Setelah menghadiri pameran tunggal dan kolaborasi Eko Nugroho dengan Major Minor, Dimaz Hendra mendapat kesempatan menghadiri peluncuran karya mereka yang indah. Simak laporan berikut.

Sebelumnya, Eko Nugroho berkolaborasi dengan label fashion Indonesia milik Ari dan Sari Seputra melalui pameran tunggal “Landscape Anomaly” di Galeri dan Teater Salihara pada 21 November 2015 lalu. Kini koleksi busana hasil kolaborasi mereka dapat dinikmati oleh publik. Mengambil tempat di Galeri Lafayette, Pacific Place, kolaborasi industri fashion dan seni rupa Indonesia diwujudkan.  



Nama Eko Nugroho dikenal sebagai seniman asal Yogyakarta. Karyanya yang bertajuk “Republik Tropis” pernah mengambil bagian pada koleksi fashion dunia Louis Vuitton pada 2011. Kini, ia kembali mempersembahkan ide kreatifnya. Eko Nugroho hadir dengan karya bordir yang menjadi ciri khasnya. Visual yang identik dengan pola ajeg layaknya batik tetapi diberi unsur modern berhasil diterjemahkan seniman lulusan ISI Yogyakarta ini. Berbagai bentuk topeng dan makhluk-makhluk mitologi (mythologycal creatures) menjadi sebuah pola yang unik dan catchy yang kadang berisukan sosial-politik.  



Perwujudan karya Eko Nugroho menjadi inspirasi Major Minor, label busana asal Indonesia, untuk menerjemahkannya pada sebuah fabric. Rancangan Major Minor yang dikenal dengan garis tegas dan asimetris serta elegan ini dipadukan dengan gambar karya Eko Nugroho melalui motif-motif yang ada pada setiap koleksinya. Nama Major Minor yang telah dikenal di sejumlah negara ini menciptakan kolaborasi indah lewat serangkaian busana koleksi Spring/Summer 2016, “Major Minor Maha”.

 

“Major Minor Maha” hadir dengan desainnya yang edgy berbalut indah visual Eko Nugroho yang khas. Mampu menampilkan karakternya masing-masing dengan imbang menjadi harmonisasi kolaborasi antara keduanya. Hasilnya adalah rancangan yang berani dan sophisticated. Koleksi ini merupakan hasil dari percampuran imbang antara seni rupa modern dan fashion masa kini, dengan konsep yang kuat. 

 

Koleksi “Major Minor Maha” ditampilkan terbatas pada publik dalam Paris Fashion Week dan Jakarta Fashion Week lalu. Dalam acara peluncuran “Eko Nugroho x Signature Major Minor” yang diselenggarakan di Galleries Lafayette, Major Minor juga menampilkan koleksi “Signature” yang berciri dinamis dengan palet warna modern dan teknik printed. 

 

 

 

Contact the writer: dimaz.hendra@mediasatu.com