Patrick Dempsey punya peran baru. Saat World Endurance Championship musim ini diselenggarakan di Silvertone weekend kemarin, bintang Hollywood tersebut sudah tidak akan terlibat sebagai pembalap, tetapi sebagai co-owner dari tim Depmsey Proton Racing.

Patrick Galen Dempsey  yang lahir 13 Januari 1966, merupakan seorang aktor berkebangsaan Amerika Serikat dan pindah ke Hollywood pada pertengahan 1980-an. Dia menjadi yang terkenal saat diperankan sebagai Dr. Derek Shepherd di drama kedokteran Grey's Anatomy. Dia pernah terlibat dalam The Emperor's Club dan Freedom Writers. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1985. Dalam interview kami, Patrick berbicara tentang pesona dari mobil balap, kelemahannya bersama Porsche dan tujuan yang ingin dicapai bersama dengan timnya.

Patrick, bagaimana peran baru Anda sebagai co-owner Dempsey Proton Racing dan 911 RSR dengan nomor 77?
“Sangat menyenangkan dapat terlibat di dunia balap dari perspektif baru. Tahun lalu saya membuat keputusan untuk fokus di dunia balap sebagai pembalap. Saya melakukan balap di FIA World Endurance Championship – salah satu tantangan terbesar dan bernilai dalam hidup saya. Tahun ini saya bersemangat untuk mendukung tim dengan peran baru saya sebagai co-owner. Saat ini kami sedang bersiap untuk Silverstone dan tim melakukannya dengan sangat baik. Saya akan hadir disana untuk ronde pertama musim balap, dan juga di Le Mans.”

Seberapa sering kami akan melihat Anda di arena balap?
“Saya akan mencoba berada di arena balap sebanyak mungkin sesuai jadwal. Saya selalu menjadi penggemar berat balapan dan menyukai tantangan baru. Peran baru saya sebagai co-owner dari Dempsey Proton Racing memberikan kesempatan untuk menggabungkan keduanya. Hingga kini, ini merupakan pengalaman berharga untuk belajar tentang manajemen pengelolaan dari co-owning sebuat tim balap dan saya tidak sabar untuk memulai musim di Silverstone weekend ini.”

Richard Lietz dan Michael Christensen, merupakan lineup gelar bertahan FIA WEC dengan 911 RSR bernomor 77. Apakah Anda bangga memiliki pembalap hebat?
“Ya, tentu saja sangat bangga. Richard dan Micahel adalah termasuk pembalap tercepat dan paling berpengalaman di dunia balap. Mereka memiliki tanggung jawab yang besar untuk mempertahankan kejuaraan tersebut dan mereka adalah pembalap yang tepat untuk tekanan situasi ini. Saya merasa sangat beruntung memiliki mereka sebagai bagian dari tim. Tetapi ini tidak akan mudah, karena mereka satu-satunya yang menggunakan Porsche di kelas GTE-Pro. Dan beberapa pabrikan lainnya menggunakan mobil balap dengan spesifikasi terbaru di 2016. Mobil kami merupakan mobil tahun 2015 yang diperbarui. Tetapi kehandalannya menjadi keuntungan kami. Dan pada trek basah, 911 sejauh ini merupakan mobil terbaik pada grid. Kami telah membuktikannya beberapa kali di musim sebelumnya.”

Apa yang membuat spesial mengendarai 911 RSR?
“Mengendarai 911 RSR sangat menyenangkan dan membuat ketagihan. Mobil ini sangat powerful dan akan banyak tekanan pada tubuh anda, jadi anda harus berada dalam kondisi prima untuk konsisten berada dalam lap. Pada saat yang sama akan sangat seimbang. Respon yang sangat baik sehingga mudah merasakan yang mobil ini sedang lakukan. Tepat seperti yang Anda inignkan dari mobil balap GT terbaik. Serasa seperti 911 road car, tetapi lebih precise dan jauh lebih cepat ketika berada di trek balap. Selain itu sangat menyenangkan dan merupakan pengalaman yang mendebarkan. Benar-benar tidak ada duanya.”

Di tahun 2015 Anda memfokuskan untuk memperbaiki kemampuan sebagai pembalap – dengan kesuksesan yang fantastis. P2 pada GTE-Am di Le Mans dan menang di Fuji. Bagaimana menurut Anda?
“Ya, ini benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan. Saya bekerja sangat keras pada musim tersebut dan sangat menyenangkan rasanya dapat mencapai banyak target. Ini merupakan pengalaman yang sangat memuaskan. Kesuksesan seorang olahragawan adalah apa yang menjadi tujuannya. Semua persiapan, semua latihan yang dilakukan – harus selalu memiliki pikiran akan kesuksesan tersebut. Itu yang menjadi motivasi saya.”

Bagaimana perasaan anda saat berdiri di podium – terutama di Le Mans – di depan ribuan penggemar?
“Ini merupakan mimpi terbesar saya yang menjadi kenyataan. Ketika anda berdiri di depan khalayak ramai – sangat sulit untuk berkata-kata. Rasanya bercampur dengan emosional. Terutama ketika memikirkan tentang arti dan sejarah Le Mans dan semua pembalap legendaris yang pernah balapan disana. Saya akan selalu mengingat moment itu seumur hidup saya.”

Apakah ada highlight lainnya dari musim 2015 lalu yang ingin Anda sebutkan?
“Saya memiliki kenangan yang sangat mengesankan di musim 2015. Yang membawa keterampilan sebagai pembalap ke tingkat selanjutnya dan terasa luar biasa. Dan bekerjasama dengan Porsche sangat menyenangkan. Ini merupakan tahun yang luar biasa. Saya melihat musim tersebut dengan perasaan puas.”

Apa fokus Anda di tahun 2016 ini?
“Fokus saya adalah mencapai hasil yang sama baiknya dengan tahun lalu sebagai pemimpin tim. Tetapi seperti yang telah saya katakan: Di kelas GTE-Pro bahkan akan menjadi lebih sulit. Saya sangat menantikan lomba pertama di Silverstone.”

Keluarga Anda akan lebih banyak berhubungan langsung dengan aksi balapan di 2016. Apakah Anda bersemangat tentang hal tersebut?
“Ya, Porsche dan keluarga merupakan satu kesatuan. Dengan terlibat di balapan endurance berarti akan banyak perjalanan. Jadi dapat berbagi pengalaman dan kecintaan terhadap balapan dengan keluarga akan lebih sering dan luar biasa.”

Tahun lalu Anda datang ke Silverstone terlambat tanpa mengetahui trek, yang pastinya sangat sulit. Apakah Anda menikmati datang ke Silverstone tanpa terburu-buru sekarang, dalam peran baru dan memiliki waktu lebih untuk menonton dan menikmati perlombaan?
“Tahun lalu di Silverstone tidaklah mudah. Silverstone merupakan trek untuk kecepatan dan menantang dengan banyak sejarah. Berada disana dalam peran baru akan menjadi cara yang menarik untuk memulai musim dari perspektif yang berbeda. Dan tentunya yang lebih santai.”

Di beberapa tahun yang lalu Anda menjadi anggota penting di keluarga Porsche. Bagaimana menggambarkan hubungan Anda dengan pembalap lain dan semua orang-orang Porsche?
“Saya selalu menjadi penggemar berat Porsche. Dan bekerjasama dengan mereka benar-benar merupakan pengalaman yang menginspirasi. Mereka orang-orang yang hebat. Saya memiliki hubungan yang baik dengan semua orang di keluarga Porsche termasuk para pembalap lainnya. Saya senang menjadi bagian dari tim. Saya juga mendapatkan banyak masukan dari beberapa pembalap terbaik di dunia. Ini sangat membantu untuk memperbaiki kemampuan saya dan mencapai hasil yang luar biasa tersebut.”

Darimana ketertarikan Anda pada balapan bermula?
“Ketertarikan saya bermula ketika saya masih sangat kecil. Saya selalu menyukai balapan dan mobil sejak saya masih muda. Ayah akan membawa pulang miniatur mobil Matchbox untuk saya, kami akan menonton atau mendengarkan Indianapolis 500. Saya selalu memiliki ketertarikan terhadap semua yang berhubungan dengan balapan.” (bil)