Tahun Kelinci sudah lewat. Kini, 2012, giliran Naga Air yang menaungi. Demikian menurut perhitungan kalender China. Termasuk kasta tertinggi dalam perhitungan shio, ramalannya di Tahun Naga ini akan ada banyak peruntungan.

Terlepas dari percaya atau tidak, urusan ramal-meramal berdasarkan shio sudah menjadi tradisi yang lekat dalam kebudayaan masyarakat Tionghoa di manapun, termasuk di Indonesia. Di luar masyarakat Tionghoa pun, ramalan-ramalan berdasarkan shio juga diminati bahkan dipercaya sungguh-sungguh. Shio sendiri merupakan simbol binatang dalam kebudayaan China yang mewakili 12 siklus tahunan dalam kalendar China. Shio-shio ini mewakili konsep siklus waktu—ini membedakan konsep waktu barat yang diwakili oleh binatang-binatang. Binatang-binatang ini sekaligus menjadi simbolisasi karakter manusia.

Kaitannya dengan penyambutan Tahun Baru China, kebiasaan hitung-hitungan peruntungan berdasarkan shio menjadi agenda tersendiri bagi masyarakat Tionghoa. Menjelang Tahun Baru China, banyak dari masyarakat Tionghoa yang menyengaja datang kepada suhu, sinse, ahli ramal, dan praktisi fengshui untuk sekadar tahu peruntungan dan ciong yang bakal terjadi di tahun yang akan berjalan.

Sebagai bagian dari tradisi, terlepas dipercaya kebenarannya atau tidak, ramalan-ramalan berkaitan dengan tahun berjalan dan shio yang menaungi seseorang menjadi upaya untuk mawas diri. Tahun yang baru tentu membawa peruntungan baru. Hanya saja yang tak boleh dilupakan untuk mencapai peruntungan tersebut kerap saja ada aral yang datang. Setidaknya dengan mengetahui sejak dini atas apa-apa yang menjadi peruntungan dan aral yang menghadang kita menjadi waspada atas tingkah laku kita.

Meramaikan penyambutan Tahun Baru China kali ini, area menyengaja menghadirkan beragam ramalan yang terkait dengan shio di Tahun Naga yang sebentar akan datang. Boleh percaya, boleh tidak. Paling tidak dengan membacanya dan tahu, kita menjadi mawas diri akan peruntungan dan sial yang akan terjadi, serta bagaimana menyiasatinya. Selamat Tahun Baru China, Gong Xi Fa Cai, Xin Nian Kuai Lei! 

 

Tahun Naga Air 2563
Jembatan Menuju Kejayaan
Naga merupakan lambang kekuasaan dan otoritas. Sang ‘putra langit’ memang penuh misteri, terutama dalam caranya mewujudkan segala keinginannya. Naga digambarkan sebagai makhluk yang tak kenal takut. Karena itu, ia tak gentar berspekulasi. Namun, tak jarang naluri sensitif yang dimilikinya mengalahkan akal sehat dan logika. Dampak dari hal ini tak selalu negatif justru berkorelasi dengan pertumbuhan unsur kayu sebagai elemen yang menyokong unsur air—sebagai elemen utama di tahun ini. Hal tersebut mengindikasikan akan tiba “hujan berkah” walaupun diramalkan akan terganggu oleh masalah otoritas para pebisnis yang jadi pemimpin di tahun ini.

Tahun Naga Air diramalkan akan menjadi tahun keberuntungan bagi para pebisnis Indonesia. Unsur kayu yang berperan besar bagi aspek kepemimpinan dalam aktivitas bisnis harus diperhatikan. Karena, aspek kepemimpinan yang sedang berkembang pesat dan tumbuh kokoh ini berpotensi menimbulkan ketidakselarasan jika sikap otoriter tidak dapat dikekang atau paling tidak disembunyikan. Masalah ini harus dicermati benar karena tahun ini disebut-sebut sabagai “jembatan menuju kejayaan”. Jika masalah otoritas sudah dapat diatasi, maka diramalkan peranan indonesia pada dunia bisnis akan semakin mengesankan! Penasaran bagaimana detail peruntungan Anda berdasarkan shio di tahun ini? Selamat membaca!

1. Shio Naga (1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000)
“Saatnya Bisnis Sampingan”
Shio yang melambangkan kejayaan dan keagungan ini, dianggap paling tinggi dibanding 12 shio yang lain. Umumnya, orang-orang yang berada di bawah shio naga itu lugu dan jujur. Warga shio naga benci akan segala macam bentuk kecurangan dan ingkar janji. Anda juga dikenal sebagai pribadi yang berani dan gemar menolong sesama. Oleh karenanya, Anda disenangi banyak orang. Namun, kadang Anda suka bertindak ceroboh dan terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Dalam rentang dua tahun sebelumnya—Tahun Macan Logam dan Tahun Kelinci Logam—Anda diramalkan terbebas dari kondisi ketidakselarasan. Tetapi, di Tahun Naga Air ini ada ketidakselarasan walaupun dalam kadar yang relatif kecil. Karena itu, ada dua hal mendasar yang perlu Anda waspadai, yaitu sikap tinggi hati dan sensitivitas berlebihan. Singkat kata, Anda harus terus melakukan introspeksi diri.

Keberuntungan:
Waspada! Keberuntungan Anda pada Tahun Naga Air ini diramalkan menurun dari tahun lalu.

Pekerjaan:
Karier Anda di tahun ini akan diwarnai gelombang pasang surut.

Keuangan:
Penurunan peluang bisnis dapat Anda siasati dengan menjalankan bisnis sampingan. Namun, berhati-hatilah jika ingin menjalankan bisnis sampingan dalam skala besar.

Kesehatan:
Jangan tunda pemeriksaan penyakit Anda! Gangguan sesak napas, rematik, dan radang tenggorokan diramalkan sering berkunjung di tahun ini.

Asmara:
Melangsungkan pernikahan bagi warga shio naga di tahun ini adalah sebuah pantangan!

Solusi Feng Shui:
Pajangan air berputar (misal: air terjun) merupakan solusi yang dianjurkan untuk meminimalisasi berbagai permasalahan yang diramalkan akan menyapa Anda di tahun ini. Letakkan pajangan ini di areal taman yang langsung berhadapan dengan pintu utama.

Saran:
Jagalah hubungan baik dengan teman-teman dan rekan kerja Anda. Karena, jika hubungan pertemanan Anda rusak, maka akan berakibat fatal pula pada kehidupan Anda sepanjang tahun ini.

2. Shio Ular (1941, 1953, 1965, 1977, 1989, 2001)
“Jodoh Terbuka Lebar Tahun Ini”
Warga shio ular sebaiknya paham akan kelebihan dan kekurangan makhluk yang sering dikaitkan dengan hal-hal mistis ini. Karena, Anda akan dihujani keberuntungan jika berhasil menyatukan sifat-sifat dasar ular dengan potensi-potensi yang Anda miliki. Kaum shio ini memiliki pesona yang luar biasa. Anda pintar dan cepat bereaksi, sehingga selalu cepat menyadari kesempatan-kesempatan yang datang pada Anda. Kaum shio ini penuh rasa curiga, karenanya tidak mudah percaya dengan orang lain.

Tahun ini tidak benar-benar selaras seperti peruntungan Anda di tahun lalu. Namun, ini bukan berarti peruntungan Anda tidak bagus sama sekali. Kesempatan baik justru nampak jelas pada permukaan walaupun akan ada beberapa gangguan yang datang. Teguhkan tekad dan prinsip Anda demi mengoptimalisasikan keberhasilan Anda dalam semua aspek di Tahun Naga Air ini.

Keberuntungan:
Wah, penurunan kadar keberuntungan Anda dalam dunia bisnis sepertinya cukup meresahkan.

Pekerjaan:
Memang akan menemui banyak masalah tapi dengan siasat yang jitu semua akan teratasi!

Keuangan:
Keberuntungan Anda diramalkan menurun. Tapi ingat, penurunan ini terjadi setelah kenaikan yang fantastis di tahun sebelumnya.

Kesehatan:
Hati-hati! Sebaiknya kurangi olahraga ketangkasan.

Asmara:
Selamat! Bagi warga shio ular yang masih single, jodoh Anda terbuka lebar pada tahun ini.

Solusi Feng Shui:
Untuk menjaga eksistensi dan juga kelanggenngan dalam bekerja, letakkanlah akuarium di sudut sebelah tenggara. Jumlah ikan tidak menjadi masalah. Yang harus diperhatikan adalah jika terdapat cermin pada akuarium, maka akuarium tidak boleh berhadapan dengan pintu apa pun!

Saran:
Jangan terlampau sering mengurusi hal-hal yang bersifat remeh-temeh karena akan berpeluang merusak konsentrasi Anda pada hal-hal yang penting.

3. Shio Kuda (1942, 1954, 1966, 1978, 1990, 2002)
“Waspada Tipuan Lawan Jenis”
Orang-orang di bawah naungan shio kuda dikenal mampu menginspirasi orang-orang lain. Anda adalah orang yang ramah, cerdas, independen, dan senang membantu sesama. Oleh karena itulah, Anda gemar sekali melakukan perbaikan rumah, menulis, berolahraga, dan memasak. Walaupun dikenal sebagai sosok yang periang, Anda sebenarnya memiliki watak yang cepat naik darah. Orang ber-shio ini juga dikenal berselera tinggi.

Persiapkan diri Anda sebaik-baiknya untuk menyambut keberhasilan dan keberuntungan pada tahun naga air ini. Jangan segan mencari seseorang yang berkapabilitas sebagai penasehat untuk membantu Anda menjalani pekerjaan Anda. Modal yang mutlak Anda miliki untuk mencapai keberhasilan adalah komitmen dan keteguhan hati. Janganlah mencari-cari alasan untuk menghindari sesuatu.

Keberuntungan:
Pengaruh ketidakselarasan dari tahun sebelumnya belum sirna betul.

Pekerjaan:
Jangan terlalu mengandalkan naluri bisnis Anda. Seimbangkanlah naluri bisnis yang Anda miliki dengan logika.

Keuangan:
Jauhkan aktivitas yang bersifat spekulatif! Berhati-hatilah pula pada masalah utang-piutang.

Kesehatan:
Waspada gangguan serangan jantung dan gejala stroke!

Asmara:
Berhati-hatilah dengan tipuan lawan jenis.

Solusi Feng Shui:
Salah satu cara untuk meningkatkan keberuntungan warga shio kuda di tahun naga air ini adalah dengan membuat efek tinggi pada bagian belakang bangunan rumah. Misalnya dengan memasang antena TV pada titik atap rumah yang paling tinggi. Namun, jangan memasangnya di sudut selatan.

Saran:
Sebaiknya Anda lebih memperhatikan hal-hal kecil karena bisa berakibat fatal jika terus-menerus diabaikan.

4. Shio Kambing (1943, 1955, 1967, 1979, 1991, 2003)
“Jauhkan Spekulasi!”
Orang-orang shio kambing mudah menyesuaikan diri, kreatif, dan pandai berkomunikasi. Tak heran jika Anda memiliki banyak teman. Salah satu hobi kaum shio kambing adalah menjelajah tempat-tempat baru. Anda dikenal sebagai pribadi yang sopan dan memiliki cara cerdas untuk menghindari masalah. Anda sangat tekun dan perfeksionis, sehingga kadang membuat kesal orang-orang di sekitar Anda. Orang-orang dengan shio ini adalah pribadi yang tenang, sabar, dan artistik. Akan tetapi, Anda tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Oleh karena itu,  Anda sering menolak dijadikan pemimpin.

Penting bagi kaum shio kambing untuk senantiasa berpikir dan bersikap positif. Dengan selalu berpikir positif, maka, chi positif Anda akan terpancar sehingga dapat melancarkan segala urusan Anda di tahun naga air ini. Jika Anda sedang berada dalam situasi yang dilematis, tindaklanjutilah dengan hati-hati. Jangan gegabah dalam menentukan keputusan.

Keberuntungan:
Hati-hati! Jangan sekali-kali melakukan hal-hal yang bersifat spekulatif.

Pekerjaan:
Ayo, tingkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab Anda! Sebab, kedua hal tersebutlah yang akan membantu menyukseskan bisnis Anda.

Keuangan:
Rezeki sampingan Anda tahun ini lemah. Jadi, tidak layak untuk dipaksakan terus berjalan.

Kesehatan:
Jangan anggap remeh gangguan pada organ lambung, paha depan, dan saraf tenggorokan Anda! segera periksakan ke dokter jika mulai menemukan gejalanya.

Asmara: Tahun Naga Air adalah saat pantang bagi kaum shio kambing untuk menikah.

Solusi Feng Shui:
Perhatikan posisi ranjang! Posisi tidur yang tegak lurus menghadap ke cermin adalah pantangan di Tahun Naga Air ini. Ubah posisi tempat tidur Anda atau pindahkan cermin dari depan tempat tidur Anda segera agar terhindar dari hal-hal buruk.

Saran:
Beri perhatian ekstra pada etika profesionalitas demi meningkatkan produktivitas Anda di tahun ini.

5. Shio Monyet (1944, 1956, 1968, 1980, 1992, 2004)
“Saatnya Memakai Baju Berwarna Cerah”
Warga shio monyet adalah orang-orang yang lihai. Anda memiliki kemampuan untuk menyelesaikan proyek besar dalam waktu yang relatif singkat. Orang-orang ber-shio ini selalu dapat mencari solusi dalam setiap kesulitan. Umumnya, para pria shio monyet pendiam. Untuk para wanitanya, justru berlaku sebaliknya. Orang-orang shio ini sering mementingkan diri sendiri dan cenderung oportunis. Kalau sedang malas, Anda biasanya justru mendahulukan hal-hal sepele dan mengabaikan hal-hal penting. Warga shio monyet dikenal cerdas dan cekatan. Sayangnya, konsentrasi Anda mudah sekali terpecah.

Kecerdikan dan kemampuan bersiasat memang telah dimiliki secara mendarah daging oleh warga shio monyet. Namun, yang dibutuhkan orang-orang shio monyet untuk melewat tahun naga air ini dengan baik adalah kemampuan untuk ‘mendengar’. Ini bukan berarti Anda harus begitu saja menerima saran orang, tapi mempertimbangkannya demi kelancaran urusan-urusan Anda pada tahun ini.

Keberuntungan:
Wow! Dewi Fortuna akan jadi teman baik Anda sepanjang tahun ini.

Pekerjaan:
Selalu waspadai situasi yang kelihatannya menguntungkan. Karena, situasi seperti itu sering kali hanya mengecoh Anda.

Keuangan:
Keragu-raguan hanya akan menghambat sepak terjang Anda yang dapat berakibat buruk pada keuangan Anda.

Kesehatan:
Awas! Terus waspada saat sedang menggunakan segala sesuatu yang berhubungan dengan api dan air.

Asmara:
Wah! Tahun Naga Air adalah saat yang paling tepat untung melangsungkan pernikahan.

Solusi Feng Shui:
Warna-warna gelap seperti hitam dan abu-abu akan cepat sekali berpengaruh buruk pada mood Anda. Maka, disarankan untuk memakai baju dengan warna-warna cerah yang dapat membangkitkan perasaan senang.

Saran:
Ingat-ingat pepatah “Besar pasak daripada tiang”. Jangan sampai ini terjadi pada Anda. Selalu cermati pengeluaran Anda. Selaraskanlah pengeluaran Anda dengan kemampuan Anda.

6. Shio Ayam (1945, 1957, 1969, 1981, 1993, 2005)
“Kurangi Olahraga Air!”
Pekerja keras, selalu berhati-hati, dan kritis menjadi ciri utama Anda yang ber-shio ayam. Kaum shio ayam memiliki pribadi yang menyenangkan dan penuh perhatian. Anda selalu bergerak aktif dan tak kenal lelah. Anda adalah pribadi yang penuh perhatian dan memori Anda pun sangat tajam. Anda membenci kerja setengah-setengah. Karenanya, Anda selalu berupaya total dalam segala hal. Anda hanya dapat membuka diri  pada orang-orang terdekat karena Anda takut menjadi buah bibir orang banyak walaupun sikap sinis orang terhadap Anda hanya Anda anggap sebagai angin lalu.

Tahun kelinci logam bukanlah tahun yang mudah bagi warga shio ayam. Di Tahun Naga Air ini masalah-masalah masih akan tetap menghampiri Anda walaupun tidak sebanyak tahun lalu. Masa keemasan warga shio Ayam diramalkan akan terjadi di tahun depan. Jadi, anggaplah Tahun Naga Air ini sebagai jembatan yang harus Anda lewati untuk menuju gerbang keemasan Anda di tahun depan.

Keberuntungan:
Akhirnya peringkat keberuntungan Anda di tahun ini meningkat drastis dari tahun kemarin.

Pekerjaan:
Perhatikan penataan feng shui! Karena, penataan feng shui yang keliru akan berdampak negatif bagi peruntungan bisnis Anda.

Keuangan:
Jangan anggap sepele hal-hal yang berhubungan dengan permodalan. Karena, diramalkan akan ada kecenderungan pemutarbalikan fakta.

Kesehatan:
Kurangi olahraga air!

Asmara:
Berbahagialah bagi Anda yang sudah berpasangan. Karena, di tahun ini tidak akan ada gangguan yang berarti bagi Anda berdua.

Solusi Feng Shui:
Untuk menghindari hal-hal buruk yang akan terjadi pada bisnis Anda, sebaiknya segera lapisi meja kerja Anda dengan granit atau marmer berwarna kuning gading. Jika hal ini tidak memungkinkan, maka, cukup letakkan bebatuan alam warna kuning gading di meja kerja Anda.

Saran:
Di Tahun Naga Air ini, hindari ikut campur dalam masalah orang lain terutama yang bersifat pribadi. Walaupun niat Anda baik tapi ini justru akan menjebak diri Anda sendiri dalam situasi yang dilematis.

7. Shio Anjing (1946, 1958, 1970, 1982, 1994, 2006)
“Tunda Hasrat Berwirausaha”
Sebagai orang-orang dengan shio anjing, Anda memiliki loyalitas tinggi terhadap orang-orang yang Anda cintai tapi juga kebencian yang mendalam terhadap orang-orang yang pernah menyakiti Anda. Warga shio anjing memang terkenal sangat melankolis dan mudah sedih. Oleh karena itulah Anda cenderung mencari orang-orang dengan kepribadian yang positif. Anda sangat mudah cemas dan tidak yakin pada bakat yang Anda miliki. Oleh karena itu, Anda memiliki kesulitan saat harus mempromosikan diri sendiri. Dalam karier, Anda cocok menjadi guru atau penasihat pribadi karena Anda dapat dengan mudah mengantungi kepercayaan orang.

Pada Tahun Naga Air ini, bukan lagi saatnya Anda yang mendapat sanjungan dari orang lain. Tetapi, justru di tahun inilah saatnya Anda mengapresiasi karya dan hasil usaha orang lain. Mungkin Anda merasa pujian yang Anda berikan untuk orang lain tidak berarti besar. Akan tetapi, sebenarnya justru dengan cara seperti itulah urusan-urusan Anda di tahun ini akan berjalan dengan lancar!

Keberuntungan:
Sayang sekali, peruntungan Anda di tahun ini menurun dibandingkan dengan tahun lalu.

Pekerjaan:
Bisnis Anda memang diramalkan akan menukik tajam tapi dengan siasat yang tepat bisnis Anda akan selamat dari kehancuran.

Keuangan:
Awas! Akan ada banyak gangguan baik yang terlihat maupun yang tersembunyi.

Kesehatan:
Waspadai gejala gangguan pada getah bening dan kelumpuhan!

Asmara:
Berhati-hatilah! Jangan mudah percaya atau akibatnya akan fatal.

Solusi Feng Shui:
Subjektivitas memang berbahaya. Untuk menjaga Anda tetap objektif dalam memandang segala sesuatunya, disarankan untuk meletakkan pot-pot tanaman pada sudut timur rumah maupun ruang kerja Anda. Tanaman yang Anda pakai harus yang hidup bukan yang imitasi.

Saran:
Bagi Anda, pekerja kantoran, sebaiknya tunda dulu hasrat Anda untuk berwirausaha di tahun ini.

8. Shio Babi (1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007)
“Gangguan Fungsi Pencernaan”
Sebagai warga shio babi, Anda dianugerahi hati yang mulia dan sosialitas yang tinggi. Anda memiliki kecerdasan tinggi tapi hebatnya Anda jarang menggunakannya untuk menguasai siapapun. Warga shio babi adalah pribadi yang menyenangkan dan tidak menyukai konfrontasi. Anda membenci hipokritas, kebohongan, dan segala bentuk kekerasan. Anda sangat mudah memaafkan dan karenanya tidak pernah memiliki rasa dendam berkepanjangan. Orang-orang yang bernaung di bawah shio babi dikenal memiliki rasa humor yang unik! Anda sangat menghormati hubungan jangka panjang.

Ketiadaan faktor pembanding adalah masalah besar bagi warga shio Babi di tahun ini. Karena, hal ini akan membuat Anda hampir kehilangan objektivitas Anda yang akan berdampak buruk jika tidak diatasi. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati saat akan mengambil keputusan. Mundur sejenak untuk menganalisa masalah lebih dalam adalah cara yang jitu untuk menghadapi ini.

Keberuntungan:
Penurunan kadar keberuntungan Anda di tahun ini bukanlah perkara besar yang akan merusak eksistensi Anda.

Pekerjaan:
Lakukan persiapan yang maksimal, karena di penghujung tahun bisnis Anda diramalkan akan mengalami penurunan yang mengkhawatirkan.

Keuangan:
Secara umum stabil. Namun, ada kecendurungan agak menurun.

Kesehatan:
Hati-hati terhadap gangguan fungsi pencernaan Anda!

Asmara:
Kabar baik bagi Anda yang masih single. Bersiaplah bertemu jodoh Anda di tahun ini!

Solusi Feng Shui:
Untung menyeimbangkan chi (energi) pada kondisi Anda tahun ini yang kurang baik, nyalakanlah lampu teras Anda sebelum matahari terbenam dan atau saat cuaca mendung. Bagi Anda yang punya kesulitan bangun pagi, tahun ini Anda harus melawan kebiasaan itu sekuat tenaga. Karena, bangun sebelum matahari terbit diyakini sebagai cara yang efektif untuk menyeimbangkan chi yang tidak stabil.

Saran:
Cermatilah masalah utang-piutang Anda. Jangan sampai masalah utang-piutang memperburuk kondisi keuangan Anda yang diramalkan akan menurun di penghujung Tahun Naga Air ini.

9. Shio Tikus (1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008)
“Penyakit Menahun Berpeluang Sembuh”
Warga shio tikus berada di posisi pertama dalam sistem kalender China. Anda gemar melakukan petualangan dan selalu tertantang untuk menjelajahi tempat-tempat yang belum terjamah, misalnya tempat-tempat yang angker, dan jalan-jalan terpencil. Anda memiliki daya kharismatik dan daya tahan yang tinggi dalam tiap situasi krisis. Orang-orang dengan shio ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Warga shio tikus dikenal memiliki bakat dalam bidang tulis-menulis, khususnya dalam genre fantasi, sejarah kuno, dan fiksi ilmiah. Sayangnya, sifat Anda yang cenderung suka mengambil keuntungan dan oportunis menjadikan Anda tidak produktif. Anda adalah orang yang perfeksionis, juga dikenal gemar memberi kritik yang pedas. Anda dapat dengan mudah memulai pembicaraan dan beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga Anda diterima di mana saja. Kecerdikan dan kewaspadaan membuat Anda dapat bertahan dalam situasi yang paling sulit sekalipun.

Di Tahun Naga Air ini, warga shio tikus harus mengambil pelajaran dari makna Yin dan Yang. Pada dasarnya, Yin dan Yang mewakili dua hal yang bertolak belakang namun tetap saling membutuhkan. Hal ini harus Anda pahami dan juga diterapkan pada keseharian Anda demi mencapai keselarasan dan kesuksesan di tahun yang baik ini. Jangan sampai terlena akan keberuntungan yang datang bertubi-tubi.

Keberuntungan:
Sungguh sebuah lompatan yang menggembirakan! Kadar keberuntungan Anda tahun ini naik secara signifikan.

Pekerjaan:
Ini adalah tahun keberuntungan Anda. Bisnis Anda meningkat dengan kejutan yang luar biasa!

Keuangan:
Kondisi keuangan Anda tahun ini lancar bahkan ada peningkatan sepanjang tahun!

Kesehatan:
Penyakit menahun Anda mempunyai peluang besar untuk sembuh!

Asmara:
Keputusan untuk menikah di tahun ini adalah keputusan yang tepat.

Solusi Feng Shui:
Agar tak mudah terbawa arus, ada cara mudah untuk mengatasinya. Letakkan akuarium dan atau bejana air pada sudut utara rumah tinggal Anda. Pastikan sirkulasi airnya baik. Ini adalah solusi yang tepat untuk menguatkan prinsip Anda dan juga untuk meredam emosi.

Saran:
Rezeki sampingan Anda diramalkan lancar pada tahun ini. untuk itu, sediakanlah waktu untuk menangani bisnis sampingan Anda.

10. Shio Kerbau (1949, 1961, 1973, 1985, 1997, 2009)
“Kesabaran Adalah Kunci!”
Anda yang terlahir di tahun kerbau dianugerahi kekuatan berlimpah dan juga sangat membumi. Sifat yang paling menonjol dari kaum shio ini adalah tekun. Anda adalah pribadi yang konservatif dan mampu mengungkapkan perasaan Anda dengan sangat meyakinkan. Sehingga, Anda mampu meyakinkan orang-orang di sekitar Anda dan karenanya Anda diberi kepercayaan sebagai pemimpin. Raja podium adalah julukan Anda. Warga shio kerbau diberi kemampuan memberikan nasihat-nasihat praktis, realistis, dan komprehensif dibandingkan dengan shio mana pun. Bahkan, Anda bisa meraih kejayaan dengan sifat ”keras kepala” Anda.

Pada Tahun Naga Air ini, kaum shio kerbau harus siga menanggulangi permasalahan-permasalahan yang menghampiri. Tahun ini masalah yang datang memang dapat dikatakan lebih berat dari tahun lalu. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menyelesaikan masalah-masalah yang ada secepatnya. Jangan biarkan masalah-masalah menumpuk dan membuat beban Anda tahun ini semakin berat.

Keberuntungan:
Duh, peringkat keberuntungan Anda tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Pekerjaan:
Walaupun karier Anda tahun ini diramalkan menurun, jangan panik. Ingat, sabar adalah kuncinya.

Keuangan:
Melakukan investasi bisnis adalah pantangan bagi Anda di tahun ini!

Kesehatan:
Waspadalah pada penyakit lama Anda!

Asmara:
Bintang perjodohan Anda di tahun ini kurang terang sinarnya.

Solusi Feng Shui:
Sebagai upaya untuk menegaskan kharisma, ada baiknya Anda melapisi meja kerja Anda dengan marmer atau granit. Ini juga berdampak baik pada keteguhan hati Anda. Manfaat lain  yang akan Anda rasakan adalah simpati dan dukungan dari kolega yang akan lebih mudah Anda dapatkan.

Saran:
Atur kembali rumah huni Anda. Jangan sampai rumah Anda disesaki oleh berbagai barang rongsokan karena akan berdampak buruk bagi peruntungan Anda tahun ini.

11. Shio Macan (1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010)
“Waspada Bahaya Lalu-Lintas”
Orang-orang dengan shio macan dianugerahi kepribadian yang ekstrem, pemberontak tapi penuh karisma. Tipe kepribadian pahlawan ini memperlihatkan kekuasaan, keberanian, dan tindakan tegas tanpa berpikir panjang. Anda amat kreatif tapi juga destruktif. Anda adalah orang yang easy going dan memiliki daya tarik yang kuat sehingga Anda disukai oleh orang banyak. Warga shio macan menyukai pekerjaan yang penuh tantangan. Dalam urusan karier, Anda bukan “pemilih” selama itu menjanjikan peran pemimpin.

Peruntungan kaum shio macan pada umumnya relatif baik di tahun Naga Air ini. Walau begitu, jangan takabur. Hendaknya Anda senantiasa rendah hati dan selalu berusaha mengendalikan hawa nafsu. Jika Anda dapat mengendalikan hawa nafsu dengan baik maka urusan-urusan Anda di tahun ini akan berjalan lancar! Yakinilah, orang yang selalu bersabar akan menuai benih yang baik nantinya.

Keberuntungan:
Peruntungan Anda sejak tahun lalu memang bagus dan tak sukar pula untuk dimaksimalkan pada tahun ini.

Pekerjaan:
Wah, karier warga shio macan di tahun ini diramalkan menjadi yang paling beruntung!

Keuangan:
Secara umum keuangan Anda pada tahun ini stabil.

Kesehatan:
Ingat, liburan sangatlah penting bagi kesehatan jiwa dan raga Anda!

Asmara:
Hubungan percintaan Anda akan berjalan lancar selama kejujuran selalu Anda dan pasangan jaga.

Solusi Feng Shui:
Untuk menyeimbangakan aliran chi (energi) Anda, sebaiknya Anda memperhatikan besar lubang udara dan juga pencahayaan di rumah huni Anda. Karena, ketidakseimbangan pada aliran udara dan pencahayaan akan menimbulkan penyakit yang berkaitan dengan pendengaran dan juga indera pengecap.

Saran:
Anda perlu untuk ekstra hati-hati dalam berkendara di Tahun Naga Air ini. Waspadalah akan bahaya lalu-lintas!

12. Shio Kelinci (1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011)
“Tahun Ini Penuh Berkah”
Sebagai orang-orang ber-shio kelinci, Anda adalah orang-orang yang santun dan simpatik. Anda dapat bergaul dengan siapa saja, walaupun pada dasarnya Anda adalah penyendiri. Anda akan merasa tidak nyaman jika berada di lingkungan yang agresif dan penuh persaingan. Kaum shio kelinci mahir dalam hal mediasi dan diplomasi. Anda dikenal mampu mengendalikan emosi, sehingga disenangi banyak orang. Pekerjaan yang cocok bagi warga shio kelinci, antara lain filsuf, diplomat, administrator, politisi, dan pemimpin keagamaan.

Tahun Naga Air adalah tahun yang peruntungannya baik bagi warga shio kelinci. Setelah tahun lalu peruntungan Anda berada di peringkat yang baik, tahun ini peruntungan Anda bahkan masuk di golongan sangat baik. Manfaatkanlah ini dengan sebaik-baiknya. Kuatkanlah prinsip Anda dalam segala hal, agar semangat Anda terus terjaga dan tidak menurun.

Keberuntungan:
Selamat! Peringkat keburuntungan Anda tahun ini naik drastis!

Pekerjaan:
Tak ada rintangan yang tak bisa Anda lewati untuk mengembangkan usaha Anda.

Keuangan:
Keuangan Anda akan terus meningkat secara signifikan di tahun penuh berkah ini!

Kesehatan:
Jangan abaikan ganggguan pada fungsi ginjal dan juga pendengaran. Periksakan segera jika Anda merasakan gejala yang tidak biasa.

Asmara:
Para single fighter, bersiaplah menemukan jodoh Anda di tahun ini!

Solusi Feng Shui:
Bagi Anda penggemar warna merah, baiknya kurangi pemakaian baju dan atau aksesoris dengan warna favorit Anda ini. Demi menyeimbangakan aliran chi (energi) Anda di Tahun Naga Air ini, kenakanlah warna hijau dan silver.

Saran:
Setelah menjalankan bisnis sampingan menjadi pantangan bagi Anda di tahun lalu, tahuh ini puaskanlah hasrat berinvestasi Anda.

 

Feng Shui’s  Books
The Complete Idiot's Guide to Feng Shui (Elizabeth Moran)
Menuju ke era modern bukan berarti melupakan yang lalu. Karena, masa lalu menjadi sejarah untuk kita menempuh masa sekarang. Buku The Complete Idiot's Guide to Feng Shui ini mengangkat feng shui klasik yang mulai dilupakan, karena masa sekarang lebih banyak buku yang mempromosikan modern feng shui yang lebih kepada mitos maupun takhayul.

Berisi tentang klasik feng shui yang telah dikembangkan 2.500 tahun lalu yang populer di zamannya, buku ini dikemas lengkap dan mudah dipahami. Seri ketiga yang dikeluarkan ini membawa Anda melewati sejarah dan menceritakan perbedaan pandangan, baik Barat maupun Timur. Sementara, di dua seri sebelumnya, menjelaskan mengenai metode feng shui dan menambahnya dengan kejelasan gambar. Mau tahu lebih banyak tentang feng shui klasik? Segera dapatkan bukunya!

Basic Science of Feng Shui (Vincent Koh)
Jika Anda pemula dalam dunia feng shui dan ingin mendalami praktiknya, buku ini bisa jadi salah satu pilihan bacaan dan referensi Anda. Sebenarnya, Basic Science of Feng Shui: A Handbook for Practitioners dirancang untuk menjadi panduan yang diperlukan bagi para praktisi feng shui, namun penyajiannya yang dibuat dengan baik dan jelas menjadi daya tarik tersendiri bagi pencerahan pengetahuan Feng Shui para pemula.

Isinya memuat rumus-rumus dasar feng shui. Dalam buku bertebal 400 halaman ini, semua pengetahuan dasar feng shui tersedia. Memaparkan mengenai teori dan aplikasi Feng Shui otentik, misalnya The Flying Star, teori-teori disajikan dengan ringkas dan mudah dibandingkan dengan rumus-rumusnya yang sebenarnya kompleks, juga disertai dengan kemudahan cara pengaplikasiannya. Siap untuk memulai perjalanan Anda menyusuri dunia feng shui?

Jurus Sakti Berdagang dengan Feng Shui Jawa (Handri Raharjo)
Berdagang ternyata bisa menggunakan feng shui! Hal inilah yang membuat buku Jurus Sakti Berdagang dengan Feng Shui Jawa dilihat sebagai buku yang bagus menjadi panduan masyarakat Indonesia khususnya dalam berdagang. Lalu, apa yang dimaksud dengan feng shui Jawa? Seperti yang kita tahu, feng shui merupakan peninggalan kebudayaan Cina Kuno yang memiliki sebuah hitung-hitungan mengenai energi yang ada di alam semesta dan diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Melihat makna feng shui tersebut, penghitungan dan pengaplikasiannya serupa dengan tradisi Jawa yang disebut petungan. Mistis? Tenang saja, karena pada kenyataannya, kemistisan petungan ini hanya dijadikan kepercayaan diri bagi para pedagang. Hal ini karena kekuatan feng shui ini ada pada penggambaran baik-buruk keadaaan melalui lambang watak suatu hari, penanggalan, bulan, tahun, pranata mangsa (penentuan waktu), dll.

Buku ini tentunya berisi tentang jurus berdagang yang baik dalam meraih kesuksesan bisnis. Ditambah juga dengan kisah perjalanan kehidupan pedagang Jawa yang telah sukses sehingga membuat buku ini lebih menarik untuk dijadikan bahan bacaan dan referensi. Walaupun Anda bukan orang Jawa, tapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadi salah satu dari pembaca buku ini. Karena buku ini terbuka untuk menginspirasi siapa saja yang ingin sukses dalam berbisnis.

Feng Shui untuk Logo (Mas Dian, MRE, dan Jessica Diana Kartika, SSn)
Sekarang ini, baik di dunia bisnis ataupun acara-acara dari mulai besar hingga acara kecil seperti di sekolah menggunakan logo. Logo dibuat dan didesain sedemikian rupa untuk menjadi lambang dari pengguna logo tersebut. Bagaimana bila feng shui masuk ke dalam pengaplikasian logo? Dalam buku Feng Shui untuk Logo inilah para desainer logo khususnya diperkenalkan mengenai aplikasi feng shui dalam pembuatan logo.

Buku ini disusun berdasarkan pengamatan dan penelitian yang detail sehingga membuat buku ini menjadi gebrakan baru dalam dunia feng shui. Bukan hanya pengaplikasian feng shui pada logo saja yang disajikan, tapi juga lebih dari 100 kasus logo yang diteliti! Juga terdapat logika perhitungan feng shui dan pemilihan nama yang tepat untuk perusahaan. Disertai pula dengan detail dan layout yang menarik, pembaca akan lebih dimudahkan untuk memahami isi dari buku ini.

***

Ir. Sidhi Wiguna Teh, MT
Urban Planner, Architect and Feng Shui Practitioner

Menyelesaikan pendidikan arsitekturnya di Universitas Tarumanagara, dan dilanjutkan dengan belajar ilmu feng shui dari Grand Master Yap Cheng Hai hingga mendapatkan lisensi mengajar modul Elementary dan Intermediate di bawah nama Grand Master Yap Cheng Hai. Ia juga lulusan program Magister Teknik Perencanaan dengan konsentrasi Urban dan Real Estate Development di Universitas Tarumanagara. Keseriusannya terhadap dunia akademik ditunjukkan dengan keberhasilan membawa feng shui menjadi mata kuliah pilihan di Jurusan Arsitektur, Universitas Tarumanagara sejak 2004. Selain itu, dosen Untar ini juga telah membuat buku berjudul Feng Shui & Arsitektur, Caturmatra (2007) yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama dan beredar di toko buku Gramedia.

Sejumlah klien yang pernah ditanganinya, dari perseorangan hingga korporasi besar, antara lain Kantor Pusat Prudential, Living World Alam Sutera, BMUN, Hotel, Taman Memorial Graha Sentosa, dan sejumlah rumah mewah yang tersebar dari Nusantara, bahkan Malaysia, dan Singapura. Dengan keahliannya, ia juga kerap menjadi narasumber untuk beberapa media, antara lain Majalah Indonesia Design, Rumahku, Podomoro, juga www.rumah.com. Selain pembicara di berbagai seminar, ia juga merupakan salah satu pembicara pada International Fengshui Culture Conference 2010 di Gan Zhou, China. Mari kita berbincang-bincang dengannya.

Apakah feng shui bisa dipelajari dan tidak diperlukan bakat khusus untuk menguasainya?
Ini adalah sebuah ilmu yang telah ada sejak 4.000 tahun yang lalu dan dapat dipelajari. Saya adalah salah satu buktinya. Saya mempelajari di Singapura pada tahun 2000. Setelahnya itu, sejak 2001—2005 saya mengasuh rubrik feng shui di Media Indonesia. Baru kemudian saya menjadi pengajar di Universitas Tarumanegara. Ahli feng shui tidak membutuhkan bakat dan tidak menggunakan terawangan untuk mengetahui sesuatu.

Feng shui sebenarnya adalah ilmu tata bangunan. Jadi, kenapa keluar mitos karena mengkaitkan dengan budhism, contohnya tentang jumlah anak tangga yang harus berjumlah 21 step.

Lalu, apa kaitan feng shui dengan peruntungan di Tahun Naga?
Sebenarnya, kalau di ilmu arsitektur kita bicara tentang teori ruang—Isaac Newton. Tapi, kalau bicara dengan Einstein, pasti akan dikaitkan dengan waktu. Di ilmu feng shui, waktu sangat penting. Jadi, bukan hanya ruang tapi juga waktu. Semua orang yang memprediksi pasti menguasai tentang waktu. Jadi, yang dibaca adalah pola. Teori dasar Feng shui adalah Teori Perubahan.

Nah, banyak orang yang meramalkan shio diasosiasikan dengan binatang-binatang yang menjadi simbol, sebenarnya itu sudah mendapat pengaruh budhism. Satu simbol dapat melambangkan hingga banyak hal. Shio tidak dapat digeneralisasikan karena setiap perbedaan 2 jam, maka garis hidup orang tersebut juga berbeda. Coba bayangkan dalam satu tahun ada berapa orang lahir, kemudian, apakah lantas keberuntungan atau keburukannya sama?

Lalu, bagaimana menerapkan feng shui?
Setelah mengetahui elemen dan pola manusia, maka kita juga harus mengetahui pola kontur tanah dan bangunannya. Dari sana akan terlihat, tanah yang akan ditempati memberi bermacam efek, misalnya efek romantis, rejeki, sampai ketenangan. Dengan membaca arah bintang tahunan, kita kurang lebih dapat mengetahui mana yang baik.

Cara menghitungnya:
Perempuan: dua digit tahun kelahiran di tambah, lalu hasilnya ditambah lagi, dan terakhir ditambah 5. Misalnya, 1983—8 + 3 = 11, 1 + 1 = 2, 2 + 5 = 7.

Laki-laki: dua digit tahun kelahiran di tambah, lalu hasilnya ditambah lagi, dan terakhir hasil dari sebelumnya mengurangi 10. Misalnya, 1979—7 + 9 = 16, 1 + 6 = 7, 10-7 = 3.

Biasanya, ada benda-benda tertentu yang dipercaya sebagai solusi untuk menolak bala atau mengurangi ketidakberuntungan. Apakah itu dapat menjadi solusi?
Teorinya, dalam area rumah ada bagian jelek dan baik. Tempat yang bagus harus dijadikan ruangan tidur dan yang buruk lebih baik dijadikan toilet. Akan lebih baik jika arah hadap rumah sesuai dengan arah yang baik menurut tahun kelahiran sang empunya. Sesederhana itu, tapi memang ada hitungan khususnya dan jangan sampai tertukar. Tidak perlu pakai terawangan karena bisa diukur dari derajatnya, ha-ha-ha! Kalau bisa malah dihitung sampai ke tahun kelahiran anak-anaknya, apalagi rumah bukan produk massal, kan? Burung walet saja milih rumah melakukan survei hingga sebulan, masa manusia kalah! Saya memiliki banyak klien yang salah melokasikan ruangan baik dan tidak baik hingga berbuntut kepada kerugian secara materiil atau sakit.

Apakah memang feng shui sebegitu memiliki pengaruhnya dalam kehidupan?
Menurut teori Trinity, ada 3 faktor besar yang mempengaruhi kehidupan manusia, yaitu Langit, Manusia, dan Bumi. Faktor pertama, Langit, di luar kuasa kita. Tidak ada yang bisa mengatur atau mengubah namun dapat dioptimalkan dari segi religi. Kedua, faktor manusia, masih dapat kita maintain supaya terjaga kelanggengan hubungan baiknya. Terakhir, Bumi yang tidak dapat bergerak atau dikendalikan. Tapi, kita sebagai manusia dapat bergerak jadi secara langsung dapat menyesuaikan dengan lokasi berpijak yang tepat. Jika dianalogikan, biji-bijian atau benih tanaman pasti tidak akan bisa tumbuh di sembarang tempat, jika tidak sesuai maka akan sulit berkembang atau bahkan mati. Hal tersebut berlaku juga pada manusia. Pokoknya arah adalah yang utama. Jadi, kalau feng shui ya arah harus sesuai dengan elemen.

Selain tata letak ruang, apakah warna juga berpengaruh. Jika iya seberapa besar?
Warna berpengaruh. Tetapi, biasanya hanya berfungsi untuk menyeimbangkan. Dan, lagi-lagi semua ada hitungannya.

Bagaimana patokan secara general yang mudah diterapkan?
Karena rumah unik, maka sebaiknya sesuai dengan hitungan masing-masing. Tetapi, kalau untuk kontur, ada baiknya bagian belakang lebih tinggi dari depan supaya rejeki lebih lancar. Selain itu, ada baiknya kalau bagian kiri rumah dari arah dalam lebih tinggi supaya pendapatan suami lebih besar. Kenapa? Karena menurut hukum alam, jika pendapatan suami lebih sedikit maka akan membuat suami lebih melempem. Selain itu, jangan sampai tempat tidur, dapur, dan kompor berada di bawah toilet. Dan,  sebaiknya pipa pembuangan jangan melewati bagian bawah dari ruang makan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendalami ilmu feng shui?
Paling tidak satu tahun.

Fast Track:
Konsultasi:
Telp.: 081316882000
E-mail: sidhi_w@yahoo.com

 

Feng Shui 2012: Tahun Ren Chen (Naga Air)
Oleh Ir. Sidhi Wiguna Teh, MT.

Prediksi ini disampaikan bukan dengan maksud menonjolkan diri maupun mengadu akurasi prediksi. Perhitungan ini adalah pembacaan pola perpaduan elemen batang langit dan cabang bumi serta annual star menurut teori dari ilmu feng shui semata. Tidak ada maksud mendahului Tuhan. Sebaliknya, penulis yakin bahwa Tuhan menaruh petanda di mana-mana untuk dimanfaatkan umatnya demi mencapai kehidupan yang lebih baik.

Heboh tentang kiamat pada 2012 seperti yang kita saksikan pada beberapa film tidak akan terjadi tahun ini. Menurut perhitungan ilmu feng shui, usia bumi kita masih muda. Banyaknya bencana yang terjadi adalah cara bumi bereaksi terhadap apa yang dilakukan oleh penghuninya terutama manusia. Karena itu, jagalah kelestarian bumi dengan cara hidup secukupnya, tidak mengeksploitasi bumi secara berlebihan.
Save the earth, optimize your earth luck. Jaga bumi kita dan manfaatkan bumi kita secara bijak akan membuat hidup kita lebih optimal.

Banyak yang mengira bahwa Tahun Naga Air ini di mulai pada 23 Januari 2012 bersamaan dengan datangnya Tahun Baru Imlek. Tetapi, yang sebenarnya bukanlah demikian karena menurut perhitungan ilmu feng shui, Tahun Naga Air ini dimulai pada 4 Februari 2012, pukul 18.18. Hal ini dikarenakan perhitungan untuk perayaan Tahun Baru Imlek adalah berdasarkan kalendar bulan (Lunar Chinese Calendar), sedangkan perhitungan untuk ilmu feng shui adalah berdasarkan kalendar matahari (Solar Chinese Calendar).

Maka, bayi yang lahir antara 23 Januari 2012 hingga 4 Februari 2012, pukul 18.17 masih memiliki shio Kelinci walaupun perayaan tahun baru Imlek telah berlalu, mereka yang lahir setelah 4 Februari 2012, pukul 18.18 barulah memiliki shio Naga.

Tahun Naga kali ini disebut Tahun Naga Air karena batang langit berunsur air positif (Ren) dan cabang bumi berunsur tanah positif (Chen). Istilah akademik pada ilmu Feng Shui disebut tahun Ren Chen.

Batang langit air positif dengan cabang bumi tanah positif memiliki hubungan yang destruktif karena tanah membendung air sehingga tahun ini memberikan gambaran adanya ketidakharmonisan dalam kehidupan di bumi. Namun, ketidakharmonisan ini relatif lebih baik dibanding dengan tahun Kelinci Logam pada 2011. Pada Tahun Kelinci yang akan segera berlalu ini, terlihat banyaknya kekerasan yang terjadi oleh aparat maupun terhadap aparat. Hal ini tidak lain karena Tahun Kelinci terjadi konflik elemen antara logam dengan kayu, yang mana elemen logam melambangkan aparat.

Beberapa prediksi Tahun Naga Air yang bisa saya sampaikan antara lain bahwa bahaya yang relatif lebih mengancam bukan datang dari pertikaian yang melibatkan senjata melainkan lebih bersifat alamiah seperti gempa dan banjir. Hal ini dikarenakan naga (Chen) juga melambangkan gudang air.

Pada 2012, diperkirakan curah hujan masih akan tinggi hingga akhir bulan April atau awal bulan Mei, dan akan sangat besar pada November dan Desember hingga ke Januari dan Februari 2013. Gempa perlu diwaspadai pada Juli dan Oktober 2012.

Bidang usaha yang berunsur air mengalami masa yang tidak seimbang karena besarnya unsur air yang beredar. Persaingan tidak sehat dan banyaknya kendala membuat bisnis unsur air pada tahun ini agak tersendat. Yang termasuk kategori bisnis air, antara lain bidang transportasi, travel, air minum, dan laundry.

Bidang usaha atau bisnis yang berunsur kayu—sesuai teori Five Elements, air melahirkan kayu, artinya dengan adanya air—akan tumbuh. Tetapi pada tahun ini perlu waspada karena air yang datang terlalu besar yang dapat menghanyutkan kayu. Sebaiknya, jagalah pertumbuhan bisnis secara moderat agar dapat mengantisipasi gelombang yang menghanyutkan. Yang termasuk kategori bisnis kayu, antara lain tekstil, furnitur, pendidikan, dan perkebunan.

Bidang usaha yang berunsur logam mengalami masa produktivitas yang tinggi. Pengusaha bidang logam cenderung berkeinginan untuk meningkatkan volume produksinya. Oleh sebab itu, perlu berhati hati agar tidak terjadi over supply yang dapat mengakibatkan anjloknya keuntungan. Yang termasuk kategori bisnis logam, antara lain perbankan, industri otomotif, industri perhiasan, dan industri elektronik.

Bidang usaha yang berunsur tanah pada tahun naga air ini bisa dikatakan bagus karena kemungkinan meraup keuntungan besar. Namun, karena unsur air yang datang begitu besar maka perlu kehati-hatian. Sesuai teori Five Elements, air memang merupakan wealth element bagi tanah, tetapi air yang terlalu besar akan mengeruhkan tanah. Kemungkinan gempa besar serta banjir yang terjadi dapat menjatuhkan harga, begitu pula dengan bahaya longsor. Yang termasuk kategori bisnis tanah, antara lain industri properti, industri pendukung properti, pertambangan, dan perhotelan.

Bidang usaha yang berunsur api agak suram pada tahun ini karena unsur air yang terlalu kuat. Bagi mereka yang memiliki bisnis berunsur api pada tahun ini disarankan agar melakukan konsolodasi dan memperkuat kekuatan internal untuk menghadapi situasi-kondisi yang lebih kondusif pada 2013. Yang termasuk kategori bisnis api, antara lain industri energi, fashion, fotografi, dan seni.

Pada tahun ini angka Feng Shui yang berjalan adalah angka 6 yang melambangkan logam positif, mencerminkan kewibawaan, kharisma, dan pimpinan yang tegas. Diperkirakan pada tahun ini bisa terlihat calon pemimpin yang kharismatik menjelang pemilu 2014. Efek positif angka 6 ini semoga tidak disia-siakan oleh para pemimpin dalam menjalankan tugasnya sehingga program kerja dapat berjalan dengan sebaik baiknya.

Dari perputaran bintang tahunan ini maka dapat dilihat bahwa sektor terbaik untuk tahun ini jatuh pada sektor Barat yang kedatangan bintang nomor 8, yang memberikan efek positif untuk kesejahteraan. Anda yang memiliki rumah yang menghadap ke arah Barat dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk peningkatan pemasukan keuangan Anda.

Sektor Timur Laut mendapat bintang nomor 9 yang memberikan efek datangnya banyak kesempatan bagus. Namun anda perlu kejelian dalam memilih kesempatan-kesempatan tersebut agar mendapatkan hasil yang paling optimal.

Sektor Selatan mendapat bintang nomor 1 yang memberikan efek kebijaksanaan dan kreatifitas. Bagi Anda yang memiliki rumah yang menghadap arah Selatan dapat memanfaatkan hadirnya bintang bagus ini untuk meningkatkan kesejahteraan Anda.

Rumah yang menghadap arah Utara perlu menjalankan gaya hidup sehat agar energi penyakit yang dibawa oleh bintang nomor 2 tidak melumpuhkan aktivitas Anda. Konsumsilah makanan sehat dan istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tetap prima.

Arah Barat Daya kedatangan bintang nomor 3 yang memberikan efek tingginya tingkat emosional. Karena itu, bagi Anda yang memiliki rumah yang menghadap arah Barat Daya perlu mempertinggi rasa toleransi dan meningkatkan kesabaran agar tidak terlibat dalam percekcokan yang tidak perlu, yang dapat menguras waktu dan energi Anda.

Arah Timur mendapat bintang nomor 4 yang melambangkan romance dan akademik. Bagi Anda yang memiliki rumah yang menghadap arah Timur dan masih single, tahun ini merupakan datangnya kesempatan bagus untuk menemukan. Tetapi, bagi Anda yang telah berumah tangga perlu waspada terhadap datangnya orang ketiga dalam kehidupan Anda.

Arah Tenggara merupakan arah paling berbahaya tahun ini karena kedatangan bintang nomor 5 yang melambangkan bencana. Bagi Anda yang memiliki rumah yang menghadap arah Tenggara disarankan untuk tidak melakukan pekerjaan renovasi ataupun memperbaiki taman Anda dengan mencangkul taman pada sektor Tenggara.

Arah Barat Laut kedatangan bintang nomor 7 yang melambangkan kompetisi yang ketat dan masalah hokum. Waspadalah dalam kelengkapan dan ketelitian administrasi Anda agar terhindar dari urusan legal yang menguras energi.

Demikian sharing yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Save the earth optimize your earth luck, be equilibrium.

 

Ilustrasi Shio: Tengku Astari Syarif