanya, burger ini disajikan di batok kelapa.  Bukan hanya burger yang bisa dinikmati disitu. Ada Mbak Spaghetti, Bulek Kentang, Pakde Hotdog, Mie Ningrat, hingga Nasi Bromo. Itu baru makanan yang memiliki nama unik dan rasa yang tak kalah unik. Lalu, bagaimana dengan minumannya? Teh Mbaurekso (Teh Poci), Bir Pletok, Teh Jeniper (Jeruk Nipis Peres), Banyu Biru, Kopi Pringgodai, hingga Susu Punakawan. Sangat Indonesia sekali, kan?

Jln.Pahlawan Revolusi No. 5 (Pelataran Obe Factory Outlet), Depan Giant Pondok Bambu, Jakarta Timur
Telp. (021) 93258401
Harg:  mulai Rp13.000
www.burgerbatok.com

 

Daimen
Daimen atau Kedai Ramen  diboyong Revo, sang pemilik, dari Jakarta ke Bandung. Bingung pilih yang mana? Shoyu Ramen dan Curry Ramen adalah jagoannya! Untuk Anda yang menyukai Ramen dengan kuah segar, Shoyu Ramen yang dilengkapi dengan daging, bayam Jepang, wortel, telur, dan bakso ikan dijamin akan meluncur smoothly ke perut dan ditutup dengan senyuman manis. Sementara, untuk Anda yang menyukai Ramen yang lebih kaya rasa, Curry Ramen lah yang harus dicoba. Pesanlah level kepedasan (1-4) sesuai selera. Untuk appetizer, Anda dapat memesan Chicken Mozarella, Yakitori, Gyoza, dan Mixed Vegetables Tempura.
Daimen yang dapat menampung hingga 60 orang di tempatnya yang semi outdoor ini akan membuat Anda dan kawan-kawan betah berlama-lama disini.

Jln. Jatiwaringin Raya no. 12a, Jakarta Timur
Tel: (021) 862 7538
Jam buka: 11.00-22.00
Twitter: @kedairamen

 

Sate Padang Ajo Sikumbang
Sate Padang Ajo Sikumbang ini diisi oleh daging,  usus, lidah dan jantung yang empuk, disiram dengan kuah yang terbuat dari bumbu yang berasal langsung dari Padang. Perpaduan daging, usus, lidah dan jantung yang empuk (direbus selama 3 jam), kuah kental yang gurih namun tidak begitu pedas, yang membuat banyak pembeli datang kembali ke sini. Tidak heran dalam 1 hari kurang lebih laku 1700 tusuk. Sate Padang Ajo Sikumbang ini berdiri sejak 1997 dan sudah memiliki 4 cabang yang semuanya berada di Jakarta Timur (Cipinang Muara, Jatiwaringn, Pondok Gede dan Rawamangun sendiri). Akhir kata, tidak ada salahnya bagi Anda penikmat makanan untuk mampir ke sini dan mencobanya langsung.

Sate Padang Ajo Sikumbang. Jalan Paus (belakang Arion Mall). Jam buka:  Pkl.17.00-Pkl.20.00 WIB. Harga: Rp.12.000/porsi (10 tusuk)

 

Tahu Campur Lamongan
Konon mantan Presiden RI (alm) Gus Dur semasa hidupnya sering mampir ke Tahu Lamongan ini.Tahu campur berisikan tahu, mie kuning, singkong yang diparut kemudian direbus, selada, urat dan disajikan dengan kuah dari bumbu udang dan krupuk. Uniknya, parutan singkong menimbulkan sensai berbeda dari tahu campur kebanyakan. Kelebihan lainnya, Tahu Campur di Jalan Paus ini adalah rasa petisnya yang begitu terasa dan tidak pelit akan bumbu, uratnya pun empuk, rasanya campuran antara manis dan pedas. Harganya pun sangat terjangkau yaitu Rp.10.000/porsi untuk tahu campur maupun tahu telor. Tidak heran dengan harga yang terjangkau dan rasa yang memuaskan dalam 1 hari Tahu Campur Lamongan dapat laku sekitar 90 porsi. Penasaran?


Tahu Campur Lamongan.
Jln. Paus, Rawamangun, Jakarta Timur (belakang Arion Mall)
Jam Buka: Pukul 17.30- 24.00 WIB
Harga: Rp10.000/porsi
Telepon: 0821-144-81111/0838-1474-787


Kwetiauw Sapi XMalang De’One
Memang, rumah makan yang awalnya hanya menjual kwetiauw dan segala olahan mie serta bihun ini berada di bawah payung Kwetiauw Aciap. Tapi, kini mereka telah berdiri sendiri! Istimewanya lagi, menu yang ada semakin semarak dengan berbagai variasi menu Chinese Food. Lain dengan kwetiauw yang biasanya digoreng garing, disini justru kwetiauw gorengnya memiliki wujud yang agak basah.  Untuk tim penggembira-nya, tak terlalu berbeda, daging sapi, telur, kol, sawi hijau, dan toge. Mau lebih segar? Jangan lupa saat meracik, gunakan acar cabe rawit dan cuka khususnya!

Jln. Kalimalang Kav. 20B, Jakarta Timur (sebelah BRI Polsek Duren Sawit)
Telepon: (0210 860 2584

 

RM Kangen Kampung
 Sejalan dengan nama tempatnya, makanan yang ada disini seperti Kupat Tahu, Bakmi Godhog, Bakmi Goreng, hingga Wedang Ronde pun jadi mengingatkan akan kampung halaman. Begitu juga nuansa dari rumah makannya. Meski tampak seperti kebanyakan mie, ternyata mie dari Bakmie Godhog-nya khusus didatangkan dari Kutorojo, Pekalongan. Tak hanya mie, tapi juga kecapnya. Ingin makanan yang lebih ringan, pesanlah Kupat Tahu. Rasanya yang segar karena campuran cuka.  Bedanya dengan Kupat Tahu lain, RM Kangen Kampung menggunakan toge kecil yang biasa digunakan sebagai campuran Rawon. Bukan hanya sensasi renyah yang berhasil dihadirkan si toge, tapi juga segar! Tiba-tiba rindu dengan masakan kampung halaman? Monggo mampir!


Jln. Jend. Pol. Soekamto—Malaka IV/40, Perumnas Klender, Jakarta Timur (Seberang Pintu Air BKT) 

 

Ayam Lepaas
Sejak kemunculannya di Grand Cakung, usaha waralaba Ayam Lepaas yang sekarang telah total ada 7 cabang selalu dipenuhi pengunjung. Nama ‘Ayam Lepaas’sendiri berhasil menarik para pengunjung untuk duduk manis dan menikmati hidangan yang disajikan. Apa perbedaannya? Perbedaan selain pada tempat terasa jelas pada bumbu ayam gorengnya. Rasa yang dominan muncul adalah aroma harum khas daun jeruk. Tak hanya meresap pada burung puyuh yang kala itu jadi pilihan kami namun juga pada kremesan dan sambalnya. Usut punya usut ternyata, ayam, burung puyuh, dan lele yang ada disana dimasak dengan menggunakan resep dari Aceh. Sambal yang terdapat pada menu memang pedas, namun, sayang rasa pahit dari terasi kuat terasa sehingga agak sedikit mengganggu komposisi rasa yang lainnya. Untuk Anda yang bosan dengan rasa ayam, jangan ragu untuk memesan burung puyuh yang  mereka sajikan karena gurih, empuk, dan sama sekali tidak anyir!

Jln. Jatiwaringin Raya (Seberang Kampus As-Syafiiya)
Telepon: (021) 96800530
Harga: mulai Rp9.0000 

 

Jakarta Utara
Bicara Chinese food, bakmie, pork, dan seafood tak absah kalau belum hinggap di beberapa titik kawasan Jakarta Utara, semisal Kelapa Gading, Pluit, Sunter, Plumpang, atau Mangga Dua. Ini buktinya.

Cynthia Noodle & Rice
Cynthia Noodle & Rice juga memiliki beberapa sajian khas Makassar dengan rasa yang juga enak. Meskipun baru berdiri sejak Desember 2010, Cynthia Noodle & Rice sudah memiliki pangsanya sendiri, yaitu anak muda. Nasi Goreng Makassar-nya yang berwarna merah dari saus tomat ini sanggup memenuhi rasa lapar Anda. Campurannya cukup variatif, yaitu bakso sapi, bakso ikan, telur, udang serta ayam. Nah, untuk Mie Pangsit Ujung Pandangnya, cukup simple. Anda bisa pilih tiga jenis topping; chasio, ayam, juga lap chiong sosis manis) yang kemudian ditaburi daun bawang. Jangan lupa tambahkan sambal yang rasanya asam pedas. Pelengkapnya pangsit dengan kaldu juga selada keriting. Cynthia Noodle & Rice juga jago dalam mengolah Mie Goreng Hokkian juga Mie Goreng Canton yang mirip dengan ifumie. Silakan coba juga Es Poco-Poconya yang unik!

Jl. Boulevard Raya FX1 no.12 Kelapa Gading
Harga: Rp. 7.000 – Rp. 29.500
Buka: 07.00 – 22.00

 

Dapur Solo
Favorit di Dapur Solo adalah Nasi Langgi yang berisi nasi, ayam atau empal goreng, sambal goreng hati, serundeng kelapa, abon sapi, juga kering kentang. Selat Solo yang mirip bistik lengkap dengan sayuran rebus (wortel, buncis, kentang), telur pindang, keripik kentang, saus mayonnaise dan acar timun juga jadi favorit. Tapi jika Anda ingin lebih nendang, silakan pesan sepiring nasi. Lainnya ada Bubur Jawa yang terdiri dari ketan hitam, candil, sumsum yang lalu disiram santan. Secara keseluruhan bubur ini lezat. Rasa manis diimbangi dengan rasa gurih yang didapat dari santan. Ada juga Kembang Tahu yang dihidangkan dingin. Tapi, jika Anda ingin hangat silakan minta sang waiter untuk dihangatkan. Air jahe beserta ampas kedelai ini akan mengingatkan Anda pada masa kecil. Temui juga Bandrek Kelapa, Kunyit Asem, serta Beras Kencur. Kami yakin Anda takkan menyesal datang ke Dapur Solo.  Enjoy!

Jl. Danau SUnter Utara R.35 - 37 Sunter depan Sunter Mall
Telp. 6405812
Harga: Rp. 13.000 – Rp. 39.000
Buka: 09.00 – 22.00


Guang Zhou Restaurant
Mulai beroperasi sejak kira-kira 4 tahun silam, tepatnya 2007, Guang Zhou Restaurant menyuguhkan sajian seafood  gaya daratan Hong Kong. Hidangan scalop, kerang kampak, dan Moa Tim, jadi favorit pengunjung di sini. Hidangan lain yang juga mengundang selera adalah menu udang-udangan, misalnya Udang Mabok (Rp26.000/ons) dan Udang Pancet Besar Ala Szechuan (Rp25.000/ons). Udang yang disajikan besar-besar dan segar pula. Tambah dahsyat dengan kuah bumbu merah olahan bumbu bawang putih, tauco, dan paprika. Pilihan menu lainnya adalah Kepiting Lada Hitam, Kwetiaw Sapi Goreng Hong Kong dan Mie Goreng Sapi Siram Saus Tausi. Nah, untuk suguhan berbahan sayuran, Anda bisa mencoba Taumio Cha Bawang Putih (Rp38.000 per piring). Sayurannya segar dengan bumbu yang pas. Dengan bangunan restoran yang besar dan terlihat luas, Guang Zhou Restaurant mampu menampung hingga 250 kursi. Nyaman dan bersih. Para pelayannya juga ramah dan sigap. Jika berkenan mampir, restoran ini buka mulai pkl. 09.00 pagi sampai dengan pukul 23.00 malam.


Jln. Pluit Putra Kav. Blok A No. 1-4, Pluit, Jakarta Utara
Telp.: 021-66607125 atau 021-66607087
Buka: 09.00-23.00 WIB

 

Kedai Gentong Ice Cream
Kedai Gentong Ice Cream mengaku ingin memelihara citarasa es krim dungdung (es puter yang biasa berjualan di sekitar rumahan) yang biasa Anda nikmati semasa kecil dulu. Bedanya kedai ini mengemas lebih istimewa tak lupa mengikuti perkembangan tren es krim yang digemari saat ini. Variannya ada rasa avocado, strawberry, jackfruit, juga durian yang dikayakan dengan sari buah aslinya. Rasa lainnya ada cream cookies, brownies, juga coffee. Rasa es krim ini bisa Anda padankan di Cold Dog yang mirip dengan hot dog namun es krim lah yang digunakan sebagai sosisnya. Atau jika Anda ingin yang beda, cicipi Coco Ice, dimana es krim disajikan dalam kelapa utuh bersama jelly yang kemudian disiram dengan topping chocolate sauce. Kelapa ini bukan sembarang kelapa, tapi kelapa yang didatangkan dari Thailand. Tekstur daging kelapanya lebih lembut dan gurih.  Jika Anda menyempatkan diri datang kemari, coba juga waffle ice cream, ataupun Pisgor Ice Cream. Dijamin, nggak nyesel!

Jl. Boulevard Raya FY 1/14 Telp. 33885550 / 71200630
Harga: Rp. 13.500 – Rp. 49.500
10.00 – 23.00

 

Nasi Bebek Siram Poa
Pasti banyak dari Anda yang tahu jenis hidangan khas Madura ini. Nasi Bebek Siram Poa yang setiap harinya laris terjual sampai 100 ekor, hampir sama dengan nasi bebek lainnya.  Namun jika biasanya bebek sudah dicampur dengan bumbu kemudian ditaburi serundeng (mirip seperti rendang bebek), yang ini bebek yang sudah digoreng terlebih dahulu, dipisahkan dari bumbu juga tanpa serundeng. Baru pada saat Anda memesan, sang penjual akan menyiram bumbu di atas bebeknya. Pada saat dimakan, citarasa lengkuas pada bumbu sangat terasa,  sehingga rasa amis “dimanipulasi” dari mulut Anda. Rasanya pedas manis. Daging bebeknya sangat empuk juga gurih. Jika Anda ingin bebek yang hangat, silakan minta pada si penjual menggoreng ulang sekedarnya. Boleh pilih paha, dada, leher, ati ataupun ampela. Hidangan ini juga bisa Anda cocol dengan sambal goreng rawit merah yang akan menambah selera makan Anda. Boleh juga sebagai alternatif makan siang Anda berikutnya, kan?

Jl. Pegangsaan  Dua Raya no.88 (Depan Singapore International School)
Telp. 33691414/081318622723
Harga: Rp. 10.000 – Rp. 25.000
Buka: 07.30 – 21.00

 

Sate Batibul Bang Awi
Jangan dulu terkecoh setibanya di lokasi Sate Batibul Bang Awi. Mengapa? Karena dalam satu deret, terdapat dua ruko yang “mengaku” Sate Batibul. Pilihan kami jatuh pada Sate Batibul yang beralamatkan Jl. Boulevard Raya QJ7 no. 12, karena di sinilah yang asli. Sate Batibul Bang Awi mulai melayani penikmatnya sejak tahun 1971, namun dulu hanya buka di Tegal. Baru pada tahun 2008 Bang Awi memberanikan diri melebarkan sayap di Jakarta, dan dipilihlah areal Kelapa Gading. Usaha ini berbuah manis, karena sate yang menggunakan daging kambing muda ini (di bawah tiga bulan) selalu laris terjual. Setiap harinya, tak kurang dari 2000 tusuk ludes dipesan pembeli. Kabarnya, Bang Awi, si pemilik hanya menggunakan tangan kanannya untuk mengenali mana kambing yang dalam keadaan sehat, mana yang tidak.
Singkat cerita, kami pun membuktikan kelezatan sate kambing muda dan sopnya tersebut. Nyatanya tidak mengecewakan. Di sini, disediakan tiga jenis sate, yang biasa yaitu dengan lemak, special tanpa lemak, terakhir daging campur hati. Sate ini terbilang minim bumbu, tapi bukan berarti minim rasa. Daging diolesi dengan lemak serta susu kambing, kemudian dibakar. Setelah matang, sate hanya diberikan bumbu kecap yang khusus didatangkan dari Tegal, serta irisan tomat dan bawang merah sebagai pelengkap. Sementara sopnya, tak kalah menggiurkan. Meskipun hanya didampingi irisan kol, kuah sop bening beserta potongan tulangan daging kambing ini sangat gurih juga pedas (berasal dari lada). Iri dengan kelezatan yang kami rasakan? Segera datangi Sate Batibul Bang Awi.

Jl. Boulevard Raya QJ7 no. 12
Harga:  Sate Rp. 2.700/tusuk – Rp. 3.200/tusuk
             Sop Rp. 20.000
Buka: 08.00 – 23.00

 

Jakarta Pusat
 Jakarta Pusat tidak melulu identik dengan kemewahan. Di antara deret gedung-gedung perkantoran bertingkat dan mal-mal mewah yang menyesaki kawasan ini, terselip tempat-tempat makan murah. Dimana? Menteng, Benhil, dan Cikiniboleh jadi kunjungan wisata kuliner Anda.

 

Ayam Penyet Ibu Sri
Terletak di dalam gang sempit dan cenderung nyempil, warung ini siap menyajikan hidangan ayam penyet yang istimewa. Dalam satu porsinya Anda bisa mendapatkan seperempat potong daging ayam, satu buah tahu dan juga tempe. Sebelum disajikan, ayam akan terlebih dahulu dipenyet di atas cobek. Usai itu langsung dibubuhi sambal yang tingkat kepedasannya bisa dipilih sesuai selera, mulai dari tidak pedas sampai pedas banget. Sambalnya tersebut adalah ‘senjata’ andalan dari warung satu ini. Ayamnya pun gurih dan empuk dagingnya. Anda suka jeroan? Pesan pula sate jeroan yang berisikan ati, ampela, kulit sampai usus ayam. Dan, untuk pilihan nasinya ada uduk juga putih biasa. Tak hanya goreng-gorengan tersedia pula sop iga untuk menyegarkan acara santap menyantap Anda.


Jl. H.O.S. Cokroaminoto (Gang sebelah Keris Gallery & White Box/Seberang Gerja GPKB Menteng)
Telp. 0813-98109969 (Pak Tarso)
Buka: 17.00 – 22.00
Harga: Rp. 3.000 – 20.000

 

Mie Keriting Ben-Hil
 Tenda Mie Keriting, yang dibuka sejak awal Ramadan tahun 2009, senantiasa ramai oleh pengunjung. Mereka semua ingin menikmati aneka olahan mie, mulai dari mie ayam, bakso, pangsit sampai yamin. Tekstur mie-nya begitu lembut. Sedangkan, untuk baksonya juga sangat terasa daging sapinya. Lalu, yang menjadi kelebihan adalah kuah yang gurih. Kuah tersebut dibuat dari beberapa potong ayam yang dijadikan kaldu. Ini kami lihat langsung dari panci besar tempat sang empunya meramu. Mie Keriting Ben-Hil bisa menjadi pilihan pas untuk Anda yang senang menyantap mie.


Jl. Bendungan Hilir Raya (Sebelah BCA/Laris Salon)
Telp. 0818-853274
Buka: 07.00 – 17.00 setiap hari
Harga: Rp. 10.000 – 14.000
Pesan antar: minimum 3 porsi

 

Nasi Goreng ‘Jl. Gereja Theresia’
 Dari luar, gerobaknya tak ada penanda khusus dan berkesan biasa saja. Citarasanya lah yang spesial. Nasi goreng yang disajikan oleh Pak Misdi sejak 2007 ini memiliki citarasa layaknya nasi goreng racikan resto bakmi kenamaan di Jakarta. Bahkan, ada yang menyebutnya sebagai ‘KW-1’ dari resto tersebut. Ya, memang benar. Ketika dicoba citarasanya hampir menyerupai, namun bisa dinikmati dengan harga miring. Tak heran, banyak pengunjung yang mengantri membeli nasi goreng ini. Layaknya penjaja nasi goreng gerobak, Pak Misdi juga menyajikan Mie Goreng atau Rebus, Kwetiau Goreng atau Rebus dan Nasi Gila.


Jl. Gereja Theresia (Depan Sekolah St. Theresia/Seberang Pisa Café)
Buka: 18.00-24.00
Harga: Rp. 10.000 – 16.000


Kedai Kopi Phoenam
Cobalah berkunjung ke Jl. Wahid Hasyim tempat Kedai Kopi Phoenam berada. Di sini Anda bisa mendapatkan beberapa kreasi yang kesemuanya menggunakan kopi robusta dipadu arabica dari Toraja. Untuk yang panas cobalah Kopi Susu Spesial Phoenam. Kandungan kopinya lebih strong dibanding yang lain. Dengan dipadu susu kental manis, rasanya benar-benar pas dan spesial. Sedangkan, untuk yang dingin ada Es Kopi Susu Phoenam sebagai andalannya. Sangatlah tepat diminum kala matahari sedang bersinar terik. Bagi Anda yang tidak menyukai atau alergi dengan kopi, pesanlah Teh Susu yang tehnya berasal dari Gunung Mas. Nikmati minuman kopi dan teh khas Phoenam tersebut dambil menyantap Roti Kayak has Phoenam.

Jl. K.H. Wahid Hasyim 88
Telp. (021) 3192-4369
Buka: 07.00 – 24.00 setiap hari.

 

R.M. Sate Tegal H. Sadjim

Sate Tegal H.Sadjim

Menu spesial dari kedai ini merupakan Sate Kambing Polos alias tanpa lemak. Daging satenya sengaja dipilih dari kambing muda, sehingga teksturnya lembut dan tak ada ‘aroma kambing’ ketika disantap. Usai dibakar, sate ini pun langsung dibubuhi kecap manis sebagai bumbunya. Tapi, kenapa tiba-tiba ada rasa pedas dibalik rasa manis kecapnya? Ya, ternyata yang membuat spesial dari bumbu tersebut adalah potongan cabai juga bawang merah yang diulek secara mendadak sebelum sate disajikan. Perpaduan rasanya? Juara! Nah, jika Anda kurang menyukai daging kambing, tak perlu khawatir. Kedai, yang hadir sejak 1973, tersebut juga punya menu andalan lain. Ada seperti sate ayam, soto iga dan sum-sum yang konon juga dijagokan oleh kedai ini.

Jl. Danau Tondano A8, Bendungan Hilir
Telp. (021) 573-3269 / 959-58988
Buka: 10.00 – 24.00 setiap hari
Harga: Rp. 4.000 – 34.000 (Makanan) / Rp. 1.000 – 9.000 (Minuman)

 

Pondok Wong Palembang

Pondok Wong Palembang

Pondok Wong Palembang yang berada di halaman salah satu  rumah di Jln. Yusuf Adiwinata ini telah ada sejak tiga bulan lalu. Di sini Anda bisa menikmati beragam sajian hidangan khas Palembang, mulai dari Mie Celor, Tekwan, Pindang Ikan Patin hingga aneka pempek. Pempek di sini adalah yang patut Anda coba. Ikan yang merupakan bahan utamanya begitu terasa dalam setiap gigitan. Kuah cukanya pun terasa pas dan tidak terlampau pedas. Anda tinggal memilih tipenya saja sesuai keinginan, seperti kapal selam, lenjer sampai adaan. Sebagai penutup sila pesan Es Kacang Merah yang juga khas Palembang. Kacang merah utuhnya begitu berlimpah, dipadu es serut juga sirup merah manis menciptakan perpaduan rasa yang luar biasa menyegarkan. Ya, pas sekali sebagai pencuci mulut.

Fast Track:
Jl. Yusuf Adiwinata 33, Menteng
Telp. (021) 386-5758
Buka: 09.00 – 22.00 setiap hari
Harga: Rp. 4.000 – 45.000 (Makanan) / Rp. 2.000 – 12.500 (Minuman)