Indonesia Fashion Week, 400 brand, 200 desainer, dan lebih dari 20.000 pengunjung.

Bagi Anda para pecinta fashion, mungkin event ini merupakan ajang yang sangat menarik. Indonesia Fashion Week 2012 memiliki tujuan yang sangat mulia untuk industri fashion Indonesia yang sedang berkembang. Tujuan acara ini memberikan kesempatan kepada desainer – desainer lokal yang berbakat namun belum sempat menunjukkan dirinya. 

Indonesia Fashion Week memfasilitasi mereka untuk menunjukkan kemampuan di skala nasional dan internasional. Dibuktikan dengan banyaknya partisipan dalam kegiatan tahunan ini yang melibatkan 400 brand, 200 desainer, dan lebih dari 20.000 pengunjung. Dalam Indonesia Fashion Week yang diselenggarakan pada 23–26 Februari 2012 ini tidak hanya menampilkan fashion show saja, tapi juga trade show, kompetisi dan seminar mengenai fashion dari para pelaku fashion dunia. 

Nah, ketika menghadiri event super besar ini, pasti Anda akan kelimpungan. Seluruh bagian ruangan yang ada di Jakarta Convention Center dipergunakan secara maksimal. Bagian hall depan dan samping kanan kiri itu dipadati  booth – booth brand lokal. Mulai dari sepatu, baju anak, kerudung, batik juga pakaian – pakaian yang sangat edgy. Setiap hari acara ini selalu menampilkan fashion show dari desainer lokal ternama. Di hari Kamis saya berkesempatan menyaksikan fashion show karya dari Stella Rissa dan Auguste Soesastro dalam tajuk 'Passion and Attraction'. Disambung penampilan dari Oka Diputra, Oline, dan Andreas Odang persembahan dari InStyle Indonesia. Terakhir, show terbesar pada hari itu dari Ardistia,  Mardiana Ika, Carmanita dan Ali Charisma. Semua fashion show dikemas dengan sangat rapih dan matang sehingga asyik dinikmati. Di hari Jum’at ada Yosafat, Albert Yanuar, Jeffry Tan, Imelda Kartini, dan Nikicio digabung menjadi satu dalam tema 'Possibilities' Fashion show ini berdurasi cukup panjang. Jam terakhir ada penampilan dengan tema ‘hijab’  dari Ida Royani, Nur Zahra dan lain lain.

Di akhir pekan, Jakarta Convention Center semakin dipadati  para fashionista dari berbagai daerah. Hari itu  saya disuguhi dengan penampilan dari Lenny Agustin, Deden Siswanto, Ghea Panggabean Eny Ming dan lain lain. Di hari Minggu atau hari terakhir, acara ditutup dengan sangat meriah dengan penampilan karya – karya dari Anne Avantie, Ferry Sunarto dan Musa Widyatmodjo yang menonjolkan dengan jelas betapa cantiknya pakaian – pakaian tradisional Indonesia yang dipadu dengan kecantikan wanita Indonesia. Cukup mengesankan karena saya sempat melihat ada beberapa jurnalis international seperti Yvan Rodick, Tania Braukämper dan Yana Baharudin. Berarti, bisa dibilang acara ini sukses go to internasional!

 

Contact the writer at luthfi.ibrahim@mediasatu.com

Follow him on Twitter @luthfi