Insatani

Maraknya gaya hidup sehat bagi masyarakat urban memberikan peluang bisnis bagi penggagas sayuran sehat, salah satunya Insantani. Sebuah penyedia sayuran organik dan hidroponik yang berasal dari petani lokal. Usahanya dengan menyediakan sayurbox untuk konsumen secara online menjadi pilihan bagi kehidupan masyarakat ibukota.

Simak bincang-bincang areamagz.com bersama Amanda Susan, salah satu penggagas bisnis sayuran sehat Insantani. Mari untuk hidup lebih sehat!


Bagaimana ide awal Insantani membuat usaha sayurbox?

Ide ini muncul pertama kali dari pengalaman kami bahwa untuk mendapatkan produk yang fresh dan organik di Jakarta cukup terbilang sulit. Dari situlah yang menyadarkan kami bahwa rantai distribusi dari petani ke pembeli ternyata sangatlah panjang. Hal itu mengakibatkan cenderung banyaknya pengeluaran yang akhirnya dapat dibeli konsumen tanpa memberikan keuntungan lebih bagi para petaninya sendiri. 

 

Mengapa Insantani lebih memilih sayuran organik sebagai produk yang dijual?

Kami ingin memberikan kemudahan lebih bagi konsumen untuk bisa mendapatkan produk organik. Seperti yang kita ketahui, sayuran organik memiliki lebih banyak manfaat dan keuntungan bagi kesehatan dibanding sayuran konvensional karena prosesnya tanpa menggunakan pestisida. Dengan sistem pemesanan via online membuat konsumen pergi membeli keluar rumah. Harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau dari harga pasaran di supermarket.

 

Apa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi sayuran organik, jika dibandingkan dengan sayuran konvensional?

Pertama, sayuran organik itu sendiri merupakan definisi hasil pertanian dengan sebuah metode produksi yang mengikuti prinsip untuk melindungi lingkungan, mempertahankan keanekaragaman hayati, dan menghormati siklus alam. Singkatnya, selain baik untuk lingkungan, sayuran organik itu rasanya lebih enak dan segar. Gizi dan nutrisi yang dikandung sayuran tersebut juga lebih banyak dan menyehatkan tubuh dibanding sayuran yang sudah terkontaminasi oleh zat pestisida dan kimia lain dari pupuk buatan yang bisa menjadi neurotoksin. Terutama bagi anak-anak, sayuran organik memiliki peran penting dalam pencegahan resiko penyakit seperti kanker, jantung koroner, alergi, asam urat, diabetes, dan hiperaktivitas. 

 

Jenis sayuran apa saja yang dijual di sayurbox by Insantani?

Sejauh ini kami menyediakan sayuran organik dan hidroponik dari jenis sayuran hijau seperti basil, arugula, kailan, hingga pisang dan ubi manis. Kami juga masih dalam proses dimana kami menyaring buah dan sayuran yang terjamin organik untuk juga bisa ditambahkan ke dalam katalog sayurbox.  

 

Biasanya berapa lama tenggat waktu antara pemesanan dengan sayuran akan diterima oleh konsumen? 

Sementara ini kami masih melakukan pengiriman seminggu sekali, setiap hari Rabu. Konsepnya adalah untuk melakukan panen dan pengiriman sekaligus dalam waktu 48 jam.

 

Bagaimana Insantani menjaga kualitas dan kesegaran sayuran selama pengiriman?

Karena konsep kami adalah farm-to-table, kami bisa secara langsung memsupervisi proses pengiriman dan pengepakan sayuran dengan alat yang melindungi sayuran dari sinar matahari dan polusi, karena itu sayur kami tetap fresh.

 

Kiat mengetahui sayuran organik yang baik dan berkualitas? 

Selain bisa dibedakan dari rasa dan teksturnya, sayuran organik juga bisa dilihat dengan kasat mata. Misalnya, sayuran organik biasanya berukuran lebih kecil dan warna yang tidak secerah sayuran konvesional yang dirawat dengan bahan kimia.

 

Adakah kerjasama yang dilakukan Insantani bersama petani sayur-mayur di Indonesia ? Dimana dan bagaimana bentuk kerjasamanya (bagi untung) ?

Sejauh ini kami bekerjasama dengan tujuh pertanian termasuk milik kami sendiri. Kami membeli langsung dari para petani dengan harga yang telah mereka tentukan sendiri dan memastikan kualitas.

 

Apa keunggulan sayurbox by Insantani dibanding dengan usaha yang sejenis ?

Kami sangat transparan. Misi utama kami adalah bisa menghubungkan para petani dan pembeli secara langsung. Kami juga lakukakan jasa pengepakan dan pengiriman dengan biaya minim dan mengubah pola hidup masyarakat Indonesia untuk menkonsumsi yang lebih sehat.

 

Bagaimana caranya pelanggan dapat melakukan pesanan melalui Insantani ?

Bisa langsung pesan dari website www.sayurbox.com atau call/whatsapp 081919545454 :). Ayo mulai hidup sehat!