Metode yang satu ini juga akan menjadi salah satu sahabat orang tua dalam membesarkan buah hati.

Tanpa perlu menunggu lama-lama metode ini dapat diterapkan sejak anak lahir ke dunia. Apa dan bagaimana metode hypnoparenting. Dr. Dewi Yogo Pratomo menjelaskannya khusus untuk Anda.

Mengapa menggunakan hypnoparenting?

Hypnoparenting itu memang sangat mudah, efektif dan bisa dilakukan oleh siapapun. Hypnoparenting pun tidak terpaku dari orangtua ke anak saja, tapi bisa dari konselor ke konselingnya, dari dokter kepada pasien anak, dosen kepada mahasiswa, dan lain-lain,jadi tidak terpaku kepada hubungan orang tua dan anak. Pesan yang tersirat dari hypnoparentingadalah psiko-edukasi, yaitu psikologi edukasi dengan kata lain peran kejiwaan di dalam pembentukan. Jadi, hypnoparenting itu adalah suatu psiko-edukasi pendidikan jiwa dan mental untuk pembentukan kepribadian untuk memperbaiki perilaku, initial behaviour dan terminal behaviour. Saya juga membandingkan sistem parenting yang ada. Ada yang memakai sistem pecut, kata-kata kasar, dan lain-lain. Dan dari itu semua, hypnoparenting-lah yang terbaik karena metode hypnoparenting menggunakan kasih sayang di mana ada tatap mata, ekspresi, suara, dan bisa dilakukan oleh semua orang.


Bagaimana cara melakukan hypnoparenting?

Sangat mudah. Dapat dilakukan 8-10 menit sebelum si anak tidur, kita belai mereka, pokoknya di saat-saat kita bisa ‘melebur’ dengan si anak. Ini sangat efektif untuk memasukan sugesti positif yang kita inginkan buat si anak. Ketika matanya sudah tidak ada lagi movementdan ketika ditanya apa dia menjawabnya sudah tidak dia menjawabnya sudah tidak nyambung, nah, itu adalah the golden moment for somebody putting a positive suggestionas easy “one, two three”. Saya melakukan hypnoparenting sudah puluhan tahunand it worked. Terjadi banyak perubahan dan sangat efektif.

Bisa ceritakan mengenai buku Anda?

Sebenarnya untuk mengedukasi orangtuanya untuk meng-hypnosis anaknya. Buku ini juga bukan mengenai cara untuk mengedukasi tapi lebih kepada ajang introspeksi karena tidak pernah ada anak yang salah, yang ada hanya anak yang bercermin dari ingkungannya. Perlu diingat, mereka adalah copy cat orangtua mereka. Nah, orangtua harus mendidik anaknya sejak anaknya masih berbentuk janin. Ibu yang tenang hormonnya akan bekerja dengan sempurna, somewhat and somehow. Jadi buku yang saya luncurkan iniuntuk mendidik orangtuanya. So, sebelum Anda membenahi anak Anda, benahi diri Anda sendiri dulu. Buku ini juga dilengkapi dengan trik-trik yang realistis. Anak-anak in kan,menggunakan teori tabularasa. Apakah ada faktor endogen si anak yang lebih kuat atau si anak memiliki bakat tertentu? Yang penting faktor eksogennya, kalau dia lahir dari secarik kertas putih kosong dan bagaimana orangtuanya menuliskan lingkungannya di kertas itu. Seperti saya bilang tadi, anak itu cerminan orangtuanya. Kalau orangtuanya ngerokok anaknya pasti merokok. Namun sebenarnya, di dalam kehidupan ini bukan faktor endogen atau eksogen yang pentin tetapi faktor-faktorconvergence, yaitu akumulasi dari keduanya. Jadi anak wajib memilikiperilaku baik dan orangtuanya pun wajib memberi tahu apa itu perilaku baik. Jadi faktor keduanya merupakan sebuah gabungan yang harus dimiliki. Kalau si anak merokok dan dilarang orangtuanya untuk merokok padahal orangtuanya merokok, metode hypnoparenting pun juga tidak bisa berjalan.


Jadi timbal balik?

Ya, tidak bisa tidak. Hypnoparenting mengajarkan kasih sayang dan melakukan sesuatu dengan sepenuh hati. Tangan, bibir, dan kaki itu hanya pemberian Tuhan untuk melakukan sesuatu yang baik. Tapi kadang verbal abusing memang sering terjadi. Jadi, you have to be nice as a parent. Physical dan verbal abuse itu tidak efektif sebenarnya karena pada awalnya si anak takut dan kesakitan, tapi untuk ketiga dan keempat kalinya, fisiknya saja yang sakit, tapi mentalnya tidak berubah. So, hypnosis works!
Saya pun beberapa kali mendatangi sekolah-sekolah marjinal. Kita mengambil sample 20 anak secara random dan kita lihat prestasinya before and after hypnoparenting. Initial behavior-nya memang buruk, suka mem-bully teman dan tidak naik kelas. Akhirnya saya terapkan metode hypnosis pada mereka. Dalam 2-3 kali pertemuan, akhirnya terjadi perubahan yang signifikan dari mereka, langsung secara kasat mata. Yang tadinya hiperaktif jadi tenang, dan lain-lain.

Apa yang membuat Anda terdorong untuk membuat hypnoparenting?

Karena efektif dan mudah untuk diterapkan serta tau metodenya sehingga tidak perlu therapist lain. Metodenya kan, mudah untuk dilakukan. Saya juga menerangkan kepada banyak orang untuk menumbangkan stigma negatif terhadap hypnosis.Hypnosis is realiable, secara ilmiah dan scientific dapat dijabarkan dan sudah digunakan di negara-negara maju untuk membentuk prestasi, meningkatkan motivasi, produktivitas kerja, untuk menghilangkan penyakit dan lain-lain. Maka dari itu, saya sangat merekomendasikan hypnosis ini.

Sejak kapan Anda melakukan metode ini?

Sudah puluhan tahun. Awalnya main-main saja, anak yang hiperaktif dan susah tidur jadi mudah untuk tidur, pokoknya jadi lebih tenang. Semua itu hanya permainan gelombang otak saja. Hypnosis bekerja secara scientific untuk menginduksi kimia di otak kita agar merilis hormon-hormon yang baik.
Bagaimana reaksi orangtua dari si anak ketika mereka datang kepada Anda?
Saya menjelaskan kepada mereka, bahwa going to psychiatrist or hypnotherapist, they are two different things. Yang perlu diketahui oleh para orangtua adalah hypnosis itu bertahap dan tidak instan. Karena kita melakukan sugesti sesuai dengan keinginan. Hypnosis juga membutuhkan waktu dan pengulangan. Hypnosis juga tidak akan bisa bekerja pada dua hal, untuk orang yang mentally blocked theirself atau ada cacat bawaan lahir. So you have to be very careful and ask yourself.

Bagaimana jika karakter si anak sudah terlanjur seperti itu?

Tidak masalah, kecuali kalau ada cacat bawaan sejak lahir. Bisa disembuhkan tapi harus memakai paralel intervensi obat.
Apakah cukup apabila anaknya saja yang di hypnosis atau orangtuanya juga memerlukan?
Saya harus melihat keadaannya dulu, apakah ada social complexity di dalam sana. Apakah manusianya ada psychological block, contohnya, tidak mau , contohnya, tidak mau hypnosis karena masih mau melakukan hal-hal yang diinginkan, dan lain-lain. Hypnosis itu ciptaan Tuhan, kalau mau sembuh silahkan jika tidak silahkan. Kunci dari hypnosis adalah bagaimana menenangkan pikiran dan meningkatkan kadar keikhlasan.

Bagaimana mendidik anak dari dalam kandungan selain mendengarkan musik klasik?

Menurut saya, bisa juga menggunakan metode musik lainnya yaitu musik-musik yang menggunakan desibel rendah dan pengulangan. Tujuannya untuk membuat gelombang otak kita terinduksi dan dia merilis hormon-hormon yang baik, ini bagus untuk ibu hamil. Yang kedua, duduk, relax dan selalu mendidik otak dan bibir kita untuk selalu berpikir dan mengucapkan sesuatu yang indah, karena apa yang kita pikirkan dan ucapkan adalah doa, jadi hal ini menjadi doa untuk si ibu dan si janin. Lalu hidup sehat, tidur cukup dan makan sehat. Semua dimulai dari si ibu. Kehidupan dan kondisi tubuh si ibu akan membaik ketika ia mensuges positif dirinya. Remember, fear is about perception. You redefine fear. Rasa cemas menjadi rasa tenang, melahirkan yang rasanya sakit, buat menjadi nyaman.

Bagaimana orangtua menanggapi sinyal-sinyal dari bayi mereka yang baru lahir?

Anak terlahir dengan segala keterbatasan. Mereka belum bisa mengekspresikan rasa sakit lapar ketakutan, ini adalah emosi yang sudah dimiliki oleh janin sekali pun. Kemarahan, rasa cemas, rasa lapar, bisa kita bantu dengan hypnosis. Ketika si anak menangis berteriak, kita hypnosis saja.

Kalo orangtuanya panik?
Karena gelombang gamanya ditangkap oleh gelombang otak kita, makanya kita panik. Seorang Ibu harus mampu menjaga pikirannya agar tidak terpicu. Begitu juga ketika si anak marah. Kita pergunakan silent theraphy, tatap matanya, berikan dia air, belai dia dan katakan “Sayang, you’ll be fine...” dan dia akan tertidur.