'Rak buku' yang satu ini siap membuat Anda lupa waktu. Tidak percaya? Ikuti penelusuran saya.

Bookshelf adalah sebuah kafe yang baru saja saya temukan berkat referensi seorang teman. Sesaat ketika memasuki kafe yang dibuka sejak 12 februari 2011, saya langsung teringat kafe favorit semasa kuliah dulu. Tidak terlalu besar memang, namun suasananya hangat dan memang ditujukan bagi Anda, kutu buku.

Pada lantai bawahnya berderet “rak buku” di mana Anda bisa membeli berbagai koleksi yang didominasi oleh buku lokal dan 10% -nya diisi dengan buku impor. Di lantai atasnya lebih seru, karena di sinilah jantung dari Bookshelf.

Kafe berkapasitas 20 orang ini dipoles menggunakan warna ungu dan putih dengan konsep open space kitchen. Agak bergeser ke belakang, Anda akan menemukan lorong yang dibuat mirip di sebuah sinema dengan berbagai poster film klasik sampai baru. Movie Room-nya bisa pula Anda sewa untuk satu sampai empat orang dengan film yang disediakan (kebanyakan film yang diangkat dari buku) atau film yang Anda bawa sendiri. Jika Anda membawa lebih dari empat orang akan dikenakan charge lagi. Dan, di sebelahnya terdapat sebuah library jika Anda hanya ingin sekedar membaca. Di sini Anda takkan dikenakan biaya apapun.

Untuk urusan hidangan, Bookshelf memberikan pilihan cukup beragam dari mulai aneka Cramble, Pie, Pasta (lasagna, fussily, spaghetti), sampai ke makanan berat seperti Nasi Goreng ataupun Nasi Bakar. Awalnya saya pikir hidangan mereka hanya sekedar selingan. Nyatanya saat mencicipi Beef and Tomato Pie, citarasanya cukup memuaskan. Tekstur pie-nya padat namun tetap renyah sehingga seimbang untuk menjadi “dasar” dari daging cincang, irisan jamur champignon yang kemudian disiram dengan mayonnaise dan saus sambal. Rasa adonan telur serta mentega pada kulit pie terasa sangat gurih yang pas. Begitupun dengan Spaghetti-nya. Hidangan simple ini mampu disampaikan dengan rasa yang layak dari Bolognese-nya.

Nah, giliran dessert. Saya langsung menemukan jawaban mengapa si BloodyMariyam menjadi favorit. Roti mariyam ini mirip dengan roti cane yang adonannya liat dan terasa gurih juga manis. Di atasnya satu scoop es krim vanilla yang kemudian disiram dengan strawberry sauce juga potongan buah strawberry segar. Cocok sekali dinikmati sebagai camilan di saat santai. Varian minumannya pun jauh dari mengecewakan. Caramel Kiss, Mocha Mochi, ataupun Hot Chocolate semua diracik dengan takaran yang pas.

Fast Track:

Bookshelf
Cinere Raya no.43 Blok M Jakarta 16514 Telp. 7533786, 7533801
Movie room : Rp. 55.000/orang untuk paket 2 orang + minuman dan Rp. 85.000 untuk paket 3-4 orang
Range: Rp. 7.000 – Rp. 25.000
Buka: Minggu – Jumat 09.00 – 21.00
Sabtu : 08.00 – 22.00



Contact the writer at fika.tania@mediasatu.com
Follow her on Twitter