Pada 3-17 Juni 2012 nanti, Goethe-Institut bersama Kedutaan Besar Jerman dan Galeri Nasional Indonesia mempersembahkan pameran di Jakarta: “Raden Saleh dan Awal Seni Lukis Modern Indonesia“.  

Pameran monografi hasil karya pelukis Raden Saleh ini baru pertama kalinya diadakan di Indonesia. Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-200, pameran monografi ini akan memamerkan lebih dari 40 lukisan cat minyak dan gambar dari koleksi pribadi maupun koleksi publik milik Raden Saleh.

Pameran ini adalah usaha pertama untuk menyatukan karya Raden Saleh dalam pameran yang komprehensif agar nilai-nilai lukisan 'Bapak Modernitas Jawa' tersebut bisa diakses masyarakat luas. Tampil sebagai kurator adalah Dr. Werner Kraus, sejarawan Jerman, ahli tentang Asia Tenggara dan penulis biografi Raden Saleh.    

Raden Saleh sendiri adalah seorang pelukis Indonesia pertama yang belajar di Eropa. Walaupun hasil karyanya tetap berakar dalam pada kebudayaan Jawa, seni hibrid Raden Saleh sangat terkait dengan diawalinya pendekatan visual baru bagi seni Indonesia. Kontribusi keseluruhan Raden Saleh terhadap modernisasi budaya Jawa dan pemikiran selama ini hampir tidak tereksplorasi, dan seharusnya memperoleh momentum baru dengan pameran pertama tentang kehidupan dan hasil karyanya ini.      

Pameran ini didukung oleh BMW dan menjadi acara puncak sekaligus penutup rangkaian acara JERIN – Jerman dan Indonesia. Berikut beberapa acara yang menarik yang dapat ikuti:  
 
3 Juni 2012  
Pembukaan dan Pertunjukkan Wayang oleh Dalang Pak Ledjar  
 
9 dan 10 Juni 2012  
Simposium Akademis: “Hibriditas dan Moderinitas“ (Khusus Undangan)  
Ilmuwan terkemuka Asia Tenggara berbicara tentang perkembangan sejarah seni dalam konteks sejarah kolonial  
 
9 Juni 2012  
Fashion show Raden Saleh
Sebelas fashion designer muda mempresentasikan hasil kerja mereka yang terinspirasi oleh Raden Saleh  
Informasi lebih lanjut bisa terdapat di:  
radensaleh.jerin.or.id/programme  

3 – 17 Juni 2012 

Pameran jam buka
Pk. 9:00 – 18:00  
Lokasi Galeri Nasional Indonesia  
Jl. Medan Merdeka Timur 14, Jakarta  
Gratis
Website: Radensaleh.jerin.or.id



Contact the writer at ferry.ardiansyah@mediasatu.com
Follow him on Twitter: @ferryta