Situs YouTube versi Indonesia yang beralamat www.youtube.co.id telah diresmikan dalam acara peluncuran di Jakarta hari Kamis 14 Juni 2012 lalu.

Hadirnya YouTube Indonesia bisa dilihat dari logo yang kini telah disisipi gambar Monas berukuran mini demi menambah nuansa lokal yang lebih kental. Tidak hanya itu, perwakilan YouTube juga berjanji untuk memfasilitasi konten-konten buatan lokal lebih banyak lagi.

Mengawali kiprahnya, YouTube Indonesia telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan media lokal. Selain itu, mereka juga telah membuat perjanjian lisensi yang memungkinkan musisi dan komposer Indonesia memperoleh penghasilan dari YouTube. YouTube pun berencana menyiarkan Olimpiade 2012 London secara live streaming mulai 27 Juli hingga 12 Agustus 2012 mendatang.

"YouTube Indonesia akan menampilkan video-video yang paling populer di Indonesia dan juga berbagai video yang diunggah oleh pengguna di Indonesia. Untuk itu kamui juga menyediakan pengawasan yang ketat, yakni bekerjasama dengan pemerintah dan lembaga lain untuk memastikan kami mematuhi hukum yang berlaku di setiap negara. Itu tanggung jawab kami. Pengguna bisa memberi tanda di video [yang dianggap melanggar hukum], lalu kami akan memeriksa dan mencabutnya. Sejauh ini metode itu efektif, jadi kami akan terus melakukannya," ujar Adam Smith, Product Development Director Asia Pacific di YouTube, anak perusahaan Google.


Contact the writer at ferry.ardiansyah@mediasatu.com
Follow him on Twitter: @ferryta