The Centrum adalah gedung bersejarah yang kini bersolek menjadi sebuah kapal pesiar mewah lengkap dengan layanan ekslusif di pusat kota Bandung persembahan dari Kagum Group.

Tempat ini menawarkan layanan berkualitas untuk beragam event dengan nuansa atmosfir kapal pesiar mewah. Nama 'Centrum' sendiri di Bandung memiliki makna historis yang bernilai tinggi. Didirikan sekitar tahun 1920-an, Centrum dikenal dengan nama "Tirtamerta" merupakan kolam renang pemandian yang dirancang oleh seorang arsitek ternama C.P. Wolff Schoemaker dengan konsep gaya arsitektur modern tropis Indonesia dan terletak di Jalan Bilittonstraat, yang kini dikenal dengan Jalan Belitung.

Awalnya Centrum yang memiliki luas bangunan sebesar 1.150 m2 dan dibangun di atas tanah seluas 3200 m2 ini digunakan khusus oleh orang-orang Belanda yang tinggal atau singgah di Bandung. Ketika itu, warga asli Indonesia alias warga pribumi dilarang untuk ikut menikmati kolam renang ini.

Kepemilikan Centrum dipindah-tangankan kepada seorang warga negara Indonesia bernama R. Tjandraprawira pada tahun 1948 karena warga negara Belanda yang tinggal di Bandung berangsur pulang ke negeri asal seiring dengan berakhirnya era penjajahan Belanda di Indonesia.

Tempat ini baru pertama kali dibuka untuk umum di sekitar tahun 1960-an. Centrum pernah direnovasi pada tahun 2000 yang memanjangkan ukuran kolam renang menjadi 46 meter (dari awalnya 30 meter) dengan lebar 21 meter dan kedalaman yang mencapai 3 meter.

Menilik sejarahnya tak dapat disangkal bahwa Kolam Renang Pemandian Centrum merupakan bangunan dengan nilai sejarah yang tinggi. Untuk itulah, Kagum Group sebagai pemilik dan pengelola The Centrum kini mencoba memberikan dekorasi baru tanpa mengurangi nilai bersejarah tersebut. 

The Centrum kini mempunyai fasilitas dine-wedding-event. Tempatnya berbentuk sebuah kapal pesiar ini merupakan bangunan kolam renang bersejarah peninggalan Belanda tahun 1920-an. Kini Kagum Group merubahnya menjadi sebuah fasilitas untuk penyelengaraan berbagai acara seperti pernikahan, berbagai acara resmi, dan gathering.

Seperti layaknya kapal, di bagian dalam bangunan dengan kapasitas 1000 orang ini dibuat seperti dek yang disulap menjadi tempat bersantap. Dek-dek di bagian atas dan bawah dibuat menjadi berbagai fasilitas ruangan untuk pertemuan, tempat bersantap, dan meeting. Sedangkan di bagian bawah terdapat kolam renang yang dilengkapi dengan panggung dan taman. Soal menu makanan, The Centrum menawarkan ragam menu pilihan berasal dari masakan Indonesia, Chinese, dan Western yang diolah oleh chef berpengalaman.


Fast fact:
The Centrum
Jl. Belitung No.10, Bandung
Telp. (022) 420 2168

Contact the writer at oky.hartanto@mediasatu.com
Follow him on Twitter, @okyhard