Sony menawarkan kamera bersistem kompak dengan kekuatan gambar lebih dalam balutan body yang ramping dengan berbagai fungsi baru termasuk Fast Hybrid AF, Wi-Fi dan PlayMemories Camera Apps.

Menggabungkan kualitas gambar bersensor besar dengan kebebasan dari sistim interchangeable lens, kamera hibrid mirrorless menawarkan segala keunggulan dari gambar ala DSLR dengan kemudahan saat dibawa. Selangkah diatas kamera kompak point-and-shot Anda, kamera ini juga cocok sebagai kamera kedua bagi para fotografer professional yang tidak mau berkompromi dengan kualitas gambar atau kontrol ketika mereka bepergian dengan ringkas.

Dengan resolusi efektif 16.1 megapiksel, sensor berukuran DSLR memastikan detil yang kaya pada gambar still dan video Full HD yang tajam. Bekerja sama dengan prosesor gambar BIONZ yang bertenaga, NEX-5R memastikan kesempurnaan, dan gambar rendah gangguan – meski ketika Anda mengambil gambar di ruang redup cahaya pada pengaturan senstitivitas hingga ISO 25600.

Pada kamera pertama interchangeable lens dari Sony, Fast Hybrid AF menggabungkan metode fase dan deteksi kontras autofocus untuk memenuhi tuntutan dari setiap situasi pengambilan gambar. Pertama, fase-deteksi AF dengan cepat mendeteksi jarak subjek; kemudian kontras-deteksi aktif untuk mengkonfirmasi dengan sangat halus, fokus yang tepat. Pada modus Speed Priority Continuous, NEX-5R berubah secara otomatis ke fase deteksi pelacakan AF. Anda akan menikmati respon fokus layaknya DSLR ketika mengambil gambar aksi bergerak cepat dengan burst shooting berkecepatan tinggi hingga 10 frame per detik.

Sejak diluncurkan, Fast Hybrid AF didukung dengan lensa-lensa: E 18-55mm F3.5-5.6 OSS; E 55-210mm F4-6.3 OSS; E 18-200mm F3.5-6.3 OSS; Sonnar T* E 24mm F1.8 ZA. Pengembangan firmware akan terus memperluas jajaran lensa yang menawarkan dukungan Fast Hybrid AF.

Pembingkaian, penyesuaian, pengambilan gambar dan melihat gambar adalah hal yang menyenangkan pada LCD layar sentuh yang intuitif. Dilengkapi dengan fitur lengkap kontrol dial dan tombol function. Kombinasi serbaguna untuk setiap fotografer yang terbiasa dengan fleksibilitas kamera DSLR mereka. Terdapat pula fungsi Touch Shutter baru yang memudahkan Anda dalam memilih momen berharga.  

Layar sentuh yang jelas dan cerah dapat berputar hingga 180 derajat untuk memudahkan memotret diri. Fotografer profesional juga akan menyambut alat ukur digital pada layar yang dapat diganti untuk membantu menjaga tingkat kemiringan pada pengambilan gambar pemandangan dan arsitektual.

Pengambilan gambar film Full HD juga telah ditingkatkan dengan fitur Auto Slow Shutter baru yang menambahkan kilauan pada klip bercahaya rendah. Kamera mendeteksi ruangan bercahaya redup dan latar malam hari, kemudian secara otomatis beralih ke shutter speed yang lebih lambat untuk mencerahkan rekaman Anda. 

NEX-5R adalah kamera digital ? dengan interchangeable lens pertama dari Sony yang telah terintegrasi dengan kemampuan Wi-Fi untuk kemudahan berbagi, menyimpan dan melihat gambar. Foto dan video dapat ditransfer tanpa kabel ke smartphone atau tablet manapun yang menggunakan aplikasi gratis PlayMemories Mobile.

Selain itu, mentransfer semua memori langsung ke jaringan PC, dengan menyederhanakan gambar cadangan tanpa harus mengotak-atik memory card atau kabel penghubung. Foto yang tersimpan pada NEX-5R juga dapat dinikmati secara langsung pada setiap TV yang cocok dengan DLNA, tanpa membutuhkan kabel HDMI. Berbagi melalui titik akses nirkabel Anda, atau melewati router Anda dan mengirimkan gambar langsung dari kamera ke TV yang didukung Wi-Fi Direct. Berbagai aksesoris baru tersedia untuk kamera ini termasuk Screen Protect Semi Hard Sheet PCK-LM13 dengan pelapis anti sidik jari dengan baik melindungi layar LCD Anda.

 

 

Contact the writer:oky.hartanto@mediasatu.com

Follow him on Twitter:@oky.hard